Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Harus Diketahui Desain Grafis

0
Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Harus Diketahui Desain Grafis

Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Harus Diketahui Desain Grafis

Tahukah kamu apa perbedaan antara vektor dengan bitmap? Mungkin kamu juga akan memiliki pertanyaan yang sama saat kamu mulai mengenal desain grafis. Nah, maka dari itu di dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang perbedaan vektor dan bitmap yang harus diketahui desain grafis.

Tentunya grafis bitmap sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para desainer. Bahkan pada saat masih sekolah di SMA pelajaran tentang grafis vektor dan grafis bitmap sudah mulai di kenalkan. Tentunya hal tersebut guna menambah pengetahuan para siswa ke depannya. Apalagi jika hal tersebut memang sudah benar-benar mempersiapkan siswanya untuk menjadi seorang yang ahli dalam menggambar. Bukan hanya di sekolah menengah atas saja, pengetahuan tentang grafis vektor dan bitmap juga sudah menjadi mata pelajaran utama untuk para mahasiswa yang mengambil jurusan desain grafis ataupun arsitektur.

Baca juga: Ini Dia 7 Perbedaan Vektor dan Bitmap

Akan tetapi, terlepas dari itu maka sebenarnya apa sih maksud dari grafis vektor serta bitmap tersebut? Lalu yang membedakan antara keduanya itu apa? Nah, kali ini kami akan membahas perbedaan vektor dan bitmap yang harus diketahui desain grafis terutama bagi kamu yang ingin mendalami dunia desain.

Definisi Grafis Vektor dan Bitmap

Ketika kamu membuat gambar desain grafis maka ada dua pilihan yang bisa kamu pakai yakni grafis vektor atau juga bitmap. Grafis vektor dan bitmap tersebut karakteristik yang berbeda satu sama lain. Karakteristik tersebut tentunya tidak akan lepas dari definisi yang berbeda juga.

Grafis vektor adalah suatu kombinasi antara titik dengan garis hingga terbentuk sebuah kurva dan memakai rumus matematika. Kumpulan dari titik dengan garis itu selanjutnya akan membentuk gambar. Gambar yang menggunakan format vektor punya kualitas yang bagus serta ketika di zoom in atau diperbesar maupun diperkecil atau zoom out muka gambarnya kita akan pecah atau juga blur. Hal tersebut dikarenakan grafis vektor merupakan gambar hasil dari gabungan titik-titik serta garis-garis yang telah disebutkan di atas.

Grafis bitmap adalah kumpulan dari titik-titik atau disebut pixel yang masing-masingnya punya warna tersendiri yang berbeda. Setelah itu dikombinasikan dengan sedemikian rupa hingga terbentuklah gambar. Pada umumnya gambar bitmap tersebut sering disebut juga dengan raster. Nilai dari tiap titik gambar yang memakai format bitmap tersebut diawali dengan 1 bit data atau dalam Hitam putih serta akan memiliki nilai yang lebih besar apabila berwarna.

Software yang Digunakan

Tentunya untuk menghasilkan gambar bagitu vektor maupun bitmap maka membutuhkan alat yaitu software. Untuk gambar dengan format vektor maka software yang desa kamu pakai yaitu seperti freehand, macromedia, CorelDRAW dan juga Adobe illustrator. sedangkan gambar yang menggunakan format bitmap maka software yang bisa gemuk pakai seperti Corel photo paint, Adobe Photoshop serta paint.

Bisa dikatakan untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus tentunya seorang desain gambar harus punya keterampilan dalam mengoperasikan seluruh software yang dipakai.

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Berikut ini merupakan perbedaan vektor dan bitmap yang harus diketahui desain grafis.

  • Ukuran (Size)

Perbedaan antara vektor dan bitmap yang pertama terletak pada ukuran atau size. Format gambar vektor memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar format bitmap.

  • Ketika di-Zoom

Perbedaan selanjutnya antara vektor dengan bitmap yaitu ketika di zoom. jika gambar dengan format vektor saat di-zoom yaitu diperbesar atau juga diperkecil, maka gambar tersebut tidak blur ataupun tidak pecah. sedangkan gambar dengan format bitmap ketika diperbesar maupun diperkecil maka gambarnya pecah, blur dan rusak.

  • Susunan

Perbedaan selanjutnya terletak pada susunan. Gambar vektor disusun dengan objek geometris kemudian dibuat dengan berdasarkan perhitungan yang sistematis. Sedangkan untuk gambar dengan format bitmap disusun dalam objek pixel.

  • Sifat

Perbedaan berikutnya yaitu terletak pada sifatnya yaitu jika gambar dengan format vektor maka tidak akan dipengaruhi oleh resolusi sedangkan gambar dengan format bitmap akan dipengaruhi oleh resolusi.

  • Kegunaan

Perbedaan yang terakhir antara vektor dengan bitmap yaitu terletak pada kegunaannya. Kegunaan dari gambar berformat vektor yaitu untuk desain ilustrasi seperti desain logo. Sedangkan kegunaan dari gambar dengan format bitmap yaitu untuk gambar dengan beragam warna seperti foto.

Nah, itulah tadi perbedaan vektor dan bitmap yang harus diketahui oleh desain grafis. Semoga dengan hadirnya artikel di atas bisa membantu kamu untuk menjawab pertanyaan mengenai perbedaan vektor dengan bitmap.