Perbedaan Wasir dan Ambeien Beserta Penjelasannya

Ambeien dan wasir seringkali disalahpahami. Masih banyak yang beranggapan bahwa keduanya berbeda. Padahal keduanya sama saja. Ambeien merupakan istilah lain dari wasir. Terkadang ada juga yang mengatakan penyakit yang satu ini disebut hemoroid. Tidak ada bedanya diantara ketiga istilah tersebut. Selain soal istilah kamu juga harus tahu apa itu ambeien atau wasir ini?

Ambeien atau wasir merupakan istilah sebuah keadaan di mana terjadinya sebuah pembengkakan dan pelebaran pemburuh darah pada area di sekitar anus dan dubur. Tak sampai di situ, wasir pun kerap disertai dengan munculnya sebuah tonjolan di sekitar anus dan dubur. Kondisi seperti ini rupanya menimbulkan rasa yang tak nyaman pada penderitanya.

Bicara soal ambeien atau wasir, banyak sekali penderitanya yang tidak mau mengakui bahwa dirinya menderita penyakit ini hanya karena dia merasa mau memiliki penyakit di area dubur atau anus. Padahal penyakit ini sendiri termasuk umum dan bisa diderita oleh siapapun. Ada sejumlah jenis wasir atau ambeien yang harus kamu tahu, seperti di bawah ini:

Wasir Dalam

Apabila kamu mengalmai ambeien yang satu ini maka akan terjadi pendarahan yang keluar di area anus. Ternyata wasir yang satu ini memang letaknya di dubur dan tidak bisa kamu lihat dengan jelas. Biasanya benjolan wasir terletak di bagian yang agak ke dalam dari bibir anus. Tak cuma itu, sebagian besar penderita penyakit ini tidak menyadarinya.

Ambeien Prolaps

Jenis wasir yang satu ini kerap kali mengamai prolapse yang hampir dekat ke area bibir anus. Terkait dengan hal ini, ambeien prolapse akan membuat penderitanya kesakitan dan merasa tidak nyaman. Berbeda dari sebelumnya yang sering tidak diketahui, wasir yang satu ini dapat diketahui dengan adanya tonjolan yang sering muncul. Tonjolan tersebut bertekstur lembut ketika diraba. Tak hanya itu, bagian dari tonjolan tersebut biasanya memiliki warna lebih cerah dibandingkan kulit lain yang ada di sekitar anus dan dubur. Tonjolan akibat wasir yang satu ini dapat masuk kembali dengan sendirinya.

Wasir Luar

Wasir luar bisa dilihat dengan jelas. Sebab, penderita wisir luar akan merasa ada tonjolan yang terdapat di sekitar anus. Tak hanya itu, wasir luar pun tak jarang terasa sakit dan nyeri. Hal ini karena terdapat banyak sekali saraf yang ada di sekitar anus dan dubur.

Ambeien Trombus

Tak hanya wasir dalam saja yang bisa memicu timbulnya wasir lain, wasir luar pun ternyata juga bisa menimbulkan ambeien trombus. Ambeien yang satu ini biasanya disebabkan akibat wasir luar yang mengalami prolapse. Tak hanya itu, penderita wasir luar yang mengalami pembekuan darah pun dipastikan sudah terkena wasir trombus.

Selain mengetahui jenis-jenis ambeien seperti di atas, kamu juga harus mengetahui kenapa ambeien bisa terjadi. Penyebab ambeien ternyata sangat beragam, seperti di bawah ini:

Kehamilan

Mungkin tidak banyak yang tahu jika wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi terkenal ambeien alias wasir. Hal ini diakibatkan oleh perkembangan rahim yang terus membesar sering dengan pertumbuhan janin sehingga memberikan tekanan pada pembuluh darah yang ada di sekitar usus besar. Kondisi ini dapat menyebabkan usus besar bekerja lebih keras lagi dalam mencerna makanan, dan hal tersebut memicu munculnya tonjolan yang disebut wasir.

Usia

Faktor lainnya yang bisa memicu timbulnya wasir adalah usia. Kamu mungkin sudah tahu, saat usia bertambah, maka sel tubuh akan makin rentan dan lemah dalam menghadapi serangan penyakit. Tapi biasanya, orang yang terserang wasir dikarenakan usia akan terserang wasir di rentang usia 45 sampai 65 tahun.

Diare

Diare merupakan salah satu penyebab wasir yang cukup riskan. Terlebih jika diare yang diderita sudah pada tahap kronis. Tentu saja karena sudah parah penderita akan buang air besar cukup sering yang membuat anus menjadi terluka dan terasa nyeri. Hal ini akan bertambah parah bila kamu menggunakan kloset duduk. Sebab, jika kamu menggunakan kloset duduk lebih dari 10 menit, maka akan menyebabkan tonjolan. Tak hanya itu, pemakaian tisu di sekitar anus pun dapat memicu terjadinya peradangan pada otot sekitar anus.

Konstipasi

Tak hanya diare, kamu yang mengalami konstipasi juga dapat terserang wasir. Hal ini karena fases yang terlalu kasar dapat membuat otot yang terletak di sekitar anus harus bekerja lebih keras untuk mendoorng fases itu keluar. Bila kamu mengejen terlalu kuat, hal tersebut berisiko memperlebar pembuluh darah di sekitar anus. Jika hal ini terjadi berkali-kali, maka bukan tidak mungkin akan muncul tonjolan pada area anus, yang disebut dengan wasir.

Duduk Dalam Waktu yang Lama

Untuk kamu yang bekerja di depan komputer ternyata berisiko terkena wasir. Sebab, duduk terlalu lama dapat menyebabkan pembuluh darah yang ada di sekitar anus mengalami pelebaran. Kondisi ini akan memicu munculnya tonjolan yang diakibatkan oleh pembuluh darah yang membengkak.

Mengangkat Beban yang Terlalu Berat

Apabila kamu mengangkat beban yang terlalu berat dengan frekuensi sering, maka akan menimbulkan wasir. Ternyata munculnya wasir tersebut diakibatkan oleh darah yang menggumpal pada bagian anus ketika kamu mengangkat beban erat. Kondisi seperti ini akan memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah yang ada di sekitar anus, sehingga resiko ambeien pun tidak bisa dielakkan.

Itulah sejumlah informasi mengenai ambeien atau wasir. Semoga bermanfaat. (elevenia)