Shalat Fajar: Waktu, Keutamaan dan Bacaan Lengkapnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
shalat-sunnah-subuh
Daftar Topik

Shalat Fajar – Dalam pelaksanaannya, shalat Fajar termasuk shalat sunnah qabliyah. Jenis shalat sunnah ini biasa dilaksanakan sebelum shalat wajib. Shalat sunnah ini dilakukan sebelum menunaikan shalat Subuh. Karenanya, shalat ini juga disebut dengan shalat sunnah Subuh. Konon, dengan menunaikannya lebih baik dari dunia dan seisinya. Khususnya jika diamalkan di bulan Ramadhan ini.

Apa saja ya yang membedakannya dengan jenis shalat sunnah lainnya? Bagaimana bacaan lengkapnya? Semua informasinya telah Blog elevenia rangkum. Simak artikel ini sampai habis, ya.

Seputar Shalat Fajar yang Wajib Diketahui

shalat-fajar

Yang membedakan shalat Fajar dan shalat sunnah lainnya ialah fadhilah dan keutaman yang dimilikinya. Dalam melaksanakannya, terdapat juga waktu pelaksanaan dan juga bacaan yang berbeda. Berikut informasi selengkapnya.

Fakta Unik dan Waktu Pelaksanaan

shalat-sunnah-subuh

Shalat sunnah ini banyak membawa keutaman bagi yang melaksanakannya. Diantaranya limpahan pahala yang tak terhingga serta mendapatkan kebaikan di akhirat. Shalat sunnah ini juga merupakan salah satu anjuran dari Nabi Muhammad saw.

Tak hanya itu, amalan ini juga akan menjadi sumber cahaya di hari Kiamat. Barang siapa yang melaksanakannya akan mendapat balasan rumah di surga. Idealnya, shalat ini dilakukan sebelum shalat subuh. Tepatnya diantara waktu adzan dan iqamah.

Baca Juga: Shalat Taubat: Waktu dan Bacaan Lengkapnya

Bacaan Lengkap

Sebelum melaksanakannya, ada niat khusus yang harus dibaca. Begitu juga dengan bacaan doa dan dzikir yang dibaca setelahnya. Cek informasi di bawah ini untuk tahu lebih lanjut.

1. Bacaan Doa Niat

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatas shubhi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat shalat sunah subuh dua rakaat karena Allah SWT.”

2. Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Melaksanakan Shalat

Ada beberapa surah khusus yang disunahkan untuk dibaca dalam menunaikan shalat sebelum subuh ini. Diantaranya surah Al-Kafirun, Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Baqarah ayat 136 dan juga Surah Al-Imran ayat 52.

Menurut Syeikh An-Nawawi, ada beberapa amalan dzikir yang dapat dilakukan setelah menunaikan shalat ini, yaitu:

  • Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali)
  • Al Ikhlas (11 kali)
  • Al Falaq (1 kali)
  • An Nas (1 kali)
  • Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali)

Sebagai amalan tambahan, kita juga dianjurkan untuk berbaring ke sebelah kanan sambil menunggu adzan Subuh. Dalam hal ini ada doa khusus yang dibaca, yaitu:

“Allahumma Robbi Jibrila wa Mikaila wa Isroofiila wa ‘Izrooiila, wa Robbi Sayyidina Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Ajirnii minan naar.”

Artinya: “Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan Tuhannya junjungan kami Muhammad saw. Selamatkanlah kami dari neraka.”

Itu dia tadi informasi seputar shalat sunnah Subuh yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat memberi berkah untuk kita semua.

Temukan mukena dan juga alat shalat lainnya di elevenia. Raih diskon dan juga promo spesial Berkah Ramadhan setiap harinya. Di elevenia, yang kamu cari, ada. 

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP