Solusi Ketika Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

0
1920 Keyboard Laptop
Source: TeknoReview

Keyboard laptop tidak berfungsi merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada komputer atau laptop. Pada laptop, keyboard merupakan perangkat hardware yang paling penting, karena keyboard digunakan untuk berbagai aktivitas yang menggunakan laptop yang dimulai dari mengetik hingga bermain game pada laptop. Jika keyboard pada laptop tidak berfungsi maka semua kegiatan atau pekerjaan yang menggunakan fasilitas laptop akan menjadi terhambat. Keyboard laptop tidak berfungsi itu bisa jadi disebabkan adanya masalah pada perangkat software dan juga bisa disebabkan dengan adanya masalah pada perangkat hardware dari laptop atau komputer tersebut.  keyboard laptop tidak berfungsi bisa terjadi pada semua jenis windows baik itu windows 7, windows 8, dan windows 10. Lalu, bagaimana cara mengatasi jika keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10?

Sebenarnya ada beberapa cara atau solusi ketika keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 tanpa harus pergi ke tukang service dulu. Nah, buat kalian yang penasaran berikut akan kami bagikan tentang bagaimana solusi yang bisa digunakan jika keyboard laptop tidak berfungsi pada laptop kalian yang menggunakan windows 10.

Inilah Solusi Saat Keyboard Tidak Berfungsi Pada Windows 10

Penyebab Tidak Berfungsinya Keyboard Laptop pada Windows 10


1920 Keyboard Laptop
Source: TeknoReview
  1. Silahkan kalian pastikan penyebab dari tidak berfungsinya laptop pada windows 10 kalian.
  2. Untuk memastikan kalian bisa menggunakan Bios atau Uefi dengan masuk ke dalamnya.
  3. Setelah kalian sudah mencoba untuk masuk di Bios atau Uefi, klain bisa langsung Reboot atau restart perangkat laptop dengan menekan tombol yang ada pada laptop kalian. Tombol yang akan kalian tekan ini biasanya pada di tampilan bawah layar di saat kalian melakukan proses booting.
  4. Jika perangkat laptop kalian tidak dapat masuk kedalam Bios atau Uefi dan pada saat aktivitas navigasi dilakukan tetapi keyboard juga tidak bisa difungsikan, maka sudah dapat dipastikan jika penyebab dari tidak berfungsinya keyboard pada laptop kalian yaitu ada yang rusak pada perangkat hardware-nya. Akan tetapi, jika setelah proses reboot itu dilakukan dan keyboard sudah bisa berfungsi normal lagi maka dapat dipastikan penyebabnya karena ada perangkat software yang rusak dalam laptop kalian.

Cara Memperbaiki Masalah yang Terjadi dalam Software Keyboard


1920 Keyboard Acer
Source: Acer

Menginstall ulang atau bisa juga mengupdate driver pada keyboard

Rusak atau tidak cocoknya driver bisa menjadikan masalah yang serius pada perangkat software kalian. Dan solusinya yaitu dengan mengunistall kembali dan memperbaiki driver tersebut. Pada laptop window 10, caranya yaitu dengan pergi ke tombol windows dan lakukan klik kanan. Setelah itu kalian pilih opsi yang bertuliskan device manager. Kemudian pada keyboard laptop silahkan lakukan klik dua kali. Kemudian kalian bisa melakukan klik kanan di tampilan menu HD keyboard device dan terakhir tekan atau klik tampilan update driver atau bisa juga klik instal device. Dan untuk mengupdate lain bisa mengikuti langkah-langkah yang ada pada tampilan layar monitor pada laptop kalian. Sedangkan untuk mengunistall device kalian tunggal mereboot laptop dan lakukan pemasangan ulang driver yang sama pada saat kalian akan memperbaikinya.

Merestore Windows pada Laptop

Perangkat software yang bisa menjadikan tidak berfungsinya keyboard yaitu bisa saja diakibatkan Karena adanya aplikasi baru yang dipasang. Solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu kalian dapat mencopot aplikasi yang baru dipasang  tersebut.  dan jika kalian tidak tahu aplikasi apa yang dapat menyebabkan tidak berfungsinya keyboard kalian bisa melakukan restore windows pada laptop kalian. Pada windows 10, yang bisa kalian lakukan yaitu dengan membuat stored point, dimana ini adalah sistem yang dapat dicadangkan pada saat terjadi masalah dalam melakukan pemasangan aplikasi.

Cara Memperbaiki Masalah yang Terjadi dalam Hardware Keyboard

1920 Keyboard Liput6
Source: Liputan6
  • Jika masalahnya hanya terdapat pada beberapa tombo saja, klain bisa menggunakan cara yaitu dengan membersihkan debu yang menempel pada keyboard laptop. Dalam membersihkan keyboard kalian dapat menggunakan kuas atau juga dapat menggunakan mesin yang didesain khusus untuk menyedot debu pada laptop yang sudah banyak disediakan di pasaran.
  • Kalian juga bisa menggunakan cara alternatif yaitu dengan menggunakan keyboard eksternal yang disambungkan dengan USB. Dan harga untuk keyboard eksternal ini relative murah jika dibandingkan dengan keyboard aslinya. Ataupun bisa juga menggunakan aplikasi on screen keyboard yang sudah dipasang otomatis pada windows 10.
  • Jika solusi diatas tidak dapat menyelesaikan masalah, maka solusi terakhir yaitu kalian datang ke tukang service laptop.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai solusi ketika keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 yang bisa kami bagikan.  Bagaimana, sangat mudah bukan untuk diterapkan?  Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan bisa dijadikan sebagai pedoman jika masalah tersebut terjadi di laptop kalian.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi