Tahapan-Tahapan Membayar Pajak Online yang Wajib Diketahui oleh Para Pengendara Motor

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pajak-27[1]
Daftar Topik

Seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan bermotor wajib untuk selalu membayar pajak atas kendaraannya tersebut. Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak, pihak kepolisian telah menyediakan fasilitas pembayaran pajak secara online untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Seperti yang tertera pada situs NTMC Polri, ada lima tahap yang harus dilakukan untuk membayar pajak secara online. Tahapan ini dimulai dari membuka situs e-Samsat, mengisi data kendaraan, daftar tempat pengambilan nota pajak, proses pembayaran pajak dan pengambilan nota pajak. Berikut rincian tahapan dalam melakukan pembayaran pajak secara online.

Tahap Menbayar Pajak Kendaraan Secara Online

Membuka situs e-Samsat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka situs e-Samsat yang ada di provinsi tempat kamu tinggal. Yang harus kamu tahu adalah layanan pembayaran pajak online ini tidak berlaku untuk antarprovinsi. Contohnya, jika kamu tinggal di Bandung dengan pelat nomor Jakarta, maka kamu tidak akan bisa menggunakan layanan ini.

Mengisi Data Kendaraan

Jika kamu sudah membuka situs e-Samsat tersebut, kamu hanya perlu untuk mengisi data kendaraan yang kamu miliki. Rincian data kendaraan yang harus kamu isi adalah sebagai berikut:

  • Kota : Pilih kota kendaraan Anda, jika pelat motor kamu Bandung, maka Pilih Bandung.
  • Samsat : Setiap kabupaten/kota biasanya memiliki beberapa kantor samsat, pilih mana kantor samsat yang dulu mengurus kendaraan kamu.
  • Nopol : Masukkan nopol kendaraan Anda (Nomor Pelat Motor).
  • Kode : Tulis ulang kode yang terdapat  pada di kotak.
  • Untuk langkah terakhir klik “Cari”.

Jika kamu sudah memasukkan data yang benar, maka kamu akan masuk ke halaman yang baru berupa data kendaraan, jumlah pajak yang harus dibayarkan dan denda karena pembayaran yang dilakukan telah melewati batas jatuh tempo.

Sebaiknya kamu mengecek kembali data yang telah kamu masukkan sebelumnya. Jika kamu sudah merasa bahwa data yang kamu masukkan benar, maka akan mucul kalimat “Apakah Anda Ingin Melakukan Pembayaran?”. Lalu klik kalimat tersebut.

Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak

Sebelum kamu membayar pajak dengan menggunakan internet banking, kamu harus mengisi form pembayaran pajak secara online kembali. Form yang kamu isi ini akan digunakan sebagai bukti pengambilan nota pajak pembayaran motor yang diserahkan ke Samsat kota tempat kamu tinggal. Berikut beberapa data yang harus kamu masukkan sebelum mambayar pajak melalui internet banking:

  • Kota : Masukkan kota di mana kamu akan mengambil nota pajak pembayaran.
  • Samsat : Pilih samsat terdekat dengan tempat tinggal kamu
  • Bank :Pilih bank apa yang akan kamu gunakan untuk melakukan pembayaran
  • Layanan : Jika menggunakan layanan internet banking, maka pilih internet banking
  • Kode Bayar : Untuk mendapatkan kode bayar, kamu hanya perlu mengeklik Pengajuan “Kode Bayar” yang terletak di sebelahnya. Apabila kode bayar sudah muncul, klik Print.

Jika proses di atas telah selesai, kamu akan melihat kode bayar, jumlah uang yang harus dibayarkan, dan alamat Samsat tempat kamu akan mengambil nota pembayaran pajak yang telah kamu lakukan.

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

Membayar jumlah pajak melalui internet banking atau ATM maupun M-Banking. Berikut adalah tahapan yang bisa kamu lakukan:

  • Buka menu Bayar è Multi Payment è Pilih Samsat yang sesuai dengan tempat tinggal kamu.
  • Ingatlah untuk selalu memasukkan kode pembayaran di kolom bawah yang sudah kamu dapatkan dari pendaftaran di e-Samsat.
  • Lalu klik “Lanjutkan” utnuk melakukan proses pembayaran.
  • Bukti pembayaran yang tertera telah ada, selanjutnya kamu print out. Hasil print out bukti pembayaran tersebut akan kamu gunakan sebagai salah satu syarat penukaran nota pajak kendaraan kamu.

Batas waktu yang diberikan untuk menukar nota pajak ini hanya tujuh hari sejak kamu membuat print out bukti pembayaran. Oleh karena itu, dalam membayar pajak kendaraan secara onlilne ini kamu disarankan untuk langsung ke kantor samsat untuk menukar nota pembayaran pajak kendaraan setelah kamu membuat print out bukti pembayaran yang telah kamu lakukan.

Pengambilan Nota Pajak di Samsat

Setelah membayar pajak kendaraan bermotor secara online, kamu harus mengambil nota pajak kendaraan kamu yang baru di kantor samsat yang sudah didaftarkan di awal proses pembayaran.

Kamu juga harus membawa bukti pembayaran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang asli untuk kemudian diserahkan ke loket pembayaran.

Sebagai masyarakat yang taat hukum dan peraturan, sudah semestinya kita membayar pajak kendaraan yang kita miliki dengan tepat waktu tanpa adanya tunggakan agar tidak menyebabkan adanya denda yang tentunya tidak kita inginkan.

Demikian pembahasan mengenai tahapan-tahapan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online yang wajib diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA