Sejuta Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Kacang almond merupakan makanan yang kaya akan nutrisi-nurisi yang penting bagi tubuh, antara lain fosfor, sumber vitamin E, kalsium, besi dan magnesium. Selain itu, kacang almond juga mengandung zinc, niacin, selenium, dan tembaga. Jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, kacang almond merupakan kacang yang paling banyak mengandung komponen-komponen menguntungkan.

Asal Usul Almond

Almond adalah kacang yang berasal dari wilayah iklim Mediterania Timur Tengah, ke arah timur sejauh Sungai Yamuna di India. Kacang almond berada di negara: Iran, India, Pakistan, Afghanistan, Azerbaijan dan negara-negara Asia Tengah lainnya almond dikenal sebagai Badam. Manusia zaman kuno di sepanjang pantai Mediterania menyebarkan almon hingga ke Afrika Utara dan Eropa Selatan, setelah itu barulah disebarkan ke daerah-daerah lain terutama California, Amerika Serikat.

Manfaat Kacang Almond

KESEHATAN OTAK MANUSIA

Almond sangat baik untuk otak manusia karena almond merupakan sumber dari banyak nutrisi yang dapat membantu mengembangkan dan menyehatkan otak. Di dalam almond terdapat dua nutrisi penting untuk otak, yaitu L-carnitine dan riboflavi. Kedua nutrisi tersebut memiliki fungsi meningkatkan aktivitas otak, sehingga jalur saraf menjadi lancar dan juga dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer.

MENGONTROL TINGKAT KOLESTEROL

Keseimbangan tingkat HDL dan LDL sangatlah penting untuk tingkat kolesterol dalam tubuh yang sehat. Dengan mengkonsumsi almond secara teratur, tingkat tingkat HDL dan tingkat LDL akan bertambah.

KESEHATAN TULANG

Almond merupakan sumber vitamin, fosfor, dan mineral. Sedangkan fosfor sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tulang dan gigi. Selain itu, fosfor dapat mencegah penyakit usia seperti osteoporosis.

KESEHATAN JANTUNG

Almond mengandung Vitamin E dan magnesium. Kedua kandungan tersebut memiliki peran yang penting untuk kesehatan jantung. Misalnya vitamin E, vitamin E dalam antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit jantung secara efektif. Sedangkan magnesium dalam mampu membantu menghindari serangan jantung.

MEMPERBAIKI FUNGSI PEMBULUH DARAH

Almond merupakan sumber asam folat, sehingga dapat membantu mengurangi tingkat homocysteine yang dapat menyebabkan plak lemak menumpuk pada arteri. Almond juga mampu mengurangi dampak dan keberadaan protein C-reaktif. Protein C-reaktif tersebut dapat menyebabkan peradangan arteri yang merusak. Selain itu, dalam kulit almond terdapat flavonoid yang berfungsi untuk menggabungkan vitamin E dengan demikian kerusakan dinding arteri dapat dicegah.

SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Salah satu komponen dari sekian banyak komponen yang ada dalam tubuh adalah sistem alkalinitas. Sumber alkali bisa kita dapatkan dari Almond. Sumber alkali tersebut dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah penyakit dan menghadapi berbagai kondisi kesehatan.

MELINDUNGI DARI RADIKAL BEBAS

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan kuat dan berfungsi mencari serta menghilangkan semua radikal bebas berbahaya yang ada dalam tubuh. Vitamin E tersebut bisa kita dapatkan dari kacang almond.

PERAWATAN KULIT

Kita tentu tidak asing dengan manfaat almond untuk kesehatan kulit, begitu juga dengan pijat minyak almond yang sering direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir. Kita juga bisa menambahkan susu almond ke dalam beberapa jenis sabun, hal itu karena almond diyakini dapat meningkatkan corak kulit.

ANTI-PERADANGAN

Ada dua asam lemak yang penting dalam almond. Kedua asam lemak tersebut adalah asam linolenat dan linoleat. Asam-asam lemak tersebut mampu membantu dalam mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Selain itu juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat” (LDL).

MENGATUR TEKANAN DARAH

Almond memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain kalium, almond juga memiliki kandungan sodium yang rendah, sehingga fluktusi tekanan darah dapat dikontrol.

MENINGKATKAN ENERGI

Dengan adanya tembaga, mangan, dan Riboflavin pada kacang almond, produksi energi dan peningkatan metabolisme akan meningkat. Jadi kacang almond dapat menjadi pengganti kalori atau lemak saat kamu bepergian.

PENCEGAH KANKER

Ternyata diketahui bahwa almond bisa meningkatkan pergerakan makanan melalui usus besar. Hal itu dapat mencegah kanker usus besar. Tentang hubungan serat dalam almond yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar telah diteliti oleh National Cancer Center.

MELINDUNGI DARI DIABETES

Bagi penderita diabetes, almond merupakan makanan dengan fungsi penting untuk mengatur penyerapan dan pengolahan glukosa. Almond juga dapat membantu dalam mengurangi raksioner kadar insulin dan glukosa yang naik.

Efek Samping Mengkonsumsi Almond

Dari banyaknya kandungan yang baik untuk tubuh, ternyata almond juga mengandung oksalat yang bila dikonsusi secara berlebihan akan menyebabkan kristalisasi. Hal itu dapat menimbulkan munculnya sejumlah masalah dalam kesehatan. Berdasarkan pada beberapa kasus yang telah terjadi, dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Almond memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi untuk kamu yang punya gangguan ginjal ataupun kandungan ampedu, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi almond. Namun jika memang sangat ingin memakannya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA