Solusi Jika Lupa Nomor NPWP

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
6520-npwp
Daftar Topik

NPWP merupakan suatu nomor yang wajib dimiliki oleh wajib pajak. NPWP sendiri memiliki kepanjangan yaitu Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor tersebut bukanlah nomor yang bisa diganti sembarangan. Nomor tersebut harus benar-benar diingat agar tidak lupa nomor NPWP. Berkaitan dengan kewajiban seorang wajib pajak untuk membayar pajak. Maka NPWP disini memiliki peranan yang penting.

NPWP diberikan kepada orang yang telah memenuhi kriteria untuk menjadi wajib pajak. Besaran pajak yang dibebankan sudah dikalkulasikan oleh pihak berwenang yang berkaitan dengan pajak. Meskipun demikian, saat ini terkadang masih banyak orang yang lupa nomor NPWP. Bahkan kesulitan dalam melakukan pengecekan nomor NPWP. Berikut ini merupakan cara yang bisa digunakan untuk melakukan cek nomor NPWP.

Melakukan Telepon pada Kring Pajak


Saat ini dirjen pajak telah membuat suatu program. Program tersebut memiliki fungsi untuk mempermudah dalam pelayanan seputar pajak. Program tersebut bernama kring pajak. Memiliki nama kring pajak dikarenakan layanan informasi dan administrasi akan dilakukan melalui telepon. Anda bisa melakukan cek NPWP melalui program ini. Sebenarnya program ini bukanlah program baru, tetapi program ini sebenarnya telah ada sejak tahun 2012.

Segala hal pertanyaan terkait dengan NPWP hingga pajak akan bisa dijawab dengan menghubungi kring pajak pada nomor 1500200. Kemudian Anda tidak perlu khawatir karena program ini memiliki sistem keamanan, jadi semua data yang Anda berikan tidak akan bocor.

Melakukan Pengecekan pada Aplikasi DJP


Dirjen pajak juga memiliki program aplikasi DJP. Bukan saja kring pajak. Bagi Anda yang telah mendaftar nomor NPWP, maka bisa melakukan cek secara online nomor tersebut melalui aplikasi DJP. Terlebih lagi jika ternyata Anda melupakan nomor NPWP yang telah didaftarkan. Mak langsung bisa mengakses aplikasi DJP dan melakukan cek.

Kemudian pada saat masuk pada halaman awal DJP, Anda bisa membuka akun terlebih dahulu kemudian langsung akan terlihat seluruh identitas diri yang terdaftar. Mulai dari nama hingga nomor NPWP Anda.

Melakukan Pengiriman Faksimile


Pengiriman bantuan melalui faksimile juga bisa dilakukan. bukan hanya layanan pajak melalui telepon atau kring pajak. Tetapi juga layanan pajak melalui faksimile. Hal tersebut dilakukan jika ternyata Anda lupa dalam mengingat nomor NPWP. Maka bisa langsung berkirim faksimile. Saat ini mesin faksimile memiliki fasilitas yang bisa digunakan para wajib pajak untuk melakukan pengaduan terkait dengan NPWP dan juga kendala lain.

Cara yang dilakukan adalah mengirim surat melalui faksimile. Kemudian Salinan surat tersebut akan langsung diterima oleh pihak DJP. Setelah Anda mengirim surat, maka harus menunggu dalam waktu kisaran 5 hari terlebih dahulu untuk menunggu balasan.

Apabila Anda ingin menggunakan fasilitas ini untuk mengatasi masalah berkaitan dengan nomor NPWP, maka bisa langsung menghubungi nomor 021-5251245. Jadi, Anda tidak perlu mengunjungi kantor pajak secara langsung hanya untuk menanyakan nomor NPWP Anda.

Melakukan Pengiriman Pesan Melalui Email


Hampir seluruh perusahaan dan kantor memberlakukan layanan email. Email merupakan surat elektronik yang dapat digunakan untuk mempermudah pengiriman pesan antara pengirim dan juga penerima pesan. Email sendiri biasa digunakan apabila seseorang hendak mengirim dokumen dengan jumlah data yang besar. Pengiriman dokumen tersebut pasti memerlukan alat atau platform yang khusus.

Karena jika hanya melalui smartphone, maka sudah pasti Anda akan kesulitan dalam melakukan pengiriman. Kemudian kualitas dokumen juga terkadang tidak maksimal atau buruk. Begitu pula dengan kasus pajak ini. Dirjen pajak turut memberlakukan program melayani para wajib pajak melalui email. Jadi, apabila Anda mengalami kendala baik terkait dengan pajak atau terkait dengan nomor wajib pajak, maka bisa langsung melakukan aduan tertentu melalui email.

Pada saat melakukan aduan melalui email, maka yang harus dilakukan adalah dengan penulisan identitas diri yang jelas. Agar nantinya pihak dari dirjen pajak tidak mengalami kesulitan saat melakukan pengecekan masalah. Kemudian pesan email tersebut dapat dikirim ke alamat pengaduan@pajak.go.id .

Karena nomor NPWP sangat penting, maka dianjurkan untuk selalu menyimpan dan mengingatnya dengan baik. Karena apabila NPWP sampai hilang, maka untuk mengurusnya kembali tentu saja memerlukan waktu yang lama. Beberapa cara tersebut merupakan langkah yang bisa digunakan jika ternyata Anda lupa nomor NPWP.

Nomor NPWP merupakan nomor yang penting bagi wajib pajak dikarenakan nomor tersebut yang akan berfungsi untuk melakukan berbagai hal yang telah dibebankan oleh wajib pajak. Pada saat seseorang melakukan pengurusan pada nomor wajib pajak, biasanya akan mengalami kendala terkait dengan cepat lambatnya penerimaan NPWP.

Hal yang perlu dipahami adalah, proses NPWP dilakukan oleh dirjen pajak dalam waktu bersamaan. Sehingga akan sangat wajar jika pada proses penerimaannya membutuhkan waktu yang lama.

BACA JUGA!

Yuk Mulai Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

Cara Membuat NPWP Online

Bagi warga negara Indonesia, NPWP baik untuk badan atau perorangan merupakan salah satu komponen yang

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP