6 Prospek Kerja Ilmu Hukum yang Wajib Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Jurusan Ilmu Hukum
Daftar Topik

Prospek kerja ilmu hukumMasuk ke dunia kerja merupakan tujuan dari semua mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di universitas. Namun, masih banyak mahasiswa yang bingung dengan bidang pekerjaan yang akan digeluti setelah lulus nanti. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu sudah mengetahui prospek kerja yang akan digeluti setelah lulus dari universitas.

Ilmu hukum merupakan jurusan yang banyak sekali diminati oleh para calon mahasiswa. Selain bidang pekerjaannya jelas, prospek kerjanya juga cukup beragam. Mungkin masih banyak sekali yang berpikir bahwa lulusan jurusan ilmu hukum hanya menjadi seorang pengacara. Tentu saja itu tidak sepenuhnya salah, namun selain pengacara, masih banyak sekali prospek kerja ilmu hukum yang bisa kamu geluti setelah lulus kuliah.

Penjelasan Tentang Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum merupakan studi yang mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Pada jurusan ilmu hukum, kamu akan belajar mengenai perundang-undangan, termasuk di dalamnya hukum-hukum dasar, seperti konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, dan hukum tata pidana, hingga hukum internnasional dengan cakupan yang luas. 

Pada akhir masa perkuliahan, kamu biasanya akan dituntut untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang telah kamu peroleh selama kuliah melalui magang di berbagai fima hukum, Lembaga pengadilan, dan juga kantor kejaksaan. 

Mahasiswa yang lulus dari jurusan ilmu hukum ini diharapkan bisa menguasai dengan baik hukum dan system hukum yang berlaku di Indonesia. Selain itu juga diharapkan untuk mempunyai keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum, peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat. Selain itu juga kamu dituntut untuk bisa mengenali dan menganalisis permasalahan hukum, serta mampu untuk menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan permasalahan hukum. 

Prospek Kerja Ilmu Hukum yang Bisa Kamu Geluti

Masih banyak sekali yang berpikir, kalua kuliahnya jurusan ilmu hukum, nanti kerjanya pasti jadi Pengacara. Memang benar salah satu prospek karir sarjana hukum itu adalah menjadi seorang Pengacara. Namun tidak hanya menjadi Pengacara, masih banyak profesi-profesi lainnya yang bisa kamu geluti setelah lulus dari jurusan ilmu hukum. Apa saja profesi tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. Pengacara

prospek kerja ilmu hukum - Pengacara

Profesi Pengacara merupakan profesi yang paling banyak digeluti oleh lulusan jurusan ilmu hukum. Seorang Pengacara dapat bekerja secara perseorangan atau pada Lembaga hukum. Bekerja pada firma hukum biasanya menjadi pilihan para lulusan baru yang ingin mengawali dan membangun karirnya.

Terlepas dari dimana ia bekerja, Pengacara berperan sangat penting bagi setiap kliennya. Karena Pengacara lah yang akan melayani konsultasi dan membela hak klien, sekaligus mengajukan negosiasi dan tuntutan secara hukum pada pihak yang terkait, klien, dalam hal ini yakni bisa perusahaan, atau perorangan. 

2. Jaksa

Jika pengacara merupakan profesi yang berada di sektor swasta, maka jaksa merupakan profesi dengan status ASN atau Aparatur Sipil Negara. Seorang Pengacara akan membela kliennya di ruang siding, sedangkan jaksa akan bertindak sebagai pihak penuntut dan menyampikan dakwaan. 

Tidak hanya berhadapan dengan pengacara saja, tugas seorang jaksa, namun pada keadaan dimana seseirang tidak mampu membayar pengacara, jaksa juga bisa bertindak seperti pengacara sebagai jaksa pengacara negara. 

3. Hakim

prospek kerja ilmu hukum - Hakim

Profesi yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. Hakim memiliki peran penting dalam sebuah sidang, yaitu memimpin jalannya persidangan. Hakim juga bertugas membuat keputusan akhir atas kasus yang disidangkan. Profesi ini memerlukan kredibilitas dan integritas yang tinggi, mengingat begitu pentingnya peran hakim dlaam penerapan hukum. 

4. Notaris

notaris

Untuk bisa menjadi seorang notaris, kamu harus melanjutkan Pendidikan S2 kenotariatan. Buat kamu yang suka bekerja secara mandiri, profesi yang satu ini cukup menarik, karena memungkinkan kamu unutk membuka praktik sendiri. 

Tugas dari seorang Notaris adalah membuat dokumen atau akta tentang suatu ketetapan tertentu seperti, pendirian Yayasan, kepemilikan tanah, dan lain sebagainya. Selain itu, Notaris juga bertanggung jawab dalam memastikan tanggal akta dibuat hingga menyimpan akta, Salinan, dan kutipannya. 

5. Staf Legal

prospek kerja ilmu hukum - legal

Seorang staf legal dibutuhkan oleh perusahaan, bank, rumah sakit, start up, maupun Lembaga-lembaga yang lainnya. Profesi sebagai staf legal berkaitan dengan persoalan-persoalan hukum maupun kepengurusan berbagai berkas penting seperti surat perjanjian, kontrak kerja, dokumen asset, dan lain sebagainya. 

Peran penting staf legal lainnya adalah mengawasi dan memastikan kegiatan perusahaan atau Lembaga sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar kegiatannya dapat berjalan tanpa adanya kendala. 

6. Staf HRD

prospek kerja ilmu hukum - Staf HRD

Bagian personalia ternyata tidak hanya ditempati oleh para lulusan psikologi, namun juga ilmu hukum. Lulusan ilmu hukum juga dibutuhkan di HRD, apapun jenis perusahaanya. Peran lulusan ilmu hukum diperlukan terutama dalam membuat dan melakukan evaluasi peraturan ketenagakerjaan hingga kontrak kerja karyawan.

Sarjana hukum pada bagian HRD juga berperan dalam menguraikan ketentuan hukum yang menyangkut karyawan, seperti asuransi ketenagakerjaan dan kesehatan. Hal tersebut karena banyak ketentuan yang menyangkut ketenagakerjaan yang diatur dalam Undang-undang, dan staf HRD dengan pengetahuan hukum yang baik bisa menghindarkan perusahaan dari potensi masalah di kemudian hari. 

Itu dia prospek kerja ilmu hukum yang bisa pilih setelah lulusan dari perkuliahan. Di manapun kamu akan bekerja, tetaplah melakukan yang terbaik dan aplikasikan semua ilmu yang kamu dapatkan selama Pendidikan kamu. Dengan demikian, kamu akan bisa mendapatkan karir yang bagus dan terus meningkat. Semoga bermanfaat ya. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP