Setelah Operasi Caesar Kapan Boleh Berhubungan? Simak Jawaban Berikut Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Setelah-Operasi-Caesar-Kapan-Boleh-Berhubungan-Simak-Jawaban-Berikut-Ini-768x390[1]
Daftar Topik

Operasi caesar merupakan metode dalam persalinan dan dijadikan sebagai pilihan terakhir seorang wanita dalam proses melahirkan. Hingga saat ini tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa wanita yang melahirkan secara caesar dapat berhubungan setelah melahirkan lebih cepat karena tidak mempunyai trauma di daerah vagina. Namun pendapat seperti itu tidaklah benar.

Lalu, setelah operasi Caesar kapan boleh berhubungan? Setelah melahirkan secara caesar, membutuhkan waktu sekitar 6 minggu agar bisa kembali berhubungan dengan pasangan. Mengapa membutuhkan waktu yang lama? Karena pada kurun waktu tersebut rahim wanita sudah tertutup dan pendarahan yang terjadi setelah melahirkan sudah terhenti. Selain itu, jahitan bekas operasi juga sudah mulai sembuh secara keseluruhan.

Setelah Operasi Caesar Membutuhkan Proses Pemulihan

Setelah melakukan proses melahirkan dengan cara operasi caesar, biasanya akan di rawat di rumah sakit selama 2-4 hari. Secara bertahap, dokter akan menghentikan pemberian obat yang digunakan sebagai pereda nyeri.

Bagi wanita yang melahirkan Caesar, biasanya tetap mengalami perdarahan vagina. Tetapi, pendarahan yang dialami ini lebih sedikit dibandingkan melahirkan normal. Sedangkan, proses pemulihan antara melahirkan normal dan caesar tidak jauh berbeda. Dokter akan menyarankan setelah operasi Caesar kapan boleh berhubungan kembali dilakukan sekitar 4-6 minggu setelah melahirkan, baik melahirkan secara normal. Pada jangka waktu yang sudah disarankan ini, leher rahim wanita setelah melahirkan sudah kembali menutup dan perdarahan diharapkan sudah terhenti.

Hanya saja, proses pemulihan melahirkan dengan proses operasi caesar sedikit berbeda, karena lebih terfokus pada area perut saja. Staples yang digunakan untuk merekatkan jahitan setelah operasi caesar biasanya akan diangkat kurang lebih selama satu minggu. Meskipun jika dilihat dari kondisi nyata, bekas luka jahitan dianggap sudah benar-benar sembuh sekitar enam minggu setelah persalinan Caesar. Tetapi, setiap wanita merasakan hal yang berbeda-beda. Terdapat sebagian wanita yang bisa melakukan hubungan seks kembali lebih cepat atau bakkan bisa berhubungan kembali dengan lebih lambat.

Proses Penyembuhan Persalinan Normal dan Operasi Caesar

Proses penyembuhan antara persalinan normal dan melalui operasi Caesar memang berbeda. Seperti halnya ketika kita memilih jalan yang berkelok-kelok dengan jalan yang lurus, otomatis cara menempuhnya juga sangat berbeda. Persalinan normal, cara penyembuhan nya hanya terfokus pada daerah vagina saja. Tetapi, persalinan yang melalui operasi Caesar, lebih terfokus dengan area perut dan dalam waktu seminggu staples yang digunakan untuk merekatkan jahitan di ambil dan obat pengurang nyeri juga mulai dikurangi.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Berhubungan Pasca Caesar

Hal-hal berikut ini yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk melakukan hubungan seksual setelah melahirkan dengan cara Caesar:

Pertimbangkan posisi

Pasca Caesar, Sebaiknya Anda dan pasangan mempertimbangkan posisi berhubungan agar tidak terlalu membebani bagian perut. Pilihlah posisi menyamping agar bisa menghindari kontak langsung dengan luka bekas operasi.

Kenikmatan saat berhubungan

Setelah melahirkan sudah pasti mengakibatkan perubahan keseimbangan hormonal pada wanita yang bisa menyebabkan vagina terasa lebih kering karena produksi sekret berkurang. Sehingga hal tersebut bisa sedikit mengurangi kenikmatan saat berhubungan.

Lakukan foreplay

Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan agar bisa membangkitkan gairah seksual seperti mencium, memeluk, meraba, ataupun hal lainnya.

Senam kegel

Sangat dianjurkan untuk para wanita pasca melahirkan Caesar ketika ingin berhubungan kembali yaitu melakukan senam kegel untuk mengencangkan otot vagina yang kendor.

Meminimalisir rasa sakit

Perlu di ingat, bagi wanita untuk memberi tahu pasangan apapun yang Anda rasakan ketika sedang melakukan hubungan agar sama-sama bisa memberikan kenyamanan dan bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Untuk mengurangi rasa sakit ketika berhubungan seksual, Anda bisa terlebih dahulu membuang air kecil, mandi air hangat, atau minum obat pereda nyeri.

Gunakan es batu

Apakah Anda mengalami peradangan setelah berhubungan seksual? Jika benar, tempelkan es batu ke daerah yang mengalami peradangan dengan membungkus es batu dengan handuk kecil.

Konsultasi ke dokter

Jika Anda mempunyai masalah yang terlihat tidak wajar seperti rasa nyeri yang berlebihan dan berkepanjangan, selalu merasa sakit dan mengalami perdarahan yang tidak normal ketika melakukan hubungan seksual, segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Demikian ulasan mengenai setelah operasi Caesar kapan boleh berhubungan kembali sekaligus hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan hubungan pasca Caesar. Karena pada dasarnya, penyembuhan persalinan normal dan Caesar itu berbeda, sehingga juga membutuhkan penanganan yang berbeda juga. Semoga artikel ini bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA