Resep Pempek Asli Palembang yang Enak dan Praktis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
pempek-palembang-825x510[1]
Daftar Topik

Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang bijinya banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan. Selain sebagai bumbu dan obat-obatan tradisional, biji kemiri juga digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak kemiri. Cara untuk membuat minyak kemiri pun cukup mudah karena kita bisa melakukannya sendiri di rumah yang tentunya dengan cara yang tradisional.

Di Indonesia, kemiri dikenal dengan beberapa macam nama. Orang sunda menyebut kemiri dengan nama muncang, orang jawa menyebutnya derekan atau pidekan, orang batak menyebutnya kembiri dan masih banyak nama lainnya tergantung pada daerah masing-masing. Sebelum membahas mengenai cara membuat minyak kemiri, berikut merupakan manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan minyak kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri

Menghitamkan Rambut

Manfaat paling besar yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan minyak kemiri adalah rambut yang hitam. Selain itu, rambut kamu juga akan terlihat semakin berkilau sehingga kamu akan tampak cantik dan elegan. Khasiat minyak kemiri ini dapat dirasakan oleh semua jenis rambut baik lurus maupun keriting.

Mencegah Kerontokan

Jika kamu sering mengalami masalah rambut rontok dan mudah patah, maka kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengobatinya. Hal ini dikarenakan kemiri memiliki kandungan protein dan mineral yang cukup tinggi, sehingga dapat memperkuat akar rambut kamu. Jika akar rambutnya sudah kuat, maka dapat dipastikan bahwa kerontokan tidak akan terjadi lagi.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Masalah rambut rontok memang sangat tidak diinginkan oleh semua orang terutama para wanita, karena rambut yang rontok akan membuat rambut menjadi tampak tipis bahkan bisa saja terjadi kebotakan di bagian kepala. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu sehingga akan menutupi kebotakan yang disebabkan oleh kerontokan tersebut.

Menjadikan Rambut Lebih Tebal

Setelah rambut kamu tidak mengalami masalah kerontokan lagi, maka efek selanjutnya yang akan kamu dapatkan jika masih menggunakan minyak kemiri secara rutin adalah rambut yang akan menjadi lebih tebal. Selain itu, rambut juga akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Mencegah Uban

Kemunculan uban pada usia lanjut memang merupakan hal yang sangat wajar. Akan tetapi, jika hal tersebut dialami oleh seseorang yang masih berusia muda maka tentu saja akan merusak penampilan. Oleh karena itu, minyak kemiri juga dapat kamu gunakan untuk menghitamkan kembali rambut yang telah beruban dan mencegahnya untuk datang kembali.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Setelah mengetahui manfaat yang dihasilkan minyak kemiri, kamu pasti akan menjadi lebih bersemangat untuk membuatnya. Cara membuat minyak kemiri ini tidaklah sulit karena kamu hanya perlu melakukannya secara tradisional. Selain itu, bahan yang digunakannya pun bisa kamu dapatkan di warung-warung biasa. Berikut merupakan langkah-langkah membuat minyak kemiri.

Bahan:

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan minyak yang ingin dihasilkan
  • Air putih

Cara membuat:

  • Haluskan biji kemiri

Cucilah biji kemiri terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian tumbuk kasar biji kemiri tersebut. Kamu dapat menumbuknya atau bisa juga menggunakan blender agar lebih mudah. Jika kamu menumbuknya, maka tumbuklah sampai menjadi agak halus agar mudah untuk disaring. Sedangkan jika kamu menggunakan bleder, makan tambahkan air secukupnya pada biji kemiri yang akan diblender. Tapi jangan sampai memblendernya hingga halus seperti cairan.

  • Saring santannya

Setelah kemiri selesai dihaluskan, kamu harus menyaringnya. Untuk menyaringnya kamu dapat melakukannya dengan cara mencampurkan kemiri yang telah dihaluskan dengan air secukupnya kemudian peras hingga keluar sari-sarinya.

Jika hasil tumbukan atau blenderan terlalu halus, kamu dapat menyaringnya dengan menggunakan kain. Setelah selesai diperas, kemudian saring sari kemiri agar tidak tercampur ketika dididihkan.

  • Didihkan hingga menjadi minyak

Setelah sari kemiri bersih, maka proses selanjutnya adalah memasaknya. Kamu dapat melakukannya dengan cara memasukkannya ke dalam wajan dan membiarkannya hingga mendidih. Jangan lupa untuk selalu mengaduk sari kemiri agar proses penguapannya sempurna.

Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama sehingga kamu harus sabar menunggunya dengan terus mengaduk sari kemiri hingga airnya menguap dan hanya tersisa minyaknya saja.

  • Peras dan masukkan ke dalam botol

Setelah melalui proses penguapan, diamkan minyak kemiri hingga dingin. Kemudian masukkan minyak kemiri yang sudah jadi ke dalam botol agar kamu dapat menggunakannya dengan mudah untuk pemakaian sehari-hari.

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari minyak kemiri ini, kamu harus menggunakannya secara rutin. Kamu dapat mengaplikasikannya dengan cara mengoleskannya setiap pagi pada rambut kamu dengan menggunakannya sebagai masker rambut 1 jam sebelum keramas. Agar lebih meresap dengan baik, kamu dapat memijat kulit kepala kamu secara perlahan. Selain itu, kamu bisa menggunakannya di malam hari dan membersihkannya di pagi hari.

Jika dibandingkan dengan perawatan rambut di salon maka tentu saja perawatan menggunakan minyak kemiri ini jauh lebih murah, sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran bulanan kamu. Jika kamu tidak mau repot membuatnya, kamu bisa membelinya di toko kecantikan atau bahkan di pasaran.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dan cara membuat minyak kemiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP