Persepsi: Pengertian, Jenis, dan Proses Terjadinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
persepsi - cover
Daftar Topik

Pernah mendengar istilah persepsi? Tahukah kamu apa sebenarnya persepsi itu? Persepsi merupakan tindakan menyusun, mengenali dan menafsirkan sebuah informasi sensoris untuk memberikan pemahaman serta gambaran tentang suatu lingkungan. Dalam menyusun, mengenali hingga menafsirkan, kamu bisa menggunakan penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, penghayatan serta perasaan yang pada nantinya akan menghasilkan penggambaran penuh makna mengenai dunia.

Nah secara singkat, dapat dikatakan sebagai proses kognitif kompleks yang dapat menghasilkan gambaran keunikan dunia yang cukup berbeda dengan realitanya. Persepsi juga terbagi ke dalam beberapa jenis yang penting untuk kamu ketahui. Selain itu, tentu juga memiliki suatu proses yang juga perlu diperhatikan.

Nah, supaya lebih paham, simak yuk penjelasan mengenainya berikut ini.

Pengertian Persepsi

pengertian persepsi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, persepsi ialah suatu proses kognitif kompleks guna menghasilnya gambaran keunikan dunia yang memang cukup berbeda dengan realitanya. Ini juga bisa dijelaskan sebagai sebuah interpretasi yang berasal dari suatu situasi dan bukan ‘rekaman situasi’. 

Secara harfiah, persepsi adalah suatu kesan yang diperoleh seseorang dari panca inderanya. Kemudian nantinya kesan tersebut akan dianalisa atau diorganisir, diintepretasikan serta dievaluasi. Individu tersebut kemudian akan mendapatkan makna. Sebenarnya seseorang butuh yang namanya pengalaman untuk mendapati persepsi. Ini dapat kamu pelajari melalui interaksi dengan lingkungan.

 Perlu diketahui bahwa ini tidak hanya bergantung pada rangsangan fisik saja, namun juga tergantung pada rangsangan sekitar dan kondisi yang ada pada seseorang. Selain itu, ini sudah muncul sejak kita masih kecil. Hal ini didapati dari proses interaksi dengan manusia lainnya yang kita lakukan.

Baca Juga: 10 Komponen Komunikasi, Sudah Tahu?

Jenis Persepsi

jenis persepsi

1. Visual

Yakni yang didapatkan dari indera penglihatan atau mata. Merupakan yang paling awal berkembang ketika kita masih bayi dan mampu memengaruhi bayi serta balita guna memahami dunianya. Persepsi visual merupakan hasil dari apa yang kita lihat. Dalam artian, baik sebelum kita melihat atau masih membayangkan serta sesudah melakukan pada objek yang dituju.

2. Perabaan

Perabaan yang merupakan dari indera perabaan yakni kulit. Seseorang dapat mempersepsikan sesuatu dari apa yang telah disentuh olehnya atau akibat terjadinya persentuhan sesuatu dengan kulit.

3. Auditori atau pendengaran

Auditoria atau pendengaran, merupakan yang didapatkan dari indera pendengaran yakni telinga. Seseorang dapat mempersepsikan sesuatu dari apa yang sudah didengarkannya melalui telinga masing-masing.

4. Pengecapan atau rasa

Pengecapan atau rasa merupakan jenis yang didapatkan seseorang dari indera pengecapan yakni lidah. Seseorang dapat mempersepsikan sesuatu dari apa yang sudah diecap atau rasakan sebelumnya.

5. Penciuman

Penciuman, yang didapatkan dari indera penciuman yakni hidung. Kamu akan bisa mempersepsikan sesuatu dari apa yang sudah dicium melalui hidung.

Proses Terjadinya Persepsi

Persepsi dapat terjadi melalui suatu alur. Menurut Walgito (1989) alur proses dari terjadinya persepsi awalnya dari sebuah objek yang dapat menimbulkan rangsangan dan pada nantinya mampu mengenai alat indera atau reseptor. Proses kealaman atau fisik merupakan nama dari proses tersebut. Lalu rangsangan yang diterima alat indera seseorang akan dilanjutkan oleh syaraf sensoris menuju ke otak. Proses tersebut dinamakan proses fisiologis. 

Kemudian terjadi proses di dalam otak manusia yang pada nantinya membuat individu mampu menyadari apa yang telah diterima dengan reseptor tersebut sebagai suatu rangsangan. Proses psikologis merupakan proses yang terjadi dalam otak atau pusat kesadaran tubuh. Terakhir adalah proses persepsi, di mana seseorang akan menyadari tentang apa yang sudah diterimanya melalui reseptor atau alat indera yang dimilikinya.

Bagaimana sudah paham mengenai apa itu persepsi? Jangan salah lagi ya dalam menggunakan istilah ini ke depannya.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP