Berikut Ini Rumus Rubik 4×4, Ayo Latihan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
rumus rubik 4x4 cover
Daftar Topik

Rumus rubik 4×4. Pernah bermain rubik? Kamu pasti tahu kan sebuah permainan teka-teki berbentuk kotak yang terdiri dari kotak-kotak kecik berbagai macam warna bernama rubik ini. Permainan ini akan memutar otak kamu untuk bisa menyamakan warna dari masing-masing sisinya. Seru banget kan pastinya?

Rubik yang biasa dimainkan oleh orang kebanyakan adalah rubik 3X3. Namun jangan salah, ternyata rubik ada bentuk yang lain juga lho, salah satunya adalah rubik 4X4. Rubik 4X4 tentu lebih rumit untuk menyelesaikannya. Tapi tenang aja, sekarang kamu bisa melihat rumus rahasia untuk menyelesaikan 4X4. 

Konsep Cara Mengerjakan Rubik 4×4

Sebenarnya untuk menyelesaikan rubik 4X4 ini gampang-gampang susah. Gampang untuk kamu yang sudah mengusai rubik 3X3 tapi susah kalau kamu belum mahir rubik 3X3. Untuk yang belum bisa rubik 3X3, kalian bisa pelajarin dulu dengan melihat tutorial atau artikel lainnya. Untuk kamu yang sudah mahir rubik 3X3 langsung aja kita bahas konsepnya.

Intinya, rubik 3×3 dan 4X4 memiliki konsep yang kurang lebih sama. Keduanya memiliki center, edge, dan corner. Lihat berikut ini.

1. Center

rumus rubik 4x4 Center

2. Edge

rumus rubik 4x4 Edge

3. Corner

rumus rubik 4x4 Corner

Inisial Rubik 4×4

Sebelum masuk ke rumus untuk menyelesaikannya, kita bahas terlebih dahulu tentang inisial-inisialnya ya. Kurang lebih sama aja seperti 3X3, tapi karena sisinya lebih banyak, jadi ada beberapa inisial tambahan. Berikut adalah inisial tambahannya:

  1. f = Front (sisi ke 2 dari depan) – Putar bagian ke-2 dari depan searah jarum jam.
  2. f’ = Front (depan) – Putar bagian ke-2 depan berlawanan arah jarum jam
  3. F2 = Front Double (2 sisi depan) – Putar 2 sisi bagian depan searah jarum jam.
  4. F2’ = Front Double (2 sisi depan) – Putar 2 sisi bagian depan berlawanan arah jarum jam.
  5. b = Back (sisi ke-2 belakang) – Putar bagian ke-2 belakang searah jarum jam.
  6. b’ = Back (sisi ke-2 belakang) – Putar bagian ke-2 belakang berlawanan arah jarum jam.
  7. B2 = Back Double (2 sisi belakang) – Putar 2 sisi bagian belakang searah jarum jam.
  8. B2’ = Back Double (2 sisi belakang) – Putar 2 sisi bagian belakang berlawanan arah jarum jam.
  9. r = Right (sisi ke-2 kanan) – Putar bagian ke-2 kanan searah jarum jam.
  10. r’ = Right (sisi ke-2 kanan) – Putar bagian ke-2 kanan berlawanan arah jarum jam.
  11. R2 = Right Double (2 sisi kanan) – Putar 2 sisi bagian kanan searah jarum jam.
  12. R2’ = Right Double (2 sisi kanan) – Putar 2 sisi bagian kanan berlawanan arah jarum jam.
  13. l = Left (sisi ke-2 kiri) – Putar bagian ke-2 kiri searah jarum jam.
  14. l’ = Left (sisi ke-2 kiri) – Putar bagian ke-2 kiri berlawanan arah jarum jam.
  15. L2 = Left Double (2 sisi kiri) – Putar 2 sisi bagian kiri searah jarum jam.
  16. L2’ = Left Double (2 sisi kiri) – Putar 2 sisi bagian kiri berlawanan arah jarum jam.
  17. u = Up (sisi ke-2 atas) – Putar bagian ke-2 atas searah jarum jam.
  18. u’ = Up (sisi ke-2 atas) – Putar bagian ke-2 atas berlawanan arah jarum jam.
  19. U2 = Up Double (2 sisi atas) – Putar 2 sisi bagian atas searah jarum jam.
  20. U2’ = Up Double (2 sisi atas) – Putar 2 sisi bagian atas berlawanan arah jarum jam.
  21. d = Down (sisi ke-2 bawah) – Putar bagian ke-2 bawah searah jarum jam.
  22. d’ = Down (sisi ke-2 bawah) – Putar bagian ke-2 bawah berlawanan arah jarum jam.
  23. D2 = Down Double (2 sisi bawah) – Putar 2 sisi bagian bawah searah jarum jam.
  24. D2’ = Down Double (2 sisi bawah) – Putar 2 sisi bagian bawah berlawanan arah jarum jam.

 

Rumus Rubik 4X4

Kali ini kita akan menggunakan warna putih untuk sisi bawahnya ya.

Tahap 1

Tahap pertama untuk menyelesaikan rubik 4×4 adalah menyelesaikan bagian centernya terlebih dahulu. Berbeda dengan rubik 3X3 yang centernya tetap dan tidak akan bisa berubah, rubik 4X4 bagian centernya harus dibuat terlebih dahulu.

Tahap 1

Posisi warnanya harus berurutan seperti ini ya. Bagian atas kuning, bawah putih, dan bagian tengahnya harus berurutan biru – merah – hijau – oranye, tidak boleh ada yang tertukar ya. Kalau salah, kamu tidak akan bisa menyelesaikan rubik 4X4 ini nantinya.

Kamu bisa memulai dengan center warna putih, kemudian letakkan center putih tersebut di sisi bagian bawah. Setelah itu kamu beralih menyelesaikan center berwarna kuning dan meletakkannya di sisi bagian atas. Setelah itu baru selesaikan center 4 sisi lainnya, ingat ya urutannya harus benar.


Tahap 2

Setelah menyelesaikan bagian center, kamu harus menyelesaikan bagian edgenya. Jadi semua edge harus dipasangkan sesuai pasangannya masing-masing seperti ini. Kamu bebas mau mulai menyelesaikan edge warna apa aja tapi setelah itu simpan edge yang sudah terpasang di sisi atas terlebih dahulu, kemudian sisi bawah, jika edge sisi atas dan bawah sudah berpasangan semua, kamu bisa menempatkannya di sisi-sisi lainnya.

Tahap 2

Tahap 3

Setelah center dan edge selesai, kamu bisa mulai menggunakan rumus rubik 3X3 seperti biasa. Diawali dengan membuat pola “+” di sisi bawah (warna putih). Tentunya di sisi yang tepat ya, dengan warna yang sesuai dengan bagian tengah sisi-sisi lainnya.

Tahap 3

Tahap 4

Setelah bagian bawah (putih) membentuk tanda “+” di sisi yang benar. Sama seperti rumus rubik 3X3, tahap selanjutnya adalah menyelesaikan sudut-sudut bagian bawah agar menjadi seperti ini.
Tahap 4
Tahap 5

Tahap selanjutnya adalah menyelesaikan layer 2 dan 3 sampai seperti ini, dengan cara meletakkan edgenya ditempatnya masing-masing ya. Rumus untuk tahap ini juga sama seperti rumus rubik 3X3.

Tahap 5

Tahap 6

Kalau diawal kita membuat tanda “+” pada sisi bawah (putih), pada tahap ini kamu membuat tanda “+” pada sisi atas (kuning). Kamu bisa menggunakan rumus yang sama pada rumus rubik 3X3.

Tahap 6 (1)Tapi pada rubik 4X4 akan ada kemungkinan yang tidak pernah terjadi di rubik 3X3. Misalnya seperti ini :

Tahap 6 (2)Kalau kamu menemukan kondisi seperti ini, kamu bisa menggunakan rumus ini: R2 R2 B B U U L2 U U R2’ U U R2 U U F F R2 F F L2’ B B R2’ Setelah itu sisi atas akan memiliki kondisi yang sama seperti rubik 3X3, disini kamu bisa langsung menggunakan rumus yang sama pada rumus rubik 3X3.

 

Tahap 7

Setelah melakukan tahap 6, kamu akan mendapatkan tanda “+” pada warna kuning, atau bahkan ada sisi-sisi pojok lain yang sudah terisi warna kuning juga. Selanjutnya kamu harus membuat semua sisi atas berwarna sama (kuning) seperti ini.

Tahap 7

Tahap 8

Sisi atas sudah sama, lalu selanjutnya adalah menyamakan sisi bagian kanan dan kiri pada layer 3 seperti ini ya. Seperti membentuk letter “U”, untuk bisa sampai tahap ini, kamu bisa menggunakan rumus yang sama degan rumus rubik 3X3.

Tahap 8

Pada tahap ini juga ada kemungkinan yang tidak akan terjadi pada rubik 3X3, yaitu 2 sisi sudah sama namun 2 sisi lainnya tertukar. Kondisi ini harus diselesaikan dengan rumus ini: r r U U r r U2 U2 r r U2 U2 U U. Setelah menggunakan rumus ini, kondisinya akan sama seperti yang terjadi pada rubik 3X3. Nah, kamu bisa lanjutkan dengan rumus rubik 3X3.

 

Tahap 9
Selesai

Ini dia tahap terakhir. Jika pada salah satu sisi terdapat yang warnanya sudah sama semua maka, letakkan sisi yang yang sudah memiliki warna yang sama di bagian depan dan gunakan rumus seperti rumus rubik 3X3 ya.Tapi, kalau belum ada yang sama, maka kamu bisa melakukan rumusnya di sisi yang mana aja. Pokoknya sama persis seperti rubik 3X3.

Selesai

Selesai deh! Gimana, seru kan? Biar semakin ahli, jangan lupa untuk menghapal dan terus berlatih dengan rumus rubik 4×4 ya.

Baca juga:

Penjelasan dan Rumus Interval Skala Likert

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP