Perbedaan Pengertian Efektivitas dan Efisiensi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7920 Efektivitas Dan Efisiensi Hilmi Pudimen
Daftar Topik

Ketika mendengar kata efektif dan efisien, untuk sebagian orang akan menganggap kedua kota tersebut memiliki makna yang sama. Namun Apakah Anda tahu, jika pengertian efektivitas dan efisiensi pun sangat jauh berbeda. Maka dari itu, sebagai warga negara yang menggunakan bahasa Indonesia maka harus tahu dengan detail makna dari kedua kata tersebut dan mengetahui perbedaannya.

Definisi dari Efektivitas dan Efisiensi


7920 Efektivitas Dan Efisiensi Mengapa Teknik Industri
Source: Mengapa Teknik Industri

Efektivitas merupakan sebuah usaha yang mana untuk bisa memperoleh sebuah hasil, target, tujuan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Umumnya, efektif ini akan berhubungan erat dengan adanya sebuah perencanaan, kemudian penjadwalan hingga pencapaian tujuan. Suatu pekerjaan pun, bisa dikatakan berjalan dengan efektif apabila tujuan yang sudah ditetapkan memang sudah mencapai keberhasilan.

Efektivitas sendiri merupakan cara dalam mencapai sebuah tujuan dengan menggunakan cara-cara yang benar kemudian diimplementasikan dalam sebuah pekerjaan agar hasil yang diperoleh pun tepat waktu.

Sedangkan untuk efisiensi mengharuskan seseorang menyelesaikan sebuah pekerjaan secara cepat dan juga hemat. Yang mana seseorang diwajibkan untuk bekerja secara maksimal tanpa adanya pengeluaran biaya yang banyak. Untuk pekerjaan efisiensi ini sendiri akan dilakukan dengan cara mengevaluasi, kemudian membuat perbandingan di antara pengeluaran dan juga masukkan yang sudah diterima. Maksudnya ialah efisiensi ini merupakan pencarian cara terbaik agar tujuan bisa tercapai.

Definisi lain dari efisiensi ialah cara untuk bisa mencapai sebuah tujuan yang memakai sumber daya minimal namun hasil yang diperoleh maksimal. Di mana sumber daya harus diolah secara bijak dan juga hemat sehingga untuk tenaga, waktu dan juga uang pun tidak terbuang sia-sia.

Perbedaan dari Efektivitas dan Efisiensi


7920 Efektivitas Dan Efisiensi Penulis Cilik
Source: Penulis Cilik

Dari pengertian efektivitas dan efisiensi di atas tentu saja banyak sekali perbedaan yang ada di dalamnya. untuk Anda yang masih belum paham mengenai perbedaan yang signifikan diantara kedua kata tersebut, maka berikut ini adalah perbedaannya :

Efektivitas:

  • Memang berorientasi untuk tujuan.
  • Mencapai tujuan menggunakan cara tercepat.
  • Untuk waktu pengerjaannya jauh lebih singkat dikarenakan ketersediaan sumber daya dan lain-lain telah terpenuhi.
  • Untuk biaya dikeluarkan juga cukup tinggi.

Efisiensi:

  • Berorientasi untuk tujuan.
  • Untuk bisa mencapai tujuan menggunakan cara terhemat.
  • dalam waktu pengerjaannya jauh lebih lama dikarenakan sumber daya yang ada telah dipangkas.
  • Sangat hemat biaya.

Cara Melakukan Pekerjaan Agar Lebih Efektif dan Efisien

Meskipun di antara kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda, akan tetapi dalam sebuah pekerjaan kedua hal ini bisa dilakukan secara bersamaan. Sehingga hasil pekerjaan yang diperoleh pun lebih maksimal sesuai dengan target.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien:

  • Perlunya Pembagian Waktu dan Jadwal

Bagi Anda yang sangat menginginkan sebuah pekerjaan dengan efektif dan efisien, maka jauh lebih baik jika anda membuat sebuah jadwal serta pembagian waktu di mana hal itu akan tertulis secara rinci kegiatan Anda.

Contohnya saja, agar karyawan maupun teman-teman yang Anda miliki bisa menghubungi anda tanpa perlu datang ke rumah ketika memberikan laporan ataupun hasil kerja. Maka anda bisa memberikan alamat email ataupun WhatsApp yang mudah untuk di hubungi. Dengan cara ini tentu saja Anda bisa memperoleh rapat yang terorganisir dengan karyawan.

  • Perlunya Pencadangan File Ataupun Backup

Pasti setiap orang pernah mengalami lupa ketika menyimpan suatu barang. Seperti halnya masalah file penting yang akan digunakan untuk rapat, tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencari file tersebut.

Maka dari itu Anda harus mensiasati dengan cara menyimpan file-file penting ke dalam dua penyimpanan. Katanya saja Anda menyimpan ke dalam hard disk internal dan juga menyimpan file tersebut ke dalam eksternal.

  • Perlunya Menghindari Seluruh Gangguan

Pada saat Anda berada di tengah ruang rapat, pernikahan Anda harus menghindari bermain handphone atau ber kirim chat dengan orang lain. Ponsel selama rapat harus dimatikan sehingga fokus Anda tertuju pada pembahasan rapat bersama dengan karyawan Anda. Tentu hal ini akan berbeda ketika pekerjaan yang Anda miliki memang mengharuskan selalu aktif pada sosial media contohnya saja ialah internet marketer.

  • Tidak Melakukan Dua Pekerjaan Sekaligus

Ketika Anda memang mempunyai pekerjaan lebih dari satu, jauh lebih baik dalam proses pengerjaannya tidak dilakukan secara bersamaan. Usahakan Anda menyelesaikan pekerjaan yang mempunyai tingkat kesulitan yang rendah terlebih dahulu baru melakukan pekerjaan yang tingkat kesulitannya tinggi. Karena dengan 2 pekerjaan yang dilakukan sekaligus konsentrasi pun akan terbelah sehingga hasilnya tidak maksimal.

Nah, Itulah sekilas informasi yang tidak diberikan kepada Anda mengenai pengertian efektivitas dan efisiensi sampai cara menerapkan kehidupan efektif dan efisien untuk memperoleh hasil yang maksimal. Semoga dengan ulasan di atas mampu memberikan wawasan serta bantuan kepada Anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

BACA JUGA!

Mana yang Lebih Tepat? Sekadar atau Sekedar?

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA