Susunan Acara 17 Agustus yang Harus Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
10820 Acara 17 Agustus Secara Umum
Daftar Topik

Susunan Acara 17 Agustus yang Harus Diketahui – Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tanggal lahirnya kemerdekaan Negara Indonesia. Dan setiap tanggal 17 Agustus para masyarakat Indonesia selalu memperingati serta menyambutnya dengan meriah. Bagaimana tidak disambut senang oleh bangsa Indonesia, karena mereka masih diberi kesempatan untuk merasakan kemerdekaan Negara Indonesia serta bisa mengenang jasa para pahlawan Indonesia.

Untuk memperingati HUT RI biasanya masyarakat sangat antusias untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seperti lomba atau acara yang lain. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, penting dengan adanya susunan acara 17 Agustus agar acaranya bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Terkadang banyak yang melaksanakan kegiatan, namun tidak memiliki susunan acaranya. Akibatnya, kegiatan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, buat kalian yang belum mengetahui apa saja susunan acara 17 Agustus yang seharusnya ada dalam acara tersebut, berikut akan kami berikan contohnya.

Contoh Susunan Acara 17 Agustus yang Penting untuk Diketahui

1. 17 Agustus di Pusat Pemerintahan


10820 17 Agustus Di Pusat PemerintahanUntuk susunan acara di pemerintahan biasanya dilakukan secara formal. Dan untuk di pusat pemerintahan acara dilakukan dengan diadakannya upacara kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum melakukan upacara diawali dengan penampilan marching band, tari- tarian serta adanya arak-arakan dalam mengambil bendera merah putih dari Monas untuk dibawa ke istana. Setelah itu akan dilakukan upacara detik- detik, proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dan dilanjutkan dengan upacara  untuk mengibarkan bendera merah putih. Setelah rangkaian upacara telah selesai. Dilanjutkan dengan ramah tamah para tamu Negara di istana. Dan untuk upacara ini berlangsung dari jam 8 hingga jam 10 pagi.

Selanjutnya di jam 15.00 akan diadakan upacara penutupan bendera yang prosesinya sama dengan upacara pengibaran bendera tadi.

2. Susunan Acara 17 Agustus Secara Umum


10820 Acara 17 Agustus Secara UmumUntuk susunan acara 17 agustus ini bisa diadakan di kelurahan,kecamatan, di wilayah RT dan banyak lagi. Untuk susunan acara pastinya berbeda antara wilayah satu dengan yang lainnya. Namun, pada umumnya susunan acaranya adalah sebagai berikut

  • Untuk yang pertama susunan acara 17 Agustus akan dimulai dengan pembukaan yang biasanya kan dibuka oleh pembawa acara dan sekaligus membacakan rentetan atau susunan acaranya.
  • Setelah membacakan susunan acaranya, pembawa acara akan memimpin acara ini dengan berdo’a.
  • Setelah do’a selesai maka akan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia raya dengan diikuti oleh para hadirin dengan berdiri.
  • Setelah lagu wajib yang dinyanyikan, selanjutnya yaitu mengheningkan cipta dengan tujuan untuk mendoakan pahlawan dan mengenang jasa para pahlawan Indonesia.
  • Setelah mengheningkan cipta, selanjutnya yaitu sambutan-sambutan.
  • Untuk sambutan yang pertama dilakukan oleh ketua pelaksana acara.
  • Untuk sambutan yang kedua dilakukan oleh penanggung jawab acara ini seperti misalnya kepala desa, pak RT atau siapapun itu yang menjadi penanggung jawab kegiatan acara tersebut.
  • Setelah sambutan-sambutan acara selanjutnya yaitu acara inti yakni potong tumpeng dan dilanjutkan doa’a bersama- sama.
  • Selanjutnya, dilanjutkan dengan acara apa yang dilaksanakan seperti misalnya hiburan atau lomba- lomba. Dan jika sudah selesai kegiatan lombanya dilakukan, akan dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba.
  • Dan terakhir, acara akan ditutup dengan do’a tapi sebelum doa akan ada sedikit sambutan lagi dari penanggung jawab acara tersebut.

3. Susunan Acara 17 Agustus di Sekolah


10820 17 Agustus Di SekolahUntuk di sekolah biasanya dalam memperingati HUT RI diadakan upacara bendera terlebih dahulu. Setelah upacara bendera selesai akan dilanjutkan dengan kegiatan atau acara-acara lomba. Untuk susunan acaranya yaitu sebagai berikut.

  • Untuk yang pertama susunan acara 17 agustus akan dimulai dengan pembukaan yang biasanya kan dibuka oleh pembawa acara dan sekaligus membacakan rentetan atau susunan acaranya.
  • Setelah membacakan susunan acaranya, pembawa acara akan memimpin acara ini dengan berdo’a.
  • Setelah do’a selesai maka akan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia raya dengan diikuti oleh para hadirin dengan berdiri.
  • Setelah lagu wajib yang dinyanyikan, selanjutnya yaitu mengheningkan cipta dengan tujuan untuk mendoakan pahlawan dan mengenang jasa para pahlawan Indonesia.
  • Setelah mengheningkan cipta, selanjutnya yaitu sambutan- sambutan
  • Untuk sambutan yang pertama dilakukan oleh ketua pelaksana acara.
  • Untuk sambutan yang kedua di lakukan oleh penanggung jawab acara ini seperti misalnya kepala sekolah atau para dewan guru.
  • Setelah sambutan-sambutan, acara perlombaan akan dibuka .secara resmi oleh penanggung jawab dan ditutup dengan do’a bersama.
  • Kemudian setelah selesai do’a, acara lomba pun dimulai hingga selesai.
  • Jika semua perlombaan sudah selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan juga sekaligus diberi hadiah kepada para pemenang.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai susunan acara 17 Agustus di berbagai instansi yang bisa kami bagikan. Semoga susunan acara ini dapat dijadikan referensi untukmu.

BACA JUGA!

https://blog.elevenia.co.id/lomba-unik-agustusan/

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA