8 Cara Setting Windows 10 Untuk Gaming

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gambar 3 windows (1)
Daftar Topik

Setting windows 10 untuk gaming. Bermain game saat ini merupakan kegiatan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Game bisa membantu kamu untuk bisa sejenak lupa dari sibuknya pekerjaan dan penatnya pikiran akibat tugas yang menumpuk. Bermain game bisa dengan berbagi media, misalnya melalui handphone atau perangkat computer. Jika kamu seseorang yang suka bermain game di komputer, maka keberadaan Windows 10 sudah sangat tidak asing lagi.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang bagus dan cukup populer di kalangan gamer. Hal tersebut dikarenakan Windows memang sudah menjadi rajanya OS komputer, dan ditambah lagi banyak sekali pengembang game yang membuat game untuk OS Windows. Windows juga dibuat untuk mengoptimalkan PC, sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik itu untuk penggunaan standard atau untuk bermain game. Saat kamu ingin membeli sebuah komputer atau laptop gaming, kamu harus ingat bahwa perangkat keras (hardware), dan juga perangkat lunak (software) meerupakan komponen vital. 

Bermain game di laptop

Akan tetapi, jika kamu hanya sekedar bermain game di laptop dengan spek yang lumayan, meskipun laptop tersebut bukan khusus gaming, kamu bisa coba untuk mengoptimalkan dari sisi perangkat lunak, agar kinerja gaming bisa meningkat pada perangkat kamu. Meskipun tentu saja, akan ada beberapa part hardware yang harus kamu upgrade jika masih belum menggunakan jenis tertentu. 

Adakah Cara Setting Windows 10 untuk Gaming?

Tentu saja ada! Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara untuk mengoptimalkan windows 10 untuk bermain game, sehingga dihasilkan kinerja yang maksimal untuk menjalankan permainan game kamu.

1. Aktifkan Game Mode

Windows 10 telah menawarkan mode game di berbagai perangkat yang meningkatkan kinerja game. Kamu bisa mengaktifkan mode game ini dengan menekan tombil keyboard Win + I dan kemudian ketik Game Mode pada kolom pencarian, lalu aktifkan. Atau kamu juga bisa menggunakan cara sederhana lainnya seperti tekan tombil Win + G dan setelah itu akan muncul jendela pengaturan untuk Game Mode pada desktop kamu, lalu aka nada ikon untuk mengaktifkan Game Mode. Kamu bisa klik Game Mode untuk mengaktifkannya. Ini merupakan bagian termudah dan instan yang ditawarkan Windows, namun kamu masih bisa mengoptimalkan kinerja Windows 10 agar memiliki power lebih saat bermain game. 

2. Meng-update Driver

Cara selanjutnya adalah driver kamu harus diupdate. Dalam komputer kamu ada yang namanya Graphics Processing Unit (GPU), atau sering disebut sebagai VGA. Ini merupakan komponen utama untuk bermain game di PC, dan kamu membutuhkan driver Windows terbaru untuk menjalankan game dalam kondisi yang optimal. Komputer kamu membutuhkan driver Windows dalam versi terbaru, dan kamu bisa mendapatkannya dari situs web resmi produsen hardware yang kamu gunakan. Hal tersebut karena biasanya produsen tersebut mempunyai fitur terbaru atau perbaikan bug dalam driver mereka, dan akan secara rutin mengeluarkan versi terbaru. 

Mengaktifkan Game Mode Windows 10

3. Memasang VGA

GPU atau Graphics Processing Unit merupakan jantung untuk menjalankan game dan video pada komputer. Di pasaran, terdapat berbagai jenis GPU yang tersedia. Produsen utama dalam pembuatan GPU yang paling terkenal adalah NVIDIA dan AMD. Kalau kamu mau mengoperasikan game dalam pengaturan tinggi, kartu grafis atau VGA ini merupakan hal wajib yang harus kamu miliki. VGA ini memang dijual dengan harga yang lumayan mahal, namun ada juga yang harganya masih terbilang murah, akan tetapi kualitasnya juga tidak bisa diandalkan. 

4. Meng-update Windows

Microsoft secara resmi sering mengeluarkan update terbaru untuk sistem operasinya, yaitu Windows 10. Update yang dilakukan bisa berisikan penigkatan kinerja, perbaikan bug, dan juga peningkatan keamanan. Untuk mendapatkan kinerja yang terbaik saat kamu bermain game, maka kamu jangan sampai ketinggalan untuk mengupdate Windows saat yang terbaru telah dirilis oleh Microsotf. 

5. Mengganti Baterai ke Performa Lebih Tinggi

Ini merupakan hal yang penting namun sangat sering diabaikan oleh para gamer, karena mereka menganggap bahwa itu tidak berpengaruh pada kinerja game. Akan tetapi pada dasarnya hal tersebut bisa membantu meningkatkan kinerja game, karena CPU dan Gpu akan bisa memperoleh lebih banyak daya dari sumbernya. Banyak orang yang tidak memasang pengisi daya saat sedang menggunakan perangkat untuk bermain game, akan tetapi itu merupakan hal yang kurang tepat. Kamu sebaiknya memasangkan pengisi daya saat bermain game karena GPU membutuhkan lebih banyak daya untuk memproses yang daya baterai tidak bisa sediakan, dan game akan berjalan dengan sumber daya terbatas dalam pengaturan rendah. 

Setting gaming

6. Menyesuaikan Visual Effects Windows 10

Windows 10 memiliki efek visual yang dirancang sebagai default agar terlihat mengesankan. Tampilan memang bagus, namun bisa menjadi penghambat kecepatan pemrosesan game yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, kamu bisa menyesuaikan pengaturan efek visual untuk “Menyesuaikan kinerja terbaik”, sehingga lebih banyak kekuatan pemrosesan yang digunakan untuk game. 

7. Menginstal DirectX Versi Terbaru

DirectX 12 merupakan versi terbaru dari tool Microsoft Application Programm Interface (API) yang terkenal dan merupakan elemen kunci dari game di Windows 10. Pada dasarnya, DirectX 12 akan memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk beberapa inti GPU dan CPU yang pada gilirannya meningkatkan frame. 

8. Meng-upgrade ke SSD

SSD atau Solid State Drive akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD atau Hard Disk Drive. HDD akan menyimpan data di dalam memori fisik, dan ketika disk berputar dengan sangat cepat akan membuat game menjadi lambat di dalam HDD. Akan tetapi dalam SSD, ia akan menyimpan dalam bentuk elektronik sehingga game dapat memuat lebih cepat. Mengoptimalkan game kadang tidak cukup hanya dengan melalui trik dan tweak, sehingga perlu ditingkatkannya perangkat keras. 

Itu dia 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk setting windows 10 untuk gaming untuk memperoleh kinerja yang maksimal saat bermain game. Semoga penjelasan di atas bermanfaat ya!

Baca juga:

Cara Menghilangkan Suara Vokal Pada Video

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP