Resep Sphagetti Aglio Olio Beserta Cara Pembuatannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
31320-spaghetti aglio olio
Daftar Topik

Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan dari Italia yang satu ini, yap spaghetti. Saat ini spageti aglio olio telah menjadi menu favorit di beberapa restoran. Selain rasanya yang enak, spaghetti juga bisa dinikmati kapan saja di cuaca yang bagaimanapun. Namun, bagaimana jika kita akan mencoba resep spaghetti aglio olio ini di rumah? Tentunya akan lebih menyenangkan bisa menyantap spaghetti buatan Anda sendiri.

Nah, spaghetti yang satu ini menggunakan bahan-bahan yang familiar loh. Jadi, Anda tidak perlu pusing untuk membuatnya. Selain itu, sesuai dengan namanya spaghetti aglio olio menggunakan bawang putih dan minyak zaitun untuk memperkuat rasanya. Untuk yang penyuka pedas juga bisa menambahkan taburan cabai kering di atasnya.

Mungkin dari segi tampilan, pasta yang satu ini memiliki warna yang kurang menggoda. Meski begitu pasta aglio olio ini disukai banyak orang. Bagaimana dengan Anda? apakah Anda juga termasuk penggemar pasta aglio olio? Jika iya, Anda sangat beruntung, karena kali ini kami akan membagikan resep spaghetti aglio olio yang mudah dan bisa dibuat di rumah.

Resep Spaghetti Aglio Olio yang Simple

Membuat spaghetti tidak sesulit yang dikira. Bahkan bisa dilakukan oleh yang tidak bisa memasak sekalipun. Kondimen yang dipakai pun sangat mudah untuk ditemukan, yaitu bumbu yang sudah biasa ada di dapur. Resep aglio olio berikut ini bisa Anda terapkan di rumah sebagai sarapan maupun santap siang.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Spaghetti kering sebanyak 250 g
  • Udang jerbung yang sudah dikupas 200 g (simpan cangkang)
  • Minyak zaitun 50 ml (Anda juga bisa menggunakan minyak sayur sebagai penggantinya)
  • Bawang putih 6 buah, cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Keju parmesan bubuk
  • 1 sdt merica hitam
  • 1 sdt bubuk paprika
  • Cabai merah 3 buah, iris tipis
  • 1 sdt peterseli yang sudah dicincang

Cara Membuat Spaghetti Aglio Olio

Setelah mengetahui beberapa bahan dasar di atas, langkah selanjutnya adalah memasak.

  1. Hidupkan kompor dan panaskan panci yang sudah diberi minyak zaitun secukupnya
  2. Rebus spaghetti kering ke dalam panci tersebut dengan menambahkan garam secukupnya, tiriskan
  3. Ambil kulit udah hasil kupas dengan segelas air, setelah mendidih tiriskan air tersebut untuk digunakan sebagai kaldu
  4. Ambil penggorengan dan beri sedikit minyak
  5. Masukkan bawang putih, tumis hingga mengeluarkan bau harum
  6. Setelah harum, masukkan cabai yang sudah diiris tipis, bubuk paprika, serta udang yang sudah dikupas sebelumnya ke dalam penggorengan
  7. Masak hingga semua bahan bercampur dan udang matang
  8. Ambil pasta yang sudah dimasak sebelumnya dan masukkan ke dalam tumisan bumbu dan udang tersebut, aduk rata
  9. Tuangkan beberapa sendok kaldu udang, parmesan bubuk, serta garam
  10. Aduk rata kemudian cicipi, jika dirasa sudah pas segera matikan kompor dan sajikan

Resep spaghetti aglio olio di atas dibuat untuk dua porsi makan. Anda bisa membuat lebih sedikit atau lebih banyak dari porsi tersebut dengan mengurangi atau menambah bumbu yang harus dimasukkan ke dalam masakan.

Tips Memasak Spaghetti Aglio Olio

Setelah kita membahas mengenai resep spaghetti aglio oglio seperti di atas. Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui seputar memasak spaghetti. Kira-kira apa saja ya tipsnya?

1.  Jangan tambahkan minyak zaitun

Mungkin ada yang berpendapat memasukkan minyak zaitun ke dalam rebusan mie akan membuat spaghetti tersebut tidak lengket. Padahal merebus spaghetti dengan menambahkan minyak zaitun akan membuat saus spaghetti tidak bisa menyatu dengan mie tersebut.

2. Estimasi waktu yang tepat

Anda tidak ingin bukan spaghetti yang anda buat terlalu keras sehingga mie tersebut menjadi tidak matang. Nah, untuk itu ketika air sudah mendidih anda bisa membuka tutup panci dan mematikan kompor. Segera masukkan spaghetti ke dalam panci dan tutup. Tunggu dalam waktu 7 menit.

3. Memberi garam

Agar memiliki cita rasa yang enak, saat merebus spaghetti pastikan Anda menambahkan sedikit garam. Tambahkan garam sekitar setengah sendok teh ke dalam air sebelum spaghetti dimasukkan.

Banyak orang yang mengira bahwa pasta aglio olio ini sangat terkenal seperti pasta bolognese ataupun carbonara. Faktanya, pasta yang hanya terbuat dari tiga bahan dasar ini tidak semua Negara menyukainya. Sebut saja Amerika yang lebih menyukai pasta bolognaise daripada aglio olio.

Bagaimana? Setelah menyimak resep spaghetti aglio olio di atas, tidakkah Anda tertarik untuk membuatnya di rumah. Bahannya mudah didapat dan cara mengolahnya juga simple. Apalagi jika di saat cuaca yang dingin seperti ini, menyantap pasta dengan keadaan hangat sangatlah menyenangkan. Tunggu apalagi segera kreasikan masakan Anda dan sajikan untuk keluarga tercinta, bagikan pengalaman Anda setelah mencoba resep di atas. Semoga berhasil para chef di rumah.

BACA JUGA!

7 Cara Membuat Es Buah Segar Untuk Takjil Buka Puasa

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA