Rumus Trapesium Siku-Siku Beserta Contoh Soalnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Gambar 1 Rumus Trapesium Siku
Daftar Topik

Rumus Trapesium Siku-Siku. Halo teman-teman. Untuk sesi kali ini  kita akan membahas mengenai bangun datar yang unik. Pertama-tama kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu bangun datar. Dari pengertiannya bangun datar sendiri adalah bangun yang terdiri dari dua dimensi, ini karena bangun datar hanya tersusun dari sebuah titik dan garis.  Di dunia ini memang banyak sekali bangun datar, ada segitiga, persegi, belah ketupat, layang-layang, jajar genjang, lingkaran, persegi panjang, dan juga trapesium. Nah bangun datar yang unik yang aku sebutkan tadi adalah trapesium, khususnya trapesium siku-siku. Disebut trapesium siku-siku karena salah satu sisi yang ada di trapesium ini tegak lurus menghubungkan garis atas dan bawah yang kemudian membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat.

Tahu nggak kenapa trapesium siku-siku itu unik? Ada yang bisa menebak? Yup, benar sekali, kalau kalian perhatikan trapesium siku-siku unik karena bangun datar yang satu ini, di dalamnya merupakan kombinasi bangun datar segitiga dan persegi. Oleh karena kalau kita lihat, trapesium siku-siku ini memiliki dua garis sejajar pada sisinya. 

Dari penjelasan singkat diatas, kita bisa mengetahui nih sifat-sifat yang dimiliki bangun datar trapesium, yaitu :

  1. Trapesium siku-siku adalah bangun datar yang memiliki 4 sisi (quadrilateral)
  2. Memiliki setidaknya 1 titik sudut yang tumpul
  3. Memiliki setidaknya 1 sudut yang lancip
  4. Memiliki dua sisi sejajar dengan panjang yang berbeda
  5. Memiliki dua sudut yang berbentuk siku-siku atau 90 derajat
  6. Memiliki 1 simetris putar
  7. Total keempat sudutnya adalh 360 derajat
  8. Terdapat 4 titik sudut

Nah sudah paham kan mengenai bagaimana trapesium siku-siku itu ? sekarang kita akan masuk ke pembahasan mengenai rumus-rumus untuk membantumu menghitung trapesium siku-siku, dari mulai mencari luas, keliling, tinggi, panjang tiap sisi, dan sebagainya. Untuk mempermudah pemahaman kalian, setiap rumus akan dilampirkan latihan soalnya loh. Untuk memahami rumusnya dengan lebih baik, kalian harus tahu terlebih dahulu setiap bagian yang dimiliki trapesium siku-siku ini. Simak baik-baik yah.

Gambar 2 Rumus Trapesium Siku

Rumus Luas Trapesium

Luas trapesium = ½ x (Panjang AB + Panjang CD) x t

Contoh soalnya : 

Gambar 3 Rumus Trapesium Siku

Trapesium berbentuk siku-siku ABCD dengan sisi AB sepanjang 13 cm dan sisi CD sepanjang 15 cm memiliki tinggi 7 cm, maka luas bangun datar tersebut adalah ?

Jawab : 

Luas trapesium ABCD  ½ x (13cm + 15cm) x 7cm = ½ x 28cm x 7cm

= 96cm

Rumus Keliling Trapesium Siku-siku

Keliling trapesium = AB + BC + AD + DC

Contoh Soalnya :

Gambar 4 Rumus Trapesium Siku

Sebuah trapesium siku-siku ABCD memiliki panjang AB 14 cm, AD 8cm, BC, 9cm, dan DC 16 cm. Coba hitung berapakah keliling trapesium siku-siku tersebut ?

Jawab :

Keliling trapesium siku-siku ABCD = 14cm + 9cm + 16cm + 8cm

= 47cm

Rumus Tinggi Trapesium Siku-siku

Apabila panjang kedua sisi sejajar dan sisi miring diketahui, dan kamu diminta untuk menentukan tinggi trapesium siku-siku ini, kamu dapat menggunakan rumus ini untuk menghitungnya.

Tinggi (t)= √BC2 – (DC-AB)2

Contoh soal :

Gambar 5 Rumus Trapesium Siku

Trapesium siku-siku ABCD memiliki panjang sisi AB 13 cm, DC 16 cm, dan BC 5 cm, tentukan tinggi yang dimiliki trapesium siku-siku tersebut 

Jawab :

T = √5cm2 – (16cm-13cm)2

= √5cm2 – 3cm2

= √25cm – 9cm

= √16cm = 4cm

Rumus Panjang AB atau sisi a

Sisi a (AB)= 2 x Lt-b 

Rumus pertama tersebut diperuntukkan untuk soal yang mana diketahui luas, tinggi, dan panjang sisi b nya. Selain rumus diatas, untuk mencari sisi a juga dapat dilakukan dengan rumus yang berbeda apabila informasi yang diketahui adalah keliling dan panjang sisi selain a, adapun rumusnya adalah sebagai berikut :

AB= keliling trapesium – CD – BC – AD

Contoh Soal :

  1. Sebuah Trapesium siku-siku ABCD memiliki luas 58cm2 dengan alas 16 cm dan tinggi 4cm. Tentukan panjang sisi AB

Gambar 6 Rumus Trapesium Siku

Jawab : Sisi a = 2 x 584-16 

= 1164 – 16

= 29 – 16 = 13cm

  1. Sebuah trapesium siku-siku ABCD memiliki keliling 22cm, dimana sisi AD adalah 4 cm, sisi BC 5cm, dan sisi DC 10 cm. Tentukan panjang sisi AB.

Gambar 7 Rumus Trapesium Siku

Jawab : AB = 22cm – 10cm – 5cm – 4cm

= 7cm

Rumus Mencari Sudut x Trapesium Siku-siku

Total keseluruhan sudut yang ada di trapesium siku-siku adalah 360°. Untuk mencari sudut yang tidak diketahui pun terbilang cukup mudah loh. Kamu sudah lebih terbantu karena terdapat 2 sudut yang sudah diketahui berbentuk siku-siku atau 90°. Setidaknya untuk mengetahui sudut x tertentu kamu memerlukan 3 sudut yang lainnya untuk diketahui. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

<a = 360° – (total ketiga sudut yang diketahui)

Contoh soal :

Gambar 8 Rumus Trapesium Siku

Sebuah trapesium siku-siku PQRS memiliki <Q 90°, <P 90°, dan <R 115°. Tentukan besar sudut x nya.

Jawab :

Sudut x = 360° – 90° – 90° – 115°

= 65°

Gambar 1 Rumus Trapesium Siku

Nah bagaimana teman-teman, cukup mudah bukan? Memahami bangun datar satu ini memang cukup mudah. Agar semakin lancar dalam mengerjakan kamu perlu banyak berlatih nih. Menghadapi berbagai jenis soal akan membuatmu semakin mahir dalam menyelesaikan soal-soal terkait trapesium siku-siku ini. Semoga rumus-rumus yang aku berikan bermanfaat dan membantumu semakin memahami trapesium siku-siku yah. Sampai ketemu ke pembahasan rumus lainnya yah. 

Baca juga:

Cara Buka Browser Tanpa Blokir Internet Positif di PC

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP