Sejarah Uang Kertas di Peradaban Manusia

0

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan uang karena uang merupakan salah satu alat yang menjadi nilai kondisi sosial pada masyarakat. Bahkan, kebanyakan orang menganggap bahwa banyaknya uang yang dimiliki menjadi nilai seseorang tersebut bertambah ataupun berkurang. Namun, pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena ada beberapa orang yang tidak sependapat seperti itu. Nah, jika berbicara mengenai uang, apakah Anda mengetahui bagaimana sejarah uang? untuk mengetahui sejarah uang kertas di peradaban manusia simak ulasan berikut ini hingga selesai

Pengertian Uang


Sebelum membahas mengenai sejarah uang kertas di peradaban manusia, pentingnya sekali untuk mengetahui pengertian dari uang itu sendiri. Tidak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya bahwa uang menjadi salah satu alat tukar yang bisa diterima secara umum. sehingga dengan adanya uang bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan segala transaksi, baik itu barang maupun jasa.

Perlu diketahui bahwa perkembangan sejarah uang juga mengikuti perkembangan sejarah manusia, karena dari masa ke masa nilai uang juga berkembang, begitupun dengan fungsi utamanya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa uang berfungsi sebagai alat tukar hingga menjadi pendorong kegiatan ekonomi di suatu negara.

Awal Mula Munculnya Uang


Dari dulu hingga sekarang setiap orang pasti mencari berbagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Dari awal tujuan tersebut, seiring berkembangnya waktu masyarakat menyadari bahwa yang mereka hasilkan tidak cukup. Sehingga mereka membutuhkan sesuatu yang bisa dihasilkan oleh orang lain. Nah, dari keinginan inilah muncul kegiatan saling menukar barang dengan orang lain yang sama-sama membutuhkan.

Kegiatan tukar barang disebut dengan barter. Dengan kegiatan inilah, kebutuhan bisa terpenuhi secara maksimal. Meski begitu sistem tukar barang ini tidak bertahan lama, karena adanya ketidakpuasan masyarakat bahwa barang yang ditukarkan bernilai sama. Pada saat itu juga masyarakat kesulitan menukarkan barang yang nilainya sama.

Sejarah Uang Di Dunia


Pada abad ke-6 diperkirakan pertama kali uang muncul lebih tepatnya sebelum masehi oleh bangsa Lydia. Pada saat itu uang berupa campuran dari emas dan perak atau biasa disebut dengan elektron sedangkan bentuknya seperti kacang polong. Komposisi pembuatan uang pada saat itu yaitu emas sebesar 75 dan perak sebesar 25 yang bisa disebut dengan stater atau standar.

Hingga akhirnya memasuki tahun 560 sebelum masehi muncullah uang logam yang diciptakan oleh Croesus. Pada saat itu uang logam pertama kali digunakan di Bangsa Yunani. Dengan kata lain bangsa Yunani merupakan bangsa pertama kali yang menciptakan uang logam. Bahkan, uang logam yang diciptakan ini di desain dengan berbagai gambar yang menarik. Tetapi pada saat itu nilai uang tergantung dari bahan yang digunakan.

Sedangkan uang kertas yang kita kenal hingga saat ini pertama kali diciptakan oleh seseorang yang berhasil dari dari Tiongkok. Lebih tepatnya uang kertas ini tercipta pada abad pertama masehi oleh dinasti Tang. Awal mula terciptanya uang kertas dikarenakan pada saat itu pasokan logam mulia semakin berkurang, sehingga kesulitan untuk membuat uang logam. Bahkan, pada saat itu terjadi kesulitan dalam bertransaksi jumlah besar.

namun perlu diketahui bahwa pembuatan uang kertas sudah pernah dicoba beberapa kali. Tetapi yang menjadi permasalahan adalah tidak berhasil menemukan bahan pembuat kertas yang bisa bertahan lebih lama. Nah, pada masa Dinasti Tang inilah uang kertas berhasil dibuat, lebih tepatnya oleh seseorang yang bernama Ts’ai Lun dengan bahan kulit kayu murbei.

Sejarah Uang di Indonesia


Lalu, bagaimana sejarah uang kertas di Indonesia? Berbeda cerita sejarah uang di indonesia yang sudah ada sejak masa kerajaan-kerajaan nusantara dan pada saat itu setiap kerajaan memiliki mata uang tersendiri yang terbuat dari emas dan perak. Sedangkan untuk menilai dari uang tersebut, tergantung dari beratnya. Uniknya lagi pada saat itu setiap kerajaan memiliki bentuk uang yang berbeda dan unik. Bahkan, ada satu kerajaan yang paling unik bentuk uang  yang dimiliki. Karena uangnya terbuat dari kain tenun yang disebut dengan kampua. Sedangkan nilai uang tersebut ditentukan dari coraknya.

Uang mulai diterbitkan oleh VOC pada saat memasuki masa penjajahan belanda berbentuk coin dan kertas. Uang kertas yang dibuat pada saat itu menggunakan jaminan perak 100%, sedangkan untuk uang koin terbuat dari aluminium dan timah.

Nah, setelah proklamasi kemerdekaan indonesia baru membuat uang pertama kali yang disebut dengan uang ORI. Dari dulu hingga saat itu desain uang di indonesia sering mengalami perubahan. Uang kertas di indonesia bernilai Rp 1000 hingga Rp 100.000. bahkan, perubahan desain uang ini tergantung dari masa kepemimpinan pemerintahan.

Bagaimana sudah paham kan sejarah uang kertas di peradaban manusia dan di indonesia? Dengan mengetahui sejarah uang kertas ini diharapkan kita bisa mendapatkan wawasan terbaru dan bisa lebih menghargai uang yang dimiliki.

BACA JUGA!

5 Daftar Mesin Penghitung Uang Bagus