Sulit Tidur dan Terjabak Insomnia? Inilah Cara Mengatasi Insomnia Akut

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gettyimages-558175165-825x510[1]
Daftar Topik

Insomnia merupakan masalah tidur yang seringkali dialami oleh orang banyak. Insomnia sendiri merupakan gejala di mana penderita kesulitan tidur, sehingga menyebabkan penderita kurang tidur. Insomnia sendiri akan berdampak langsung pada saat bangun pagi. Tubuh terasa lelah sehingga berdampak pada aktivitas hariannya. Penderita insomnia akut bahkan akan kehilangan waktu tidur yang sangat parah. Jika dibiarkan akan berdampak pada kesehatan karena dapat memunculkan sejumlah masalah kesehatan.

Sebenarnya untuk menghilangkan sulit tidur ini dapat dilakukan dengan menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan sulit tidur, seperti merokok, minum kopi dan lainnya. Dengan menghindari zat-zat yang menyebabkan sulit tidur, maka terjangkit insomnia akut pun akan terhindari. Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia jika sudah akut? Insomnia akut bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehar dan juga menerapkan kegiatan positif tiap harinya. Cara yang paling ampuh adalah dengan meramu sejumlah tanaman herbal dan menjadikannya sebagai obat insomnia. Untuk lebih jelasnya, simak cara di bawah ini:

Buat Kesibukan Sebelum Kamu Tidur

Cara untuk mengatasi insomnia supaya tidak menjadi parah adalah dengan melakukan aktivitas sebelum kamu tidur. Kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas ringan. Usahakan untuk melakukan aktivitas yang memerlukan konsentasi, misalnya merendam kaki di air hangat atau pun membaca buku. Kamu pun dianjurkan tidak melakukan aktivitas seperti menonton tv atau pun menjalankan laptop. Hal ini karena dua kegiatan tersebut akan menyebabkan kamu sulit tidur. Kenapa? Cahaya pada televisi dan laptop akan terus merangsang kerja otak, sehingga menyebabkan sulit tidur. Hal ini tentu berbeda dengan membaca buku, yang mana dapat membuat mata mengantuk sehingga lebih cepat tidur.

Lakukan Aktivitas di Siang Hari

Orang yang memiliki aktivitas pada siang hari akan mudah lelah dan mengantuk saat malam harinya. Namun hal ini tentu akan berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki banyak aktivitas pada siang hari, hal ini menyebabkan saat malam sulit sekali untuk tertidur. Terlebih jika ditambah dengan kebiasaan tidur siang terlalu lama, maka dapat memperparah masalah dari insomnia tersebut lebih akut. Intinya, untuk mengatasi masalah insomnia itu, kamu harus melakukan banyak aktivitas di siang hari dan kamu harus membatasi tidur siang kamu.

Menghindari Penyebab Susah Tidur

Untuk mengatasi insomnia akut yang lainnya adalah menghindari penyebab susah tidur. Misalnya dengan menghindari zat-zat seperti nikotin, kafein, obat masuk angina maupun obat alergi. Dengan menghindari minuman atau pun makanan yang mengandung zat-zat tersebut sebelum tidur dapat membuat kamu lebih mudah mengantuk dan memiliki kualitas lebih baik.

Hindari Olahraga Malam

Cara untuk mengatasi insomnia akut yang lainnya adalah dengan tidak melakukan aktivitas olahraga pada malam hari. Kegiatan olahraga memang membuat kamu lebih sehat, namun apabila aktivitas tersebut dilakukan pada malam hari hanya akan menjadikan kamu sulit tidur. Akan lebih baik jika olahraga tersebut dilakukan pada pagi dan sore hari. Tak hanya membuat badan lebih segar tapi juga bisa membuat tidur lebih pulas. Atau, kamu bisa mengganti olahraga malam tersebut dengan meditasi ringan.

Jangan Ngemil Malam

Ngemil malam tak hanya membuat seseorang cepat gemuk, tapi juga menimbulkan seseorang sulit tidur. Cara mengatasinya tentu saja kita harus menghindari ngemil malam sebelum tidur. Memang, saat perut dalam keadaan kosong, kita akan sulit tidur. Namun hal ini pun sama halnya saat perut kita terlalu kenyang, bahkan efeknya akan lebih parah. Solusinya adalah dengan menjadwalkan kegiatan makan kamu. Usahakan kegiatan makan yang kamu lakukan adalah 3 jam sebelum tidur.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum kamu tidur adalah cara untuk mengatasi insomnia yang paling baik. Lakukan mandi di bawah guyuran air hangat. Cara ini sangat bermanfaat untuk merilekskan otot yang tegang. Selain itu, aliran darah pun akan lebih lancar. Keadaan tersebut tentu akan membuat tidur lebih nyaman dan berkualitas. Akan lebih bagus lagi, kamu menggunakan kaos kaki dan tangan usai mandi agar terasa lebih hangat.

Menggunakan Minyak Bunga Lavender

Minyak lavender sendiri terkenal akan khasiatnya untuk mengurangi stress dan membuat rasa nyaman serta tenang muncul. Kamu bisa membuat sendiri ramuannya dengan bahan utama bunga lavender. Caranya adalah dengan merebus bunga lavender atau dengan membelinya langsung. Sebelum tidur, oleskan minyak lavender pada kulit dengan cara dipijat halus. Kamu pun bisa merendam diri kaki dalam rendaman air hangat yang sudah dicampur dengan bunga lavender.

Sejumlah cara di atas mungkin tidak semuanya akan bekerja pada kamu. Namun tidak ada salahnya untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Seperti diketahui, tidur merupakan kegiatan penting supaya kita dapat memberikan kesempatan kepada tubuh untuk beristirahat sejenak. Untuk itu, cobalah cara-cara di atas, semoga berhasil dan kamu pun mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak dan baik. (evelenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP