Senam Lantai Basic yang Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Senam lantai merupakan salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai istilahnya gerakan-gerakan senam tersebut dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani.

Senam lantai juga disebut dengan istilah bebas. Hal ini dikarenakan, pada waktu melakukan gerakan tersebut tidak ada alat yang digunakan. Unsur-unsur gerakan senam lantai terdiri atas mengguling, melompat di udara, dan menumpu dengan kedua tangan atau kaki. Tumpuan kedua tangan atau kaki tersebut berguna untuk mempertahankan keseimbangan saat melakukan lompatan, baik ke depan maupun ke belakang.

Manfaat dari senam lantai, yaitu membuat tubuh menjadi lebih segar, menjaga kelenturan tubuh, melangsingkan tubuh, memberikan rangsangan pertumbuhan tubuh

Ada pun gerakan-gerakan dalam senam lantai adalah sebagai berikut.

Rol Depan


Rol depan (guling ke depan) adalah gerakan berguling ke depan. Latihan rol depan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Ada pun cara melakukan rol depan dengan sikap permulaan jongkok, antara lain sebagai berikut.

  • Kedua tangan menumpu pada matras, jaraknya selebar bahu.
  • Kedua kaki diluruskan, kemudian siku tangan ditekuk, kepala dilipat sampai dagu menyentuh dada.
  • Menggulingkan badan ke depan dengan mendaratkan tengkuk terlebih dahulu dan posisi kedua kaki dilipat rapat pada dada.
  • Kedua tangan lemaskan tumpuan dari matras, lalu pegang mata kaki
  • Kembali berusaha bangun (berdiri)

Rol Belakang


Rol belakang (guling ke belakang) adalah gerakan menggulingkan badan ke belakang. Posisi badan tetap harus membulat, yaitu kedua kaki dilipat, lutut tetap melekat dengan dada, kepala ditundukan sampai dagu menyentuh dada. Ada pun cara melakukan rol belakang dengan sikap permulaannya posisi jongkok adalah sebagai berikut.

  • Kedua tangan di depan dan kedua kaki sedikit rapat.
  • Kepala ditundukan lalu kaki menolak ke arah belakang.
  • Ketika panggul mengenai matras, kedua tangan segera lipatkan ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk menolak.
  • Kedua kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala dengan dibantu kedua tangan untuk menolak. Kemudian kedua kaki dilipat sampai ujung kaki mendarat di atas matras.
  • Kembali ke sikap jongkok.

Lompat Harimau


Sikap awal yang dilakukan sebelum loncat harimau adalah sebagai berikut.

  • Berdiri tegak lalu mengambil sikap siap berlari dengan kecepatan tertentu.
  • Jarak pengambilan awalan bisa bervariasi beberapa langkah bergantung pada ketinggian penanda yang ada.

Rangkaian loncat harimau:

  • Mengambil posisi berdiri tegak lalu berlari lah dengan cepat;
  • Setelah mendekati penanda, segera lakukan tolakan dengan tumpuan di kedua kaki;
  • Badan terangkat ke atas atau meloncat melewati penanda yang ada;
  • setelah melewati penanda, tangan bersiap-siap untuk menumpu matras diikuti tengkuk; dan
  • Apabila punggung telah menyentuh matras, dilanjutkan dengan gerakan guling ke depan.

Sikap akhir

  • Melakukan guling ke depan dua kali atau tiga kali, lalu kembali ke posisi jongkok;
  • Setelah kedua kaki menapak dengan sempurna, tangan diluruskan ke depan badan jangan sampai terjatuh, baik ke samping kanan maupun
  • ke samping kiri; dan
  • Kemudian berdiri tegak dan kembali ke sikap (posisi awal).
Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA