Rumus Chord Piano Lengkap dan Tips Belajarnya

0
Rumus Chord Piano Lengkap dan Tips Belajarnya

Bermain alat musik mungkin bisa menjadi hobi seseorang.  Piano adalah salah stau dari sekian alat musik yang paling diminati oleh banyak orang.  Namun, juga masih banyak yang belum bisa cara memainkannya.  Alasannya mungkin mereka tidak punya waktu untuk belajar bermain piano.  Sebenarnya, jika suka dengan alat musik piano dan mahir dalam memainkannya akan menjadi suatu kebanggaan sendiri.

Nah, apakah kamu tidak akan ingin menjadi seseorang yang mempunyai keahlian bermain piano? Jika kamu ada kemauan untuk belajar bermain piano, maka itu bisa belajar secara otodidak loh. Jadi, kamu bisa belajar sendiri melalui rumus chord piano lengkap.  Untuk bisa blajar bermain piano, maka ada beberapa tips-tipsnya yang harus di ketahui. Nah, berikut ini kami akan membagikan tips belajar main piano dan pemahaman melalui rumus chord piano lengkap.

Tips Belajar Main Piano Melalui Rumus Chord Piano

Tips-tips Belajar Main Piano

Untuk bisa belajar main piano, tidak harus belajar dengan masuk ke kelas musik khusus piano. Namun, kamu bisa belajar sendiri, untuk belajar main piano kamu  harus ikuti tips- tips dibawah ini.

1. Belajar Untuk Mengasah Kemampuan Telinga

tips belajar untuk bisa bermain piano adalah yang pertama kamu harus belajar untuk mengasah kemampuan telinga. Dimana disini maksudnya adalah kamu harus mampu menghafalkan berbagai nada yang di timbul dari tuts- tuts piano. Pasalnya, di piano terdapat 88 tuts yang dengan jenis suara yang berbeda. Maka dari itu, kamu harus menajamkan suara telinga kamu untuk menghafalkan jenis- jenis suara yang ditimbulkan dari suara tuts piano tersebut.

2. Belajar Untuk Memahami Dasar dalam Bermain Piano

jadi, untuk belajar bermain piano kamu selain harus mengasah kemampuan telinga juga harus bisa memahami dari nada- nada dasar yang terdapat di piano. Dan untuk memulai belajar, kamu juga harus mencari sebuah posisi yang sangat pas dan juga nyaman untuk digunakan bermain piano.  Nada-nada dasar dalam piano yang harus kamu kenali adalah nada tengah, nada datar (untuk nada datar terdapat di tuts bagian kiri), nada tajam (terdapat di tuts bagian kanan), nada bas, nada tinggi. Kamu harus mendengarkan dan juga merasakan bagaimana bunyi-bunyi dari setiap tuts piano dan harus bisa membedakannya. 

3. Aturlah Posisi Duduk

Tips selanjutnya yaitu pengaturan posisi duduk saat akan bermain piano.  Jadi, dalam bermain piano itu terdapat posisi duduk yang bermacam-macam. Ada yang memainkan piano dengan posisi duduknya yang tegak, membungkuk dan bahkan ada juga yang posisinya jauh dengan pianonya. Jadi, disini kamu harus mengatur bagaimana posisi duduk yang akan membuat kamu nyaman dalam memainkan pianonya.

4. Mengatur Posisi Tangan

tips yang selanjutnya adalah kamu harus mengatur posisi tangan.  Untuk posisi tangan yang biasa digunakan oleh pemain piano yang mahir- mahir adalah dengan meletakkan jari-jemari dengan posisi terbaik diatas tuts-tuts piano. Tapi juga tidak dengan kondisi yang sangat tegang dan juga rapat.

5. Mengatur Posisi Lengan

Tips yang selanjutnya adalah mengatur posisi lengan. Di sini maksudnya adalah posisi lengan yang digunakan adalah dimana posisinya tidak akan mempengaruhi dari suara yang akan dikeluarkan oleh tuts- tuts piano. Jadi, kamu harus mengatur lengan dalam bermain piano supaya tidak akan mengeluarkan tenaga tambahan.

6. Belajar untuk Membaca Not Balok

tips yang selanjutnya adalah belajar untuk membaca not balok. Dari hal ini maksudnya adalah jika kamu sudah belajar dan bisa membaca not balok, maka kamu akan lebih mudah dalam mengetahui atau bahkan memahami dari susunan nada serta ,melodi dari musik yang dimainkan.

7. Mengulangi Satu Lagu Sampai Mahir

Dan tips yang terakhir adalah mengurangi satu lagi sampai mahir. Jadi, disini maksudnya adalah kamu dalam belajar main piano harus memulai untuk belajar membawakan satu lagu dan terus ulang-ulang sampai kamu mahir.

Rumus Chord Piano Lengkap

Jadi, untuk kamu yang ingin belajar piano  juga harus memahami rumus chord piano lengkap.  Rumus piano lengkap  itu penting untuk kamu pelajari juga  karena selain dari tips- tips tersebut rumus chord piano adalah dasar untuk bisa bermain piano.  Nah berikut  ini rumus chord yang perlu kamu ketahui.

1. Chord Dasar yang Terdiri dari 3 Not

Dalam satu chord dasar piano itu terdapat 3 not. Jadi, disini misalnya saja kamu berada di chord c maka dari chord tersebut terdiri dari C E , chord D terdiri dari not D F#A, chord Am terdiri dari A C E dan chord Bm terdiri dari B D F#

2. Empat Kunci di Nada Dasar C

Selanjutnya kamu juga harus belajar dengan menggunakan nada dasar C yaitu yang terdiri dari I, IV,V,VI. Hal ini karena dari nada dasar c ini akan sangat mudah dalam mempelajari piano.

Nah, itulah sedikit informasi tentang 90. tips belajar  main piano dan pemahaman melalui rumus chord piano lengkap yang bisa kami bagikan. bagaimana, sangat mudah bukan untuk belajar main piano? Jadi, kamu bisa belajar  sendiri tanpa harus ikut kelas musik.