Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Berikut 6 Penyebabnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
3 Gerakan Ini Bisa Redakan Sakit Pinggang
Daftar Topik

Pernah mengalami sakit pinggang sebelah kiri? Jika iya, maka Anda harus lebih berhati-hati karena itu bisa menjadi tanda dari adanya penyakit. Ada beberapa penyakit yang memiliki gejala seperti sakit pinggang, bahkan penyakit tersebut ada yang tergolong dalam penyakit berbahaya yang salah satunya adalah penyakit batu ginjal.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua sakit pinggang yang terjadi di bagian kiri merupakan tanda dari adanya penyakit berbahaya. Karena bisa saja ada faktor lain yang menyebabkan hal itu seperti tertekannya saraf, cidera fisik, penyempitan tulang belakang, dan terlalu melakukan aktivitas yang berlebih.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

3 Gerakan Ini Bisa Redakan Sakit Pinggang

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang antara lain dengan mengonsumsi obat di apotek, obat alami bahkan bisa dengan melakukan terapi. Untuk bisa mengonsumsi obat di apotek, Anda harus mendapatkan resep dari dokter. Karena obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri ini ada yang berdosis tinggi.

Obat alami yang dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit pinggang yaitu mengonsumsi jahe, senyawa capsaicin dan kunyit. Selain itu, ada juga cara alami seperti mengompres pinggang dengan air hangat dan juga bisa berendam di air hangat. Untuk terapi, ada beberapa terapi yang bisa dilakukan antara lain terapi invasif, terapi fisik dan terapi chiropractic.

Makanan yang Dikonsumsi Ketika Sakit Pinggang

Selain cara-cara alami yang bisa mengatasi penyakit pinggang pada bagian kiri, Anda juga bisa mengatasi penyakit tersebut dengan mengonsumsi beberapa makanan. Makanan yang dapat dikonsumsi yaitu buah, sayur-sayuran, makanan yang mengandung asam lemak omega-3, makanan dengan kandungan protein serta kandungan kalium yang tinggi.

Setiap makanan dengan kandungan tersebut memiliki manfaat yang bagus dalam kesehatan tubuh, terutama dalam mengatasi sakit pinggang pada bagian kiri. Jadi dalam mengatasi sakit pinggang tidak harus dengan mengonsumsi obat, melainkan bisa dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Sebagai Tanda Penyakit

Munculnya sakit pinggang sebelah kiri memang dapat dialami oleh seseorang akibat kelelahan ataupun cidera. Tetapi apabila sakit pinggang tersebut muncul secara tiba-tiba, maka Anda lebih baik segera periksa ke dokter. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda mengetahui penyebabnya, karena bisa saja penyebabnya adalah penyakit. Berikut beberapa penyakit yang diakibatkan karena adanya sakit pinggang pada bagian kiri.

1. Penyakit Pankreatitis

Obat Alami Pankreatitis Kronis. Memiliki tubuh yang sehat dan tidak… | by Sri Mulyani | Medium

Salah satu penyebab terjadinya rasa sakit pada pinggang sebelah kiri bisa jadi karena penyakit pankreatitis. Pankreatitis merupakan peradangan yang terjadi di daerah pankreas, yang biasanya akan terasa sakit apabila sedang mengonsumsi makanan. Penyakit ini memiliki gejala seperti denyut nadi menjadi cepat, berat badan menurun dan mual-mual.

2. Penyakit Iritasi Usus

9 Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar, Gangguan Maag yang Lebih Parah

Usus merupakan bagian penting dari sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh. Apabila dalam pencernaan otot-otot yang ada di usus besar mengalami kontraksi secara tidak teratur, maka dapat mengakibatkan terjadinya iritasi usus atau yang biasa disebut dengan irritable bowel syndrome. Salah satu gejala dari penyakit ini yaitu adanya rasa sakit pada bagian kiri pinggang.

3. Penyakit Kelainan Ginekologi

Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita yang Umum Terjadi - Alodokter

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya sakit pinggang pada bagian kiri yaitu kelainan ginekologi. Ginekologi merupakan kelainan berupa endometriosis dan fibroid yang terjadi pada rahim. Fibroid sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan adanya tumor pada dinding rahim, sedangkan endometriosis merupakan penyakit berupa pertumbuhan yang serupa dengan dinding rahim.

Baca Juga: Inilah Fungsi Titik Refleksi Kaki Untuk Pengobatan

4. Penyakit Infeksi Ginjal

9 Gejala Infeksi Ginjal yang Sering Tak Disadari Halaman all - Kompas.com

Gejala yang muncul akibat penyakit infeksi ginjal yaitu mual-mual, demam, sakit ketika buang air kecil dan juga rasa sakit pada pinggang bagian kiri. Infeksi ginjal merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya peradangan pada ginjal sebelah kiri. Penyakit ini dapat menjadi semakin buruk apabila para penderita sering melakukan pergerakan. Jadi, penderita infeksi ginjal memang disarankan untuk lebih banyak beristirahat.

5. Penyakit Radang Sendi Pinggul

Physical Therapy for Sciatica in El Paso, TX | El Paso, TX Doctor Of Chiropractic

Radang Sendi Pinggul merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya robekan kecil di sekitar jaringan pinggul. Penyakit ini terjadinya tepatnya di daerah jaringan sambung yang menghubungkan antara tulang yang ada di sekitar pinggul. Gejala yang diakibatkan penyakit ini yaitu rasa nyeri pada daerah pinggang bagian kiri.

6. Penyakit Batu Ginjal

Inilah Obat Alami Penyakit Batu Ginjal - RS Delimaasih Sisma Medika

Batu ginjal merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya pembentukan batu yang berasal dari zat-zat kimia di dalam ginjal. Penyakit ini dapat memberikan rasa sakit di pinggang yang luar biasa. Hal ini sesuai dengan penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa lembaga. Penyakit batu ginjal juga memiliki gejala lain seperti mual-mual, terdapat darah dalam urin dan  rasa sakit ketika buang air kecil.

Terjadinya sakit pinggang sebelah kiri memang bisa jadi sebuah gejala penyakit tertentu. Namun, tidak semua sakit pinggang pada bagian kiri dapat menjadi isyarat penyakit berbahaya. Karena ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan sakit pinggang seperti cedera fisik, otot tegang dan masih banyak lagi.

Mungkinkah Radang Usus Buntu Kambuh Kembali Setelah Operasi? Ini Jawabannya!

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP