Prospek Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan

0
2720 Komunikasi Pahamify
Source: Pahamify

Prospek Ilmu Komunikasi – Dunia kerja yang semakin dinamis membuat sistem pendidikan mengalami perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu. Salah satu bukti perkembangan tersebut adalah munculnya berbagai macam jurusan pada sekolah menengah atas serta universitas. Hal ini membuat lulusannya mendapat prospek kerja yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dunia modern saat ini.

Salah satu jurusan perkuliahan yang saat ini populer adalah, ilmu komunikasi. Prospek ilmu komunikasi di dalam dunia kerja sangat luas, sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang untuk memperdalam pendidikan di bidang ilmu komunikasi. Seorang lulusan ilmu komunikasi sangat berpeluang besar untuk bekerja dalam bidang jurnalistik danĀ  periklanan karena keahlian yang dibutuhkan sangat relevan dengan jurusan tersebut.

Di era yang semakin modern ini, seorang lulusan bidang komunikasi bisa mendapatkan kesempatan kerja yang lebih luas bahkan di berbagai bidang. Karena, komunikasi menjadi salah satu aspek penting yang dibutuhkan di dalam semua jenis pekerjaan. Berikut beberapa prospek ilmu komunikasi dalam berbagai bidang yang bisa dijadikan salah satu bahan referensi untuk mencari peluang kerja.

Hubungan Masyarakat atau Public Relation


2720 Public Relation Humas Indonesia
Source: Humas Indonesia

Prospek ilmu komunikasi sangat sesuai di dalam bidang humas atau biasa disebut dengan public relation. Bidang pekerjaan tersebut mengandalkan kemampuan berkomunikasi untuk membentuk kerjasama dengan klien. Seperti yang diketahui, ilmu komunikasi merupakan salah satu bidang pendidikan khusus yang memperdalam dunia komunikasi serta cara-cara yang diperlukan agar bisa membangun komunikasi dengan orang lain.

Seorang public relation mempunyai peran untuk membawa perusahaan atau instansi tertentu untuk lebih dikenal masyarakat luas, oleh sebab itu di dalam menjalankan tugasnya membutuhkan kepandaian dalam berbicara serta menulis agar bisa mendukung kegiatan berkomunikasi dengan lebih efektif dan menarik sehingga membuat lawan bicaranya menjadi terkesima.

Prospek Ilmu Komunikasi sebagai Sales


2720 Sales MyVenture
Source: MyVenture.co

Prospek dari ilmu komunikasi yang tidak kalah menarik berikutnya adalah sales. Sales juga biasa juga disebut dengan istilah sales agent, account executive atau sales representative. Tugas dari seorang salesman sendiri yaitu menawarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Di dalam bidang pekerjaan ini, dibutuhkan keahlian networking yang handal. Selain itu, diperlukan juga jiwa sosial dan empati agar siap menghadapi klien dengan aneka latar belakang.

Selain itu, kandidat sales juga dituntut untuk bisa adaptasi dengan orang dan lingkungan baru, mempunyai target-driven dan yang tidak kalah penting mempunyai kemampuan komunikasi yang dinamis.

Prospek Ilmu Komunikasi sebagai Copywriter


2720 MoneyMagpie Copywriter
Source: MoneyMagpie

Keahlian berbicara dan menulis yang didapatkan oleh seorang lulusan komunikasi bisa berpeluang untuk bekerja di bidang copywriting. Seorang copywriter bertugas untuk mempromosikan sebuah jasa atau barang dari perusahaan atau instansi dengan cara membuat tulisan yang menarik, singkat, padat serta jelas.

Apabila kamu adalah seorang lulusan di bidang ilmu komunikasi serta mempunyai bakat menulis, maka bidang pekerjaan copywriting sangat patut untuk dicoba. Hal ini bisa menghasilkan pendapatan yang menjanjikan apabila berhasil menyajikan sistem promosi bagus dengan konten unggulan.

Media


2720 Media Reporter The Broadcast Bridge
Source: The Broadcast Bridge

Pada umumnya, jurusan ilmu komunikasi membentuk lulusannya agar siap berkarir di sebuah perusahaan dalam bidang media. Hal ini dikarenakan, media merupakan salah satu prospek unggulan yang ditawarkan oleh ilmu komunikasi. kriteria yang dibutuhkan untuk bisa berkarir pada media yaitu, harus mempunyai kemampuan komunikasi secara dinamis sesuai dengan audiens sehingga bisa melihat dan menguraikan informasi dalam berbagai bentuk.

Di dalam perusahaan media ada berbagai posisi yang bisa dijadikan peluang oleh para lulusan ilmu komunikasi yaitu, divisi sosial media, broadcasting, public relations, kreatif, cameraman, reporter online hingga marketing. Saat ini, di dalam jurusan ilmu komunikasi bukan hanya menitikberatkan pada pembelajaran mengenai komunikasi saja loh. Adapula pembekalan IT agar menjadi lulusan unggul dengan keterampilan informatika yang memadai.

Marketing


2720 Marketing Kompasiana
Source: Kompasiana

Ilmu komunikasi juga sangat berperan penting untuk mencetak marketing-marketing handal. Para ahli marketing ini nantinya bisa membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang. Marketing menjadi salah satu prospek yang cukup menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi karena sistem kerjanya menuntut untuk mempromosikan barang atau jasa pada pasar yang tepat.

Selain pandai dalam hal komunikasi, pekerjaan di bidang marketing juga mengharuskan para pegawainya untuk bisa bekerja sama dalam tim. Beradaptasi dengan orang-orang baru karena di dalam menjalankan tugasnya pasti akan bertemu dengan lebih banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda.

Youtuber


Source: Youtube

Keahlian dalam bidang komunikasi yang di dapatkan saat berkuliah di bidang tersebut, juga bisa dijadikan salah satu komponen apabila ingin menjadi Youtuber atau travel blogger. Saat ini, banyak orang yang menjadikan Youtube menjadi salah satu sumber penghasilan karena jika berhasil membuat banyak konten menarik dan mendapatkan banyak subscriber atau viewer maka akan mendapat royalti dari pihak Youtube.

Untuk membuat sebuah video content yang menarik bagi viewers, tentunya harus mengandalkan kreativitas. Tak luput pula kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan ini berguna agar pesan di dalam video bisa tersampai dengan jelas. Sehingga konten yang telah dibuat dapat dicerna dengan baik. Serta, viewerpun akan enjoy dalam menyaksikannya.

Event Organizer atau EO


2720 Event Organizer Jasa Event Organizer
Source: Jasa Event Organizer

Event organizer atau biasa disebut dengan EO merupakan salah satu prospek dari ilmu komunikasi yang bisa digeluti oleh para lulusan dalam bidang ilmu komunikasi. Menjadi seorang EO, tentunya harus mempunyai kemampuan komunikasi dinamis agar bisa menghadapi klien dengan tepat dan cerdas.

Selain itu, kemampuan komunikasi juga sangat dibutuhkan untuk melakukan kerjasama dengan vendor serta klien sehingga bisnis bisa berjalan lancar dan semakin berkembang. Sistem kerja EO adalah mengurusi detail dari sebuah acara mulai dari perencanaan serta pelaksanaan. Oleh sebab itu dibutuhkan ketelatenan serta jiwa adaptasi yang kuat agar bisa menjalankan tugas dengan optimal.

Sedikit ulasan mengenai prospek ilmu komunikasi tersebut. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan serta menjadi salah satu bahan referensi bagi kamu yang lulus dari bidang ilmu komunikasi. Merencanakan kariek kedepannya pun bisa lebih matang.

BACA JUGA!

Beberapa Syarat Masuk Jurusan Psikologi yang Wajib Dipenuhi