Ragam Fakta Unik dan Makna Surah Al-Ahzab

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
fakta-surah-al-ahzab
Daftar Topik

Makna Surah Al-Ahzab – Waktu yang paling sempurna di bulan Ramadhan ialah 10 hari terakhir. Pada waktu tersebut, terdapat satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Malam Lailatul Qadr namanya, di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan.

Salah satu surah yang  unik di dalam Al-Qur’an ialah Al-Ahzab. Surah Madaniyah yang merupakan surah ke-33 dalam Al-Quran. Dalam setiap ayatnya surah ini mengandung banyak makna yang jarang diketahui. Apa saja ya? Simak ulasan selengkapnya di sajian artikel Blog elevenia yang satu ini.

Fakta Unik dan Makna Surah Al-Ahzab yang Jarang Diketahui

fakta-unik-surah-al-ahzab

Surah ini membahas banyak perkara yang ada di zaman Nabi. Banyak diantaranya yang membahas perihal perang. Khususnya perang yang dilaksanakan oleh bangsa Yahudi dan juga sekutunya terhadap orang Muslim Madinah. Untuk tahu lebih lanjut, ini dia info selengkapnya:

Fakta Menarik Surah Al-Ahzab

fakta-surah-al-ahzab

Madinah menjadi kota tempat di mana Surah Al-Ahzab diturunkan. Surah ini menempati tempat sebagai surah yangn ke-33 di dalam Al-Qur’an. Adapun jumlah ayatnya ialah 76 ayat. Menurut bahasa nama surah ini berarti “Golongan Yang Bersekutu”.

Surah ini banyak membahas mengenai beberapa perintah Allah dalam menjaga hubungan keluarga. Selain itu, di dalam surah ini dibahas mengenai beberapa golongan manusia yang istimewa. Seperti para Nabi, istri-istri dan juga keluarganya. Beberapa ayat lain juga membahas mengenai perintah Allah untuk bertaqwa, beriman hingga menjaga adab.

Dalam surah Al-Ahzab ini, disebutkan juga mengenai kaum kaum yang mendapat adzab besar dari Allah. Yaitu orang-orang Yahudi yang bersekutu dengan kaum musyrik dan juga munafik.

Beragam Makna yang Terkandung di Dalamnya

makna-surah-al-ahzab

Setelah mengenal fakta unik Al-Ahzab, yuk simak beragam makna yang terkandung di dalamnya:

  • Terdapat beragam kewajiban yang harus dilakukan oleh para pemimpin keluarga. Seperti megedukasi istrinya dan juga menjaga anggota keluarganya.
  • Kaya akan nilai adab sehari-hari yang patut dilestarikan di dalam masyarakat luas.
  • Dengan membaca surah Al-Ahzab kita akan semakin tahu tentang ciri-ciri orang munafik yang tidak disukai Allah.
  • Surah ini juga dapat kembali mengingatkan kita tentang beberapa aturan yang ada di dalam pernikahan.
  • Dapat menjadi pengingat untuk kita tentang pedihnya azab Allah Ta’ala.
  • Kembali me-refresh otak kita untuk senantiasa menjauhi beragam perbuatan keji. Seperti memfitnah orang yang baik hingga mendustakan Allah beserta rasul-Nya.
risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP