Sejarah Senam Lantai dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
141020 Senam Lantai Sehatq
Daftar Topik

Senam adalah suatu aktivitas yang harus melibatkan sebuah gerakan dan juga membutuhkan kekuatan, kecepatan serta keserasian antara gerakan fisik.  Aktivitas senam itu banyak sekali jenisnya ada senam aerobik, senam akrobatik, senam trampoline serta senam lantai.  Jika membicarakan tentang senam lantai, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu senam lantai. Memang senam lantai akan terasa asing jika didengar. Iya, senam lantai ini merupakan suatu senam bentuk modern. Senam lantai ini bisa kamu lakukan di dalam rumah karena tidak membutuhkan peralatan yang banyak dan juga tempat yang luas.

Nah, jika kamu merasa sangat tertarik untuk mencoba senam yang satu ini, maka alangkah lebih baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang  sejarah senam lantai dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.  Berikut ini kami akan menyajikan informasi yang kamu butuhkan.

Sejarah  Perkembangan Senam Lantai


141020 Senam Lantai Gymnastic Coach
Source: Gymnastic Coach

Munculnya senam lantai itu berasal dari Tiongkok. Hal ini karena memang olahraga senam dan juga senam lantai itu sudah pernah dilakukan oleh biara di Tiongkok. Dan mereka melakukan senam lantai ini mulai dari tahun 2700 SM. Karena senam ini sudah dilakukan mulai dari tahun 2700 SM maka membuat olahraga senam itu merupakan olahraga yang sangat tertua di dunia. Tujuan biara Tiongkok melakukan senam lantai adalah untuk membela diri dan juga pengobatan.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, maka senam pada tahun 1912 mulai dikenal di negara Indonesia yang saat itu kebetulan pada masa penjajahan Negara Belanda. Pada masa itu masuknya senam di Indonesia bersamaan dengan ditetapkannya pelajaran wajib di sekolah yaitu pendidikan jasmani. Karena senam merupakan bagian dari pendidikan jasmani, maka senam pun sudah mulai diajarkan di sekolah-sekolah.

Pada waktu itu ada senam yang pertama kali dikenalkan yaitu versi jerman. Dimana senam tersebut lebih mengajarkan pada gerakan-gerakan yang sangat kaya sebagai alat pendidikan. Dan di tahun 1916, senamnya diganti dengan senam Swedia. Dimana dalam senam swedia ini lebih fokus pada manfaat di setiap gerakan senamnya. Dan dari sini olahraga senam mulai bisa dikenal dan menyebar di daerah- daerah Indonesia.

Pada saat masa penjajahan  Negara Jepang, senam dilarang untuk dilakukan dan pihak Jepang menggantikan senam dengan Taiso. Taiso ini merupakan sebuah gerakan senam yang dilakukan pada saat pagi hari dan wajib untuk dilakukan sebelum pelajaran di sekolah di mulai. Senam ini diiringi dengan radio yang pada saat itu disiarkan dengan serentak. Akan tetapi, akhirnya Indonesia pun menentang adanya Taiso ini mereka akhirnya memberanikan diri untuk melakukan senam yang selalu dilakukan ketika dijajah oleh Belanda. Dan akhirnya senam itupun menjadi agenda rutin pada saat itu sampai era kemerdekaan.

Semakin hari olahraga senam pun semakin populer hingga di tahun 1963, dibentuklah Persani. Persani ini merupakan organisasi Persatuan Senam Indonesia.  Hingga akhirnya banyak yang menemukan jenis- jenis  baru dari senam. Iya mulai dari senam lantai, senam aerobik dan masih banyak lagi.

Senam lantai sendiri merupakan sebuah senam yang dilakukan dengan beralaskan matras di atas permukaan lantai. Dan biasanya ukuran matras ataupun lantai yang digunakan yaitu 12 m x 12 m. Siapa saja bisa melakukan senam lantai ini. Pasalnya senam ini merupakan senam bebas, artinya kamu bisa bergerak bebas bisa berguling, menolak dengan kaki ataupun tangan, melompat, bertumpu dengan kaki ataupun tangan dan masih banyak lagi. Dan gerakan- gerakan senam lantai ini bisa kamu lakukan di atas matras. Matras dipilih sebagai peralatan senam karena untuk menghindari jika terjadi cidera atau hal- hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Senam Lantai Bagi Kesehatan Tubuh


141020 Senam Lantai Sehatq
Source: SehatQ

Setelah mengetahui sejarah senam lantai, maka selanjutnya kamu harus mengetahui manfaat apa sih  yang akan didapatkan oleh tubuh jika melakukan senam lantai ini? Apakah kamu penasaran? Nah, adapun  manfaat  yang akan diperoleh dari melakukan senam lantai adalah sebagai berikut.

  1. Dengan melakukan senam lantai bisa membuat fleksibilitas tubuh semakin meningkat.
  2. Dapat membuat tulang menjadi sehat
  3. Mampu untuk membakar kalori dan juga mampu untuk membentuk otot.
  4. Untuk menghindari dari adanya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang tubuh.
  5. Dengan melakukan senam lantai bisa membangun tingkat kedisiplinan secara personal.
  6. Bisa untuk menambah kekuatan tubuh
  7. Dan dengan melakukan senam lantai bisa melatih koordinasi tubuh.

Nah itulah sedikit informasi tentang sejarah senam lantai dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang bisa kami bagikan. Bagaimana? apakah kamu tertarik melakukan senam lantai? Jika kamu sangat menyukai senam, maka senam lantai lah yang bisa kamu jadikan pilihan. Hal ini karena senam lantai adalah senam tersimpel dan tidak membutuhkan banyak peralatan serta  banyak manfaat yang akan didapatkan untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA!

6 Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan yang Mudah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA