Rumus Rubik Piramid Mudah dan Cepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara memegang rubik piramid
Daftar Topik

Rumus rubik piramid. Jika biasanya rubik berbentuk kotak, kali ini kita akan mencoba bermain rubik piramid dengan metode layer by layer atau LBL. So, buat kamu yang baru membeli rubik piramid dan masih mencoba untuk menyelesaikannya, bisa nih lihat artikel ini sampai selesai.

Pada dasarnya jika kamu sudah bisa rubik 3×3, seharusnya tidak ada kesulitan berarti dalam menyelesaikan pyramid dengan metode LBL ini, terutama untuk baris pertamanya. Nah, untuk lebih detailnya, simak tutorial rumus rubik piramid berikut ini. 

Rubik piramid - cover

Notasi

Sebelum kamu bermain rubik piramid, kamu harus mengenal notasinya terlebih dahulu. Berikut akan ditunjukkan cara memegang piramid yang benar, terutama dalam metode LBL atau V First.

Nah, kamu bisa menggunakan notasi-notasi di bawah ini untuk menerapkan algoritma penyelesaian.

Notasi penyelesaian

Tahap pertama – membuat cross

Sebenarnya tidak benar-benar terdapat cross pada piramid, tapi supaya mudah diingat, kita namai saja tahap ini sebagai tahap untuk membuat cross. Caranya sama seperti di rubik 3×3. Pada tahap ini, kamu diharuskan untuk membuat bentuk seperti ini.

rumus rubik piramid Tahap 1 (1)

Jadi, satukan center dengan corner di salah satu sisi saja ya (terdapat 3 warna pada center dan cornercenter dan corner piramid bisa berubah arah, tetapi tidak bisa berpindah tempat).

rumus rubik piramid Tahap 1 (2)

Untuk jadi patokan, kamu pilih salah satu sisi yang terdapat 3 buah center yang memiliki warna sama, meskipun pada kondisi teracak, center dan corner piramid akan berubah arah, tetapi posisi center dan corner tidak berubah atau tidak berpindah, hanya berubah orientasi. Kamu tinggal memutarnya saja untuk menyamakan ketiga center-nya, seperti gambar yang ada di atas.

Tahap kedua – menyelesaikan lapisan pertama

Setelah kalian bisa membuat cross, letakan posisinya di bawah, seperti di rubik 3×3 ya. Berikut kasus pada penyelesaian first layer.

 

RUMUS: R’ L R L’

Tahap 2 rumus L R' L' R

RUMUS: L R’ L’ R

Tahap 2 rumus L' U L

RUMUS: L’ U L

Tahap 2 rumus R U' R'

RUMUS: R U’ R’

 

Pada tahapan ini layer pertama seharusnya sudah selesai, seperti di bawah ini. Lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap ketiga – menyelesaikan lapisan terakhir

Nah pada tahap ini yang membutuhkan hafalan rumus atau algoritma yang tidak terlalu banyak. Total ada 5 kasus yang mudah dihafal dan dieksekusi.

Tahap 2 rumus R' L R L'

KASUS 1 (FLIP)

RUMUS: L R’ L’ R U’ R U R’

rumus rubik piramid Tahap 3 kasus 1

KASUS 2 (Kasus Mirip PLL U(a))

RUMUS: R U R’ U R U R’

 

KASUS 3 (Kasus Mirip PLL U(b))

RUMUS: R’ U’ R U’ R’ U’ R

 

KASUS 4

RUMUS: L U R U’ R’ L’

 

KASUS 5

RUMUS: R’ U’ L’ U L R

Cara memegang rubik piramid

Nah, seharusnya kamu sudah bisa menyelesaikan piramid dengan metode LBL. Meskipun terlihat cukup rumit, tapi jika kamu mau menekuninya dan berlatih fingertrick dengan baik, kamu bisa menggunakan rumus rubik piramid ini untuk mencapai waktu rata-rata di bawah 5 detik. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

3 Cara Merubah Huruf Kapital di Excel Tanpa Rumus

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA