Sungai Terpanjang di Indonesia yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Indonesia merupakan salah satu negara yang diberkahi dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satu bentuk kekayaan alan yang dimiliki Indoesia adalah sungai. Indoensia memiliki lerbih dari seribu sungai yang tersebar di seluruh wilayah dari sabang sampai merauke dengan panjang sungai yang beragam. Dari sekian banyak sungai yang dimiliki oleh Indonesia, ada beberpa sungai yang memiliki ukuran panjang yang di atas rata-rata. Sungai dengan ukuran yang panjang ini bisanya digunakan sebagai jalur transportasi utama bagi masyarakat sekitar.

Selain digunakan sebagai jalur transportasi utama, sungai ini juga memiliki peran penting lainnya bagi kehidupan manusia. Pada zaman sekarang ini, manfaat sungai dapat memberikan lebih banyak manfaat yang berguna bagi masyarakat. Beberapa manfaat tersebut yaitu digunakan sebagai pembangkit listrik, budidaya ikan dan menjadi sumber air bagi para petani

Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak pulau yang terdapat bayak sekali sungai di dalamnya. Dari sekian banyak sungai yang tersebar di seluruh Indonesia, ada beberapa sungai yang memiliki ukuran yang sangat panjang. Berikut beberapa sungai yang memiliki ukuran paling panjang di Indonesia.

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai paling panjang yang dimiliki oleh Indonesia. sungai ini terletak di Kalimantan Barat. Nama sungai ini berasal dari nama daerah Kapuas yang saat ini bernama Kapuas Hulu sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas hulu dan berakhir di muaranya disebut dengan Sungai Kapuas. Panjang sungai ini mencapai 1.143 km yang menjadi habitat dari 700 jenis ikan dengan dua belas jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah.

Sungai Mahakam

Sungai yang memiliki ukuran panjang kedua setelah Sungai Kapuas terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Sungai yang bernama Mahakam ini memiliki panjang mencapai 920 km dan melintasi banyak wilayah diantaranya Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Tenggara serta Kota Samarinda. Sungai ini dijadikan sebagai habitat dari beberapa spesies langka yang hampir punah dan ikan air tawar yang kita kenal dengan nama Pesut Mahakam.

Sungai Barito

Sungai Barito merupakan sungai yang berhulu di kaki pegunungan Muller dan bermuara di Laut jawa. Sungai ini memiliki panjang sekitar 909 km dengan ukuran lebar antara 650 m sampai dengan 1000 m yang menjadikannya sebagai salah satu sungai terpanjang dan terbesar yang ada di Indonesia.

Sungai Batanghari

Sungai terpanjang ke empat yang ada di Indonesia ini terletak di Pulau Sumatera. Sungai dengan panjang sekitar 800 km ini melewati Provinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Sungai Batanghari berawal dari mata air Gunung Rasan dan bermuara di Laut Cina Selatan. Sungai ini dikenal sebagai salah satu sungai yang bersejarah bagi masyarakat di daerah Sumater Barat karena sungai ini merupakan saksi bisu dari kejayaan kerajaan Sriwijaya.

Sungai Musi

Sungai Musi merupakan salah satu ikon yang dimiliki oleh Kota Palembang. Sungai ini merupakan sungai terpanjang ke lima di Indonesia. Sungai yang memiliki panjang sekitar 750 km ini berawal dari mata air di Kepahiang dan bermuara di Selat Bangka.

Sungai Mamberamo

Sumber air dari sungai ini berasal dari pertemuan antara beberapa anak sungai utama yaitu Van Daalen, Tariku serta Taritatu. Air ini kemudian bergerak menuju arah utama yang melewati lembah Pegunungan Van Rees untuk kemudian mencapai bagain delta yang berada si dataran rendah. Setelah itu, sungai ini kemudian bermuara di Samudera Pasifik di titik utara Tanjung D’Urville.

Sungai Begawan Solo

Salah satu sungai yang dikagumi oleh masyarakat Solo bahkan oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah Sungai Begawan Solo. Selain itu, banyak juga orang jepang yang mengagumi sungi ini karena terinspirasi dari lagu ciptaan Gesang yang bergenre keroncong dengan judul yang sama. Sungai ini memiliki panjang yang mencapai sekitar 548 km.

Sungai Digul

Sungai yang terletak di Pulau Papua dan memiliki panjang mencapai 535 km ini bermata air di pegunungan Maoke dan bermuara di Laut Arafuru.

Sungai Indragiri

Sungai Indragiri juga dikenal dengan sebutan Batang Kuantan karena pada bagian muara dari Sungai Indragiri ini  adalah kawasan Kabupaten Indragiri Hilir. Panjang sungai Indragiri ini mencapai 500 km.

Sungai Seruyan

Sungai yang menempati urutan ke sepuluh sungai terpanjang di Indonesia ini terletak di Pulau Kalimantan. Sungai Seruyan ini merupakan sungai yang aliran airnya melewati Kabupatern Seruyan, Kalimantan Tengah. Sungai ini mengalir dari arah utara ke arah selatan dan bermuara di Laut jawa. panjang sungai ini mencapai 350 kilometer dengan kedalaman rata-rata 6 meter dan lebarnya sebesar 300 meter.

Demikian pembahasan singkat mengenai sungai terpanjang di Indonesia yang jarang diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua mengenai kekayaan alam di Indonesia. (elevenia)

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA