7 Bocoran Skill dalam CV yang Menarik Buat HRD!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
kemampuan-interpersonal
Daftar Topik

Skill dalam CV – Dalam melamar pekerjaan, CV atau curriculum vitae termasuk berkas yang harus  disiapkan dengan baik. Berkas ini merupakan gambaran singkat mengenai pelamar kerja. Biasanya, curriculum vitae terdiri dari beberapa data. Mulai dari data diri, pendidikan hingga skill.

Dalam menuliskan skill, tidak ada patokan khusus. Namun, ada beberapa skill unik yang ternyata layak untuk ditulis dalam CV, loh. Temukan jawabannya di sajian artikel Blog elevenia berikut ini.

Ragam Skill Unik dalam CV yang Dilirik HRD

skill-dalam-cv

Ada 2 jenis skill yang dapat ditulis dalam CV. Yaitu hard skill dan juga soft skill. Hard skill merupakan kemampuan akademis. Sedangkan soft skill bukan merupakan kemampuan akademis. Kali ini, jenis skill yang akan dibahas termasuk soft skill. Berikut informasi selengkapnya.

1. Teamwork

teamwork

Kemampuan kerja sama tim adalah salah satu kemampuan yang penting dalam lingkungan kerja loh. Pasalnya, hampir setiap pekerjaan memiliki tim khusus yang menaunginya. Tak heran jika kemampuan ini banyak dilirik oleh HRD.

Selain itu, kemampuan ini membantu kita untuk membangun kerja sama untuk mencapai beragam goals dan juga target. Dengan teamwork, pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Menariknya, teamwork sangat dibutuhkan di semua perusahaan dalam meningkatkan produktivitas.

2. Leadership

leadership

Pernah berperan khusus sebagai ketua atau pengurus inti sebuah organisasi? Ada kabar baik untukmu. Skill leadership atau kepemimpinan yang kamu punya bisa jadi modal yang jitu untuk melamar pekerjaan, nih.

Khususnya pada pekerjaan yang jabatannya sudah menengah atau tinggi. Kemampuan ini menunjukkan seberapa kelihaianmu dalam memimpin dan memandu sebuah tim. Dengan memasukannya, kamu punya nilai plus di mata HRD.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja agar Dilirik HRD

3. Problem Solving

problem-solving

Dalam setiap pekerjaan, tentu terdapat beberapa tantangan bahkan masalah yang mungkin saja terjadi. Maka skill ini dapat membantumu dalam mengatasinya. Kemampuan memecahkan masalah ini dapat digunakan di berbagai pekerjaan. Khususnya untuk kamu yang tertarik mendalami bidang PR atau hubungan masyarakat.

Kemampuan ini juga dapat mengukur bagaimana cara kita menghadapi beragam masalah maupun konflik. Begitu juga dengan mencari solusi hingga memanfaatkannya, loh. Unik bukan?

4. Manajemen Waktu

manajemen-waktu

Apa hal yang paling wajib dikelola dalam melakukan setiap pekerjaan? Waktu jawabannya. Pengelolaan baik dapat mengindikasikan kemampuan produktif yang tinggi, loh. Pasalnya, semakin baik seseorang mengelola waktu, ia akan menjadi semakin fokus. Sehingga pekerjaan pun semakin banyak yang bisa terselesaikan.

Karenanya, jangan sungkan untuk memasukkan kemampuan ini di CV-mu. Mengingat skill ini sangat penting bagi semua pekerjaan.

5. Berpikir Kreatif

berpikir-kreatif

Kalau skill yang satu ini, biasanya dibutuhkan untuk perusahaan dengan ekosistem kerja yang cepat. Seperti startup hingga perusahaan unicorn. Kemampuan ini dapat mengindikasikan berbagai kelebihan positif seseorang loh. Misalnya saja, kemampuannya dalam menemukan solusi kreatif dalam masalah.

Selain itu, kreatif juga dapat mengindikasikan orisinalitas dan keunikan. Sehingga nantinya dapat memberi nilai lebih bagi perusahaan. Tak heran jika skill ini banyak dilirik HRD.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Antara CV Dan Resume?

6. Kemampuan Interpersonal

kemampuan-interpersonal

Selain teamework, kemampuan interpersonal tak kalah penting. Pasalnya, kemampuan ini dapat mengindikasikan kelihaian kita dalam mengelola hubungan yang baik dengan orang lain. Karenanya dalam kemampuan ini terdapat beberapa komponen khusus. Mulai dari empati, kesabaran, toleransi, hingga fleksibilitas.

7. Komunikasi

komunikasi

Komunikasi yang baik tentu akan menciptakan lingkungan kerja yang baik pula. Ada beberapa contoh keterampilan komunikasi yang bisa kamu masukkan nih. Seperti kemampuan public speaking, kemampuan menulis, kemampuan presentasi, kemampuan komunikasi non verbal serta kemampuan negosiasi.

Kemampuan ini akan semakin baik untuk kamu yang tertarik bekerja di bidang humas dan juga industri kreatif. Seperti digital marketing dan juga periklanan. Sehingga tak ada salahnya untuk menyisipkannya demi mempercantik CV-mu.

Itu dia informasi mengenai ragam skill unik yang bisa ditulis di CV. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kita semua.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP