Sering Cegukan Saat Berpuasa? Inilah 14 Cara Efektif Untuk Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Cegukan merupakan suatu kondisi yang sering kali dialami oleh setiap orang. Cegukan biasanya disebabkan karena kondisi perut yang kembung, rasa stress, dan kebiasaan merokok. Biasanya kita akan mengatasi cegukan dengan meminum air. Lalu bagaimana jika kita mengalami cegukan pada saat sedang berpuasa? Kamu tidak perlu bingung, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika cegukan pada saat berpuasa yang cukup efektif.

Sering Cegukan Saat Berpuasa? Inilah 14 Cara Efektif Untuk Mengatasinya

Menahan Napas Singkat

Karena kamu sedang berpuasa, kamu bisa mengatasi cegukan dengan cara menahan napas selama beberapa detik, minimal 10 detik. Kemudian bernapaslah kembali seperti biasa. Jika cegukan tersebut masih kembali, ulangi cara yang satu ini sampai cegukannya telah benar-benar berhenti.

Sengaja Batuk

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan adalah dengan cara batuk dengan sengaja dan menghitungnya beberapa detik dari jarak terjadinya cegukan. Sebelum cegukan selanjutnya muncul, saat itulah kamu bisa batuk dengan keras. Jika dibutuhkan, ulangi cara yang satu ini hingga 4 kali.

Menggunakan Minyak Putih

Jika kamu memiliki kayu putih di rumah, gunakanlah dengan cara mengoleskannya ke bagian leher hingga perut agar organ dalam dapat berfungsi kembali secara normal.

Meletakkan Jari ke Langit-langit Mulut

Cegukan pada saat berpuasa memang cukup merepotkan. Akan tetapi, jika cara yang telah disebutkan sebelumnya kurang efektif, maka kamu bisa meletakkan jari kamu ke bagian langit-langit mulut. Kemudian, berikan pijatan yang lembut pada area tersebut yang diyakini cukup efektif untuk menghilangkan cegukan.

Menelan Air Liur

Karena tidak dapat minum, kamu bisa memanfaatkan air liur yang ada di dalam mulut kamu. Telanlah air liur sambil menahan napas. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan dan akan membuat cegukan segera berhenti.

Meregangkan Diafragma

Cara lainnya yang bisa dibilang efektif adalah dengan meregangkan diafragma yang disertai dengan mengambil napas dalam-dalam dengan pelan hingga kamu merasa tidak kuat lagi. Untuk melakukan cara yang satu ini, kamu harus menahan napas lebih lama sebelum membuangnya secara perlahan untuk mengosongkan paru-paru. Agar cegukan cepat berhenti, lakukan cara ini sebanyak lima kali.

Menggunakan Telinga dan Lidah

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan cegukan pada saat berpuasa adalah dengan menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan di awal, kemudian dilanjutkan dengan mendorong udara yang keluar saat membuang napas sebanyak mungkin. Lalu, tariklah napas kembali dan disertai dengan menjulurkan lidah. Lalu, tahanlah napas dengan kedua jari telunjuk yang masing-masing menutup telinga selama 40 menit, barulah buang napas secara perlahan.

Simulasi Pernapasan

Untuk cara yang satu ini, kamu harus mengambil napas secara dalam-dalam lalu kemudian menahannya. Sementara itu, mulut dan hidung masih dalam keadaan tertutup. Kemudian gerakkanlah diafragma seperti ketika kamu akan mengambil dan menghembuskan napas secara cepat. Jika cegukan masih terjadi, ulangilah terus cara yang satu ini sampai cegukannya benar-benar berhenti.

Bersendawa

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling aman dilakukan ketiak kamu cegukan pada saat berpuasa karena kamu hanya perlu menelan udara sebanyak mungkin hingga kamu bersendawa. Biasanya cegukan akan berhenti ketika kamu berhasil bersendawa.

Metode Penumpang Pesawat

Cara yang satu ini bukan berarti kamu harus benar-benar menaiki pesawat. Kamu hanya perlu mendudukkan tubuhmu pada kursi yang memiliki bagian sandaran yang tegak. Kemudian posisikan tubuh dengan punggung yang ditekan ke belakang kursi sepenuhnya. Lalu, membungkuklah secara perlahan dengan menyilangkan lengan di atas tubuhmu. Setelah itu, remaslah lenganmu dan peluk tubuhmu sambil menahan napas selama 5 hingga 10 detik.

Mengagetkan Tubuh

Untuk menghilangkan cegukan saat berpuasa, kamu juga bisa mencoba cara yang satu ini. Cobalah lakukan sesuatu secara tiba-tiba untuk membuat tubuhmu menjadi awas yang dapat menghentikan cegukan seketika. Kamu bisa mencobanya dengan berbaring, lalu berdiri secara tiba-tiba.

Bernapas di dalam Kantung

Siapkan kantung yang terbuat dari kertas, kemudian bernapaslah di dalam kantung tersebut agar cegukan lebih cepat hilang.

Menarik Lutut Hingga ke Dada

Baringkanlah tubuhmu di atas tempat tidur, lalu tariklah kedua belah lutut kamu hingga dapat menyentuh dada. Hal ini akan membantu menghentikan cegukan yang kamu alami ketika sedang berpuasa.

Menekan Dada ke Lantai

Cara ini dilakukan dengan memosisikan tubuh berbaring di lantai dengan posisi tengkurap. Kemudian, tekanlah dada hingga menyentuh lantai. Cara yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu alternative untuk menghentikan cegukan ketika berpuasa.

Itulah 15 cara yang dapat menghilangkan cegukan secara efektif. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA