Struktur Benih Padi, Sudah Tahu Belum?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
struktur-biji-padi-1
Daftar Topik

Struktur Benih Padi – Rasanya yang enak dan kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat nasi menjadi makanan pokok di Asia. Seperti yang kita tahu, nasi berasal dari tanaman yang bernama padi. Tanaman bernama latin Oryza sativa ini tergolong dalam tanaman biji-bijian (serealia), loh.

Selain bentuknya yang unik, biji padi juga memiliki struktur yang unik. Kira-kira apa saja ya bagian-bagian dari biji padi? Temukan jawabannya di rangkuman informasi Blog elevenia berikut.

Fakta Unik dan Struktur Benih Padi

struktur-biji-padi

Padi sendiri merupakan tanaman semusim, berakar serabut, memiliki batang yang pendek. Batang tersebut terdiri dari rangkaian pelepah daun yang berwarna hijau muda atau hijau tua. Selain itu urat daunnya sejajar dan tertutupi rambut yang pendek dan jarang.

Tanaman ini berkembang biak dengan kepala sari dan putik. Dalam tanaman padi utuh, terdapat 6 kepala sari dan 6 kepala putik. Dalam perkembangbiakannya, padi melakukan penyerbukan sendiri tanpa bantuan dari organisme lain. Di Indonesia, ada beberapa jenis padi yang tersebar di pasaran. Mulai dari padi pera, padi pulen, ketan, hingga padi wangi.

Padi pulen memiliki konsistensi nasi yang tidak saling melekat, sedangkan padi pulen sebaliknya. Untuk ketan, tingkat kelekatannya jauh lebih tinggi dari padi pulen. Sedangkan padi wangi memiliki aroma nasi yang wangi setelah ditanak.

Seperti tanaman dari golongan serealia lainnya, padi memiliki kulit pembungkus yang bernama sekam. Biji padi terdiri dari kayopsis yang terdiri dari embrio dan endosperm. Endosperm diselimuti oleh lapisan aleuron, tegmen dan juga perikarp. Bagian ebrionya terdiri dari kotiledon dan sumbu embrio. Nantinya bagian ini dapat tumbuh benjadi akar dan daun. Sekam terrbentuk dari beberapa bagian. Yaitu palea, lemma dan juga rakhilia.

Bentuk dan ukuran lemma serta palea pada padi ternyata berdeda antar varietas, loh. Namuun lemma dan palea selalu melekat pada rakhilia dan juga gluma. Uniknya lagi, 3 bagian ini merupakan bentuk modifikasi dari daun. Ukuran lemma juga selalu lebih besar dan menutupi 2/3 bagian beras. Kedua sisi lemma dan palea bertemu di salah satu titik yang ada pada sisi lemma. Keduanya bertemu dan berhimpit dengan kaitan yang tidak rapat, sehingga mudah dipisahkan.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat gambar di bawah ini

struktur-biji-padi-2

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP