8 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Rimba Baca
Daftar Topik

Perpustakaan di Jakarta. Di tengah gemerlapnya kehidupan kota Jakarta, ternyata masih banyak tempat-tempat yang sunyi dan hening yang cocok untuk kamu menyendiri membaca buku, yaitu perpustakaan. Di Jakarta terdapat beberapa perpustakaan yang menawarkan berbagai koleksi buku yang syarat akan ilmu dan hiburan. Ada yang menganggap perpustakaan sebagai tempat mencari ilmu, namun ada juga yang menganggap perpustakaan sebagai tempat mencari hiburan. Tidak heran jika perpustakaan memiliki kalangan tersendiri yang mengunjunginya. 

Perpustakaan di Jakarta

perpustakaan di jakarta

Kehidupan perkotaan ternyata masih menyuguhkan kesenangan tersendiri bagi kamu yang gemar dengan buku dan baca. Ada yang berbentuk sebuah perpustakaan, ada pula yang berbentuk café buku. Untuk mengikuti perkembangan jaman, kini perpustakan juga dibuat dengan sedemikian rupa agar bisa menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Berikut ini beberapa perpustakaan di Jakarta yang menarik dan unik, yang wajib kamu kunjungi untuk membaca buku, antara lain:

1. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kuningan

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kuningan

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta berada di salah satu pusat bisnis Jakarta, yang ramai akan kegiatan bisnis masyarakat ibukota. Perpustakaan ini mempunyai koleksi buku yang lengkap untuk semua kalangan seperti anak-anak, remaja, dan dewasa.  Selain difaslitasi dengan koleksi buku yang lengkap, kamu juga bisa menggunakan computer tablet yang disediakan di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengakses free wi-fi yang ada di perpustakaan ini. Palayanan yang diberikan juga cukup baik, ramah dan sigap.

2. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jakarta, Cikini

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi Jakarta, Cikini

Perpustakaan yang satu ini juga dikelola oleh pemerintah daerah. Suasana tenang yang ditawarkan di perpustakaan ini bisa membuat kamu nyaman dan betah berlama-lama membaca koleksi buku di sini. Buku-buku di sini juga cukup beragam, mulai dari buku pelajaran hingga buku cerita, mulai untuk usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bangunan perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai. Di lantai pertama, kamu bisa menemukan koleksi buku fiksi dan nonfiksi. Jika kamu naik ke lantai 2, maka kamu akan melihat arena playground, yang hanya beroperasi pada hari Selasa, Kamis, Sabtu. Dan Minggu pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Dan pada lantai 3, kamu akan menemukan koleksi referensi khusus yang hanya bisa kamu baca di tempat. Buat kamu yang memegang KTP Jakarta, bisa mendaftar menjadi anggota di Perpustakaan ini. 

3. Pusat Informasi Kompas

Pusat Informasi Kompas

Buat kamu yang memiliki kepentingan dalam menemukan arsip-arsip lawas, maka bisa datang ke Pusat Informasi Kompas (PIK), di daerah Palmerah, Jakarta Barat. Di perpustakaan ini tersimpan kurang lebih 80.000 koleksi yang bertemakan Indonesia, termasuk juga buku, referensi, peta, majalah, dan kliping koran nasional. Selain itu, terdapat pula koleksi buku sastra dan fiksi, baik terbitan baru atau lama. Selain itu kebutuhan redaksi harian Kompas, koleksi di sini juga boleh diakses oleh pengungjung umum.

4. Daniel S Lev Law Library

Daniel S Lev Law Library

Kamu yang sedang mencari referensi tentang hukum, tempat ini merupakan jawaban tepat, yaitu Daniel S Lev Law Library. Perpustakaan ini dibangun pada tahun 2006, dan terletak di Jalan Kuningan Madya, Jakarta Selatan. Peprustakaan ini didirikan sebagai benruk penghargaan terhadap Prof Daniel S Lev atas jasanya dalam pengembangan ilmu hukum di Tanah Air. Sosokny telah memberikan banyak sekali ide dan pandangan dalam bidan hukum. Koleksi buka di perpustakaan ini terbilang lengkap, karena terdiri dari 12.000 judul buku. Perpustakaan ini menyediakan sistem layanan terbuka. Maka setiap orang yang ingin membaca koleksi buka di sini bisa langsung menuju rak untuk menemukan buku yang dicari, dan membacanya di tempat. 

5. Rimba Baca

Rimba Baca

Buat kamu para orang tua yang ingin mengenalkan anak-anak kamu buku dan membaca, bisa datang ke Rimba Baca. Perpustakaan anak yang satu ini memiliki koleksi buku lokal dan internasional. Buku-buku di sini juga dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan usia anak, yaitu usia 0-3 tahun, 4-8 tahun, dan 9-12 tahun. Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi anggota di perpustakaan anak Rimba Baca ini. Dengan demikian, kamu bisa meminjam 5 buku per minggu dalam setahun. Perpustakaan ini berada di dalam sebuah perumah di Cilandak, sehingga sangat ramah anak dan nyaman. 

6. Perpustakaan Rabbit Hole

Perpustakaan Rabbit Hole

Perpustakaan ini berawal dari hobi yang dimiliki si pemilik tempat ini, Devi Raissa. Devi memiliki hobi mengoleksi buka-buku anak, sehingga semua buku yang ada di perpustakaan Rabbit Hole ini merupakan koleksi pribadinya. Jika kamu datang berkunjung ke sini, kamu hanya diperkenankan untuk menbaca buku-buku ini di tempat. Perpustakaan Rabbit ini merupakan bagian dari klinik psikologi yang sering mengadakan acara bertemakan parenting

7. The Reading Room

The Reading Room

Perpustakaan ini mengusung ide yang menarik yaitu kafe. Kafe sekaligus perpustakaan ini menawarkan tempat yang nyaman untuk membaca dan belajar. Di sini kamu bisa menemukan beberapa buku menarik dan kamu bisa beli atau sekedar membacanya di tempat. Suasana di The Reading Room ini sangat tenang, sehingga kamu bisa fokus membaca buku. Kamu yang suka dengan membaca sambil ngopi, pasti akan suka dengan tempat ini. Di sini juga sering diadakan acara launching buku baru dan bedah buku.

8. Perpustakaan UI

Perpustakaan UI

Perpustakaan UI “The Crystal of Knowledge” merupakan perpustakaan yang berada di dalam kampus Universitas Indonesia di Depok. Perpustakaan ini bukan hanya ditujukan untuk mahasiswa UI, namun terbuka untuk umum. Perpustakaan Ui memiliki koleksi buku dan bacaan sebanyak lebih dari 6 juta koleksi dan dapat menampung sekitar 10.000 pengunjung sekaligus. Perpustakaan ini terbilang cukup besar dan megah. Kamu bisa membaca buku sambil menikmati pemandangan danau yang tenang di bagian depan perpustakaan. Selain itu, di perpustakaan ini juga terdapat kafe, restoran, dan lounge area yang luas. 

Itu dia beberapa rekomendasi perpustakaan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk mencari dan membaca buku yang dibutuhkan. Untuk keperluan akademik, disarankan kamu untuk mengunjungi Perpustakaan UI. Sedangkan untuk kebutuhan hiburan, kamu bisa datang ke perpustakaan daerah DKI Jakarta. Atau kamu mau ke perpustakaan yang ramah anak, maka kamu bisa datang ke Rabbit Hole yang memiliki koleksi buku anak-anak lengkap. Selamat mencoba!

Baca juga:

10 Tempat Dinner Romantis di Jakarta yang Wajib Dicoba

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP