Tanaman Merambat Tahan Panas yang Mudah Dirawat

0
30720 Bougenville Server Tanamania
Source: Server Tanamania

Tanaman Merambat Tahan Panas yang Mudah Dirawat – Berkebun adalah hal yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh semua orang. Jika Anda menyukai tanaman, pasti berkebun adalah hal yang biasa untuk Anda. Berbagai jenis tanaman yang ada di dunia ini sangat banyak, salah satunya adalah tanaman merambat. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman merambat adalah salah satu tanaman yang memiliki toleransi terhadap panas matahari. Maksudnya, tanaman merambat bisa tahan dengan panas sehingga bisa dirawat dengan mudah di rumah Anda. Mungkin Anda pernah tahu tanaman merambat yang tumbuh di permukaan tanah kemudian merambat tinggi ke pohon agar bisa mendapatkan cahaya matahari.

Tanaman merambat tidak hidup dengan simbiosis parasitisme atau yang bergantung pada tumbuhan lain, namun tanaman merambat hanya membutuhkan rambatan agar bisa terkena panas matahari. Lalu, tanaman merambat apa saja yang bisa Anda rawat dan menjadi hiasan penyejuk di rumah? tenang saja, kami memiliki 5 jenis tanaman yang tepat untuk Anda tanam di rumah, diantaranya:

Inilah Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas yang Tepat Anda Rawat

1. Tanaman Bunga Clematis


30720 Tanaman Bunga Clematis Financial Times
Source: Financial Times

Jenis tanaman pertama yang bisa Anda pilih untuk ditanam di rumah adalah tanaman bunga Clematis, apa itu bunga Clematis? Yaitu salah satu jenis tanaman merambat yang memiliki banyak sekali macam nya dan bisa tumbuh secara mudah mengikuti struktur pagar, arches, pohon, pagar, semak, dan lain sebagainya. Clematis adalah salah satu tumbuhan yang paling banyak ditanam oleh orang yang hobi berkebun. Macam atau spesies dari bunga Clematis sangat banyak diantaranya Clematis Virona, Clematis Crispa, Clematis, Alpina, Clematis Flammula, Clematis Montana, Clematis Recta, dan  Clematis Chrysocoma.

Setiap spesies memiliki bentuk yang berbeda-beda dan bau bunga yang berbeda. Seperti yang dijelaskan di atas, tanaman ini bukan tumbuh dengan simbiosis parasitisme karena dijamin bunga ini tidak akan merusak inangnya. Dengan spesies yang berbeda-beda itulah bunga Clematis dipilih banyak orang sebagai tanaman hias yang mampu mewarnai kebun, taman, atau depan rumah Anda.

2. Tanaman Buah Anggur


30720 Tanaman Buah Anggur Daunku
Source: Daunku

Anda ingin menanam tanaman merambat yang indah nan bisa dimakan? Jika benar pilih lah buah anggur sebagai tanaman baru Anda. Namun perlu Anda ingat bahwa tanaman buah anggur hanya bisa bertahan di musim kemarau karena sangat membutuhkan cahaya matahari. Jadi jika Anda memutuskan untuk menanam buah anggur, tanamlah di musim kemarau agar anggur mampu bertahan hidup. Cara merawatnya juga sangat mudah, Anda tinggal perlu menyiapkan pagar untuk merambat, dan tunggu saja buah anggur berkembang.

Tanaman anggur adalah jenis tanaman akar tunggang yang mampu menembus tanah hingga 30 – 60 cm. Dengan spesifikasi daun, tangkai, sepasang daun penumpu yang unik, buah anggur bisa Anda jadikan tanaman merambat selanjutnya untuk di tanam di rumah atau di kebun Anda.

3. Tanaman Bunga Kertas atau Bougenville


30720 Bougenville Server Tanamania
Source: Server Tanamania

Pilihan selanjutnya adalah bunga Kertas atau Bougenville. Bugenvil adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan termasuk tanaman merambat tahan panas. Mengapa dinamakan bunga kertas? Karena Bugenvil adalah bunga yang sangat tips bagaikan kertas namun indah. Karena itulah bunga ini dinamakan bunga kertas oleh orang Indonesia. Setelah Anda memutuskan untuk menanam bunga Bugenvil, hal yang perlu Anda ingat adalah teratur menyiram. Semakin rutin penyiramannya, semakin baik tumbuhan ini berkembang.

4. Tanaman Ivy


30720 Ivy Tanaman Clean Cut Tree Landscape
Source: Clean Cut Tree Landscape

Untuk tanaman yang satu ini, mungkin masih sedikit yang mengetahui. Biasanya tanaman Ivy dijumpai merambat ke dinding tanpa merusak dinding tersebut. tanaman tahan panas jenis ini mampu tumbuh secara baik meskipun di iklim dengan suhu diatas 35 derajat Celcius. Agar Ivy cepat tumbuh dan melindungi pagar Anda, pastikan tanaman ini ditanam pada tempat yang mendapatkan cahaya matahari secara optimal. Semakin sempurna mendapatkan cahaya matahari, semakin cepat pula tanaman ini tumbuh. Nah, yang paling penting selain Ivy menjadi tanaman hias, Ivy juga bisa dijadikan obat mujarab untuk berbagai jenis penyakit lho!

5. Tanaman Bunga Melati


30720 Melati Pohon Merdeka
Source: Merdeka

Terakhir adalah bunga melati, Anda pasti tahu kan bahwa bunga yang satu ini menjadi salah satu tanaman favorit untuk menghias sebuah taman? Selain tahan panas bunga melati juga bisa hidup bertahun-tahun sehingga sekali tanam Anda bisa memanen bunga melati berkali-kali. Perlu Anda ingat bahwa tanaman bunga melati sangat cocok di tanam di ketinggian 10 sampai 1600 meter di atas permukaan laut ditambah dengan cahaya yang banyak. Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari tanaman ini Anda bisa menjadikan bunga melati sebagai bisnis baru karena bunga nya bisa digunakan untuk bahan kosmetik, farmasi, dan juga parfum.

Beberapa jenis tanaman merambat di atas dijamin tahan panas dan bisa dirawat dengan cara yang sangat mudah. Silahkan tambah koleksi tanaman di kebun Anda agar semakin indah. Semoga informasi diatas membantu!

BACA JUGA!

Tanaman Pembersih Udara yang Wajib Ada di Rumah