Surat Keterangan Domisili dan Cara Mengurusnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
13720 Surat Keterangan Domisili Indozone
Daftar Topik

Surat Keterangan Domisili dan Cara Mengurusnya – Sebagai penduduk di suatu daerah pastinya Anda memiliki identitas diri baik itu berupa surat ataupun kartu. Jadi identitas diri itu berupa KTP (Kartu Tanda Pengenal) dan KK (Kartu Keluarga). Nah selain kedua kartu tersebut, juga ada identitas yang penting untuk dimiliki yaitu surat keterangan domisili. Surat keterangan domisili  merupakan surat yang memang dibuat oleh pemerintah di suatu daerah. Surat domisili ini bentuknya berupa kertas satu lembar bukan seperti KTP. Dan didalamnya berisi keterangan secara tertulis dan terdapat data diri Anda secara lengkap yang sudah dicap pejabat yang memiliki kewenangan.

Nah jika Anda merupakan pendatang baru di daerah tertentu sebaiknya segera mengurus surat keterangan domisili ini untuk dijadikan kartu Identitas. Karena jika menunggu mengurus KTP atau Kartu Keluarga itu prosesnya akan sangat lama dan juga agak ribet. Untuk mengurus surat itu ada dibutuhkan beberapa syarat dan juga prosedur yang harus diikuti. Namun seperti yang sudah dikatakan bahwa syarat dan prosedur mengurus ini ternyata tidak serumit dalam mengurus Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga. Buat Anda yang ingin tahu bagaimana prosedur dan syarat-syaratnya, dibawah ini akan kami bagikan ulasannya.

Prosedur Mengurus Surat Keterangan Domisili yang Harus Anda Ketahui


13720 Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
Source: Magazine Job-Like

Dalam prosedur mengurus surat keterangan domisili itu tidak begitu rumit daripada mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Kartu Keluarga (KK). Dan untuk masa aktif dari surat keterangan ini adalah 6 bulan lamanya. Serta proses dalam mengurusnya pun sangat cepat. Adapun prosedur yang harus diikuti adalah sebagai berikut.

1.Tahap awal yang harus dilakukan yaitu mendatangi rumah dari ketua RT di tempat Anda. Silahkan Anda minta surat pengantar dan kemudian bawalah ke rumah ketua RW supaya ditandatangani.

  1. Jika Anda sudah mendatangi rumah ketua RW dan surat pengantarnya sudah ditandatangani, selanjutnya silahkan pergi ke kantor kelurahan daerah setempat. Tapi sebelumnya Anda harus menyiapkan berkas berkas untuk dibawa ke kantor kelurahan yaitu KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, pas foto dan surat kuasa (berlaku jika diwakilkan).
  2. Buatlah surat pengajuan permohonan pada pihak kelurahan yang sudah dilengkapi dengan materai 6000.
  3. Silahkan Anda tunjukkan semua dokumen atau berkas yang dibutuhkan kepada petugas di kantor kelurahan. Jika berkas Anda lengkap dan juga benar maka petugas akan memverifikasi keabsahan dari berkas tersebut.
  4. Setelah proses verifikasi selesai maka surat keterangan domisili tersebut akan dicetak dan telah diberi stempel yang resmi dari kantor kelurahan
  5. Kemudian, jika sudah diterbitkan makan Surat keterangan domisili ini akan menjadi milik ana yang asli dan ada yang difotokopi guna untuk dijadikan arsip di kelurahan tersebut.

Syarat Mengurus Surat Keterangan Domisili


13720 Surat Keterangan Domisili New Schoolmedia
Source: New Schoolmedia

Sebelum mengurus surat keterangan domisili ada beberapa syarat yang harus dipenuhi meskipun biasanya syarat untuk setiap wilayah itu berbeda. Namun  meskipun berbeda ada beberapa berkas yang memang diwajibkan untuk memenuhi pada, saat akan mengurus surat tersebut. Adapun syarat- syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Membawa permohonan yang telah diajukan itu harus ditunjukkan keabsahan-nya dimana yang nantinya akan ditandatangani  surat permohonan tersebut diatas materai senilai 6000.
  2. Surat pengantar yang diberikan oleh ketua RT dan ketua  RW pastikan sudah sesuai dengan data pada KTP Anda.
  3. Melampirkan pula kuasa apabila dalam mengurus surat keterangan ini diwakilkan dan di surat kuasa ini juga tertempel materai 6000.
  4. beserta yang asli.
  5. Fotokopi Kartu Keluarga beserta aslinya.
  6. Pas foto yang berukuran 3 x 4 cm.

Nah itulah beberapa prosedur dan syarat mengurus surat keterangan domisili yang harus Anda ikuti. Selain prosedur dan syarat yang diketahui, Anda juga harus tau apa saja manfaat jika memiliki surat keterangan ini. manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Jika Anda memiliki anak, maka dengan surat ini bisa mendaftarkan anak untuk masuk ke sekolah. Maka bisa dibuat solusi jika pada saat itu kartu keluarga yang biasanya dibutuhkan saat pendaftaran masih belum jadi.
  2. Jika Anda baru melahirkan, surat ini bisa juga digunakan untuk mengurus akta kelahiran.
  3. Bisa dijadikan untuk syarat dalam mengajukan beasiswa pendidikan yang mana bisa dijadikan sebagai ganti KTP jika belum selesai mengurusnya.
  4. Dapat dijadikan syarat untuk melamar pekerjaan, dimana sebagai gantinya dari KTP Anda.
  5. Berguna untuk dijadikan syarat dalam mengurus dokumen dokumen penting lainnya.

Itulah sedikit informasi tentang prosedur dan syarat mengurus surat keterangan domisili yang bisa kami bagikan. Bagaimana? sangat mudah bukan caranya? Jadi, tunggu apalagi jika Anda merupakan warga pendatang segera urus surat keterangan ini sebagai pengganti identitas diri seperti KTP dan KK.

BACA JUGA!

Inilah Syarat Dan Cara Mengurus SKCK

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA