Rumus Rubik 5×5 Paling Mudah dan Praktis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Selesaikan bagian tengah rubik
Daftar Topik

Rumus rubik 5×5. Sudah terlalu sering bermain rubik 3×3? Perlu rubik yang lebih menantang lagi? Nah, kamu bisa nih coba bermain rubik 5×5. Rubik 5×5 ini dapat dikatakan cukup unik, namun banyak yang beranggapan bahwa rubik ini lebih mudah jika dibandingkan dengan rubik 4×4. Karena rubik dengan kelipatan ganjil seperti 3×3, 5×5, dan 7×7 pasti sudah memiliki pattern atau pola warna yang jelas (bagian tengah), sehingga hal tersebut cukup membantu dalam membentuk susunan warna.
Bermain cube rubik 5×5 ini bisa dikatakan mudah-mudah susah. Di sini kamu akan mendapatkan ringkasan cara menyelesaikan rubik ini. Bagi yang sudah mahir 3×3, maka itu sudah memangkas setengah langkah untuk menyelesaikan rubik 5×5.

Rumus Rubik 5x5 - cover

Rumus rubik 5×5

Hampir seluruh langkah awal untuk menyelesaikan rubik ini lebih menekankan pada logika, sisanya menggunakan rumus parity dan penyelesaian dengan 3×3. Jika dijabarkan dalam poin maka langkah-langkah sederhana dari cara cepat menyelesaikan rubik 5×5 adalah:

rumus rubik 5x5

  • Pertama, buat pola sama bagian tengah (3×3). Bagian tengah dengan dimensi 3×3 tersebut mencerminkan 1 bagian tengah dari rubik 3×3.
  • Kedua, buat pola sama pada bagian tiga edge dari setiap sisi-sisinya (gambar diatas).
  • Kuasai algoritma parity error pada rubiks 5×5.
  • Selesaikan sama seperti 3×3. Lalu selesai!

Jika dilihat dari point di atas, maka untuk poin pertama dan kedua murni bisa kamu lakukan dengan logika, ya semacam bolak balik putar putar seperti biasa. Nah justru yang perlu kamu ingat adalah saat bertemu keadaan atau parity yang membutuhkan algoritma untuk menyelesaikannya. Ada sekitar 10 algoritma yang perlu diketahui untuk rubik 5×5 ini, masing-masing langkah digunakan sesuai dengan pola yang kita temui.

Selesaikan bagian tengah rubik

Bila kondisi parity sudah dapat diatasi, maka sisanya tinggal melakukan algoritma 3×3 maka semua akan beres. Untuk itu, jika kamu ingin main rubik 5×5, maka sebaiknya lancarkan dulu bermain rubik 3×3 ya. Jika belum bisa, kamu bisa mencoba mulai menyelesaikan dan melancarkan rubik 3×3.

Nah kira kira itulah ringkasan cara menyelesaikan dengan menggunakan rumus rubik 5×5 ini. Semoga membantu ya. Yuk, dicoba dan berlatih supaya kamu semakin jago.

Baca juga:

Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA