Mana yang Lebih Bagus, Hardisk Seagate Vs WD?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
seagate vs WD
Daftar Topik

Seagate vs WD – Hardisk merupakan suatu alat untuk menyimpan data dengan kapasitas yang sangat besar. Hardisk saat ini sudah banyak yang memproduksi dengan berbagai macam merk. Merk dari hardisk yang paling terkenal yaitu Seagate dan WD (western digital).  Kedua merk hardisk tersebut selalu saja dibuat sebagai bahan untuk membandingkan dan juga perdebatan. Hal ni karena dari kedua merk hardisk tersebut selalu saja bersaing untuk menghadirkan produk- produk terbaru  yang tentunya terbaik jika digunakan untuk mengakses berbagai macam data.

Nah, jika kamu ingin membeli hardisk dan bingung diantara kedua merk tersebut. Maka, sangat perlu diadakan review terkait Seagate vs WD ini. review dari kedua brand ini sangat perlu karena agar tahu mana produk yang paling bagus. Berikut ini kami akan menyajikan informasi tentang review Seagate vs WD.

seagate vs WD

Lalu Mana yang Lebih Bagus? Seagate VS WD ?

1. Dari Segi Kapasitas Penyimpanan

Review antara Seagate vs WD dari segi kapasitas penyimpanannya, WD adalah merk yang memiliki ruang penyimpanan sampai 2 TB. Produk dari WD yang mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 2 TB ini adalah Caviar Green. Dan jika dibandingkan dengan WD, Seagate ini kapasitas penyimpanannya lebih kecil dan tidak mampu menyaingi merk WD. Selain itu, dengan persaingan dimana kedua brand ini berlomba untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya, maka kedua brand ini juga bersaing untuk menghadirkan hardisk yang bisa hemat energy. Dan dari segi ini, brand Seagate ini masih kalah dengan WD. Hal ini karena WD masih bisa membuat hemat energy pada hardisk serta harga jualnya pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Seagate.

2. Dari Segi Penyimpanan Internal

Jika dilihat dari segi penyimpanan internal, antara kedua merk ini yaitu Seagate dan WD sama- sama memiliki keunggulan masing- masing. Dari kedua merk hardisk ini, keduanya sama- sama memiliki kapasitas penyimpanan internal dan juga kecepatan dalam mentransfer  data yang sangat tinggi. Keduanya mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

3. Dari Segi Penyimpanan Eksternal

Jika dilihat dari segi penyimpanan eksternalnya, kedua merk ini juga sama- sama tak bisa tertandingi. Penting sekali dalam memilih hardisk eksternal untuk memback up data serta untuk mobilisasi data-data antar perangkat. Untuk memilih hardisk eksternal, biasanya pengguna akan menimbang dari segi keamanan, kemampuan untuk konektivitas, serta kapasitas penyimpanannya. Nah, dari kedua merk hardisk ini mereka sama-sama memiliki  tingkat keamanan yang baik, kapasitas penyimpanan yang tinggi juga dalam konektivitas sangatlah cepat.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Secara Ampuh

4. Dari Segi Performa yang Ditawarkan

Selanjutnya review dari segi performa yang ditawarkan. Kedua merk hardisk tersebut sama- sama bersaing dalam menghasilkan performa yang terbaik. Banyak yang mengatakan bahwa Seagate itu mempunyai kecepatan yang sangat tinggi daripada WD. Akan tetapi, dari tingkat kecepatannya tersebut membuat Seagate itu jadi akan mudah panas daripada WD. Dan dalam segi waktu pemakaiannya, Seagate lebih unggul daripada WD. Hal ini karena Seagate ini bisa bekerja selama 24 jam dan untuk WD tidak.

5. Dari Segi Portabilitas Disetiap Produknya

Review jika dari segi portabilitas produknya, antara Seagate dan juga WD keduanya ini sama- sama menawarkan hardisk dengan ukuran yang bervariasi. Namun ukuran saku adalah ukuran yang paling banyak di cari. Dan kedua brand tersebut juga saling bersaing menghadirkan ukuran tersebut.  jadi kamu tinggal memilih sesuai selera saja.  Akan tetapi, jika dilihat dari segi konektivitas maka Seagate bisa dijadikan pilihan. Hal ini karena Seagate telah didukung dengan konektivitas firewire 800.  Dan jika dilihat dari keamanan, Seagate juga lebih unggul daripada WD.

6. Dari Segi Penggunaan Desktop

Jika dilihat dari segi penggunaan dekstopnya, hardisk WD lebih unggul jika dibandingkan dengan Seagate. Hal ini karena kapasitas  penyimpanan dari WD lebih besar yaitu mencapai 4 TB. Dan untuk Seagate itu menyediakan kapasitas penyimpanan hanya 2 TB saja. Dan jika dilihat dari segi kecepatan dalam mentransfer data tetap Seagate yang paling unggul.

Dari review diatas dapat disimpulkan bahwa jika kamu ingin membeli hardisk  namun dengan budget hanya memiliki budget yang sedikit maka WD bisa kamu jadikan pilihan. Jadi meskipun dengan low budget jika kamu memilih WD maka sudah mendapatkan kapasitas internal dengan performa yang sudah mumpuni. Dan jika kamu tidak ada keterbatasan budget, maka  Seagate bisa kamu jadikan pilihan. Hal ini karena Seagate memiliki performa yang sangat maksimal. Dan jika kamu hanya ingin mendukung mobilitas data melalui hardisk eksternal maka WD bisa dijadikan pilihan. Dan jika kamu mengutamakan dari segi kecepatan dan juga keamanan kamu bisa memilih Seagate.

Nah, itulah sedikit informasi tentang Seagate vs WD yang bisa kami bagiakan. Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah mengerti cara memilih hardisk yang bagus dan awet? Jadi, karena keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing-masing, maka sesuaikan dengan kebutuhan saat akan membelinya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA