Perbedaan Linux dan Windows yang Harus Kamu Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Kamu tentu tahu sistem operasi merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Jika sistem operasi tidak ada, maka komputer tak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Singkatnya operasi adalah jembatan antara pengguna dan juga piranti komputer. Dengan begitu pengguna dapat melakukan seuma pekerjaannya dengan aplikasi tertentu yang bisa dijalankan di dalam sebuah operasi.

Kini ada dua jenis sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer, yaitu Windows dan Linux. Meski Linux memiliki banyak sekali varian, namun dari segir kernel yang dipakai tetap saja. Sementara itu untuk Windows pun punya beberapa varian dari Windows NT sampai Windows 10 yang terbaru.

Sebagai pengguna, kamu tentu harus mengetahui perbedaan antara keduanya sebelum memutuskan akan memakai yang mana. Contohnya, bila kamu lebih sering menggunakan kegiatan bermain game, maka Windows lebih cocok. Namun bila kamu ingin menjadikan laptop atau komputer pun sebagai komputer server, maka menggunakan Linux lebih tepat. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Simak ulasan di bawah ini:

Perbedaan Linux dan Windows

Perbedaan Harga

Mungkin orang awam akan lebih kenal dengan Windows dibandingkan Linux. Meski Windows merupakan sistem operasi yang berbayar, namun banyak diantara pengguna yang melakukan cracking pada sistem aktivasi Windows sehingga bisa mendapatkannya secara gratis. Hal ini berbeda dengan Linux yang merupakan sistem operasi bersifat open source dari awal. Bagi yang ingin menggunakannya tidak harus membayar sepeserpun.

Perbedaan dari Segi Penampilan

Jika dilihat dari segi tampilan atau antarmuka semua orang pun mungkin akan setuju jika Windows lebih baik dibanding Linux. Sedangkan, sistem operasi Linux bisa dibilang jauh tertinggal dibanding Windows dari segi tampilan.

Perbedaan dari Segi Keamanan

Lebih populer tentu menyebabkan Windows memiliki lebih banyak virus yang dikembangkan dalam sistem operasi ini sementara Linux terbilang lebih aman karena tidak banyak virus yang dikembangkan. Terlebih, model saat pengguna menjalankan Linux pun berbeda bila dibandingkan dengan Windows.

Perbedaan dari Segi Ketersediaan Perangkat Lunak yang Dapat Digunakan

Dalam Windows, banyak sekali aplikasi atau pun software yang dapat digunakan. Aplikasi tersebut hadir lantaran developer banyak yang tertarik untuk mengembangkannya di sistem operasi Windows, terlebih jika dilihat bertapa populernya sistem operasi yang satu ini. Sementara di Linux, hal ini sangatlah jarang ditemui. Meski demikian, sifatnya yang gratis bukan tidak mungkin menarik banyak developer yang akan membuat permainan dengan sistem Linux sehingga bisa menyaingi permainan di Windows.

Perbedaan dari Segi Penggunaan Sistem Operasi

Sistem operasi Windows lebih banyak dipakai di komputer yang digunakan untuk pekerjaan kantoran. Mahasiswa maupun pelajar juga akan lebih membutuhkan sistem operasi Windows untuk penggunaan sehari-hari. Sementara itu, untuk Linux karena memiliki keamanan yang tinggi biasanya digunakan pada komputer yang digunakan untuk mengakses domain-domain yang membutukan keamanan tingkat tinggi, seperti administrasi LAN kantor, komputer server, layanan SSH dan sebagainya.

Perbedaan dari Segi Pengembangan Kode

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat tertutup. Artinya, pengembangan sistem operasi ini hanya dapat dilakukan oleh pekerja atau pun pabrik pengembang sistem operasi ini saja, yaitu Microsoft. Sedangkan Linux merupakan sistem operasi terbuka, alias open source. Artinya, siapa saja bisa mendwonload source code yang dimiliki Linux kemudian mengembangkan sendiri source code tersebut sesuai dengan keinginan.

Perbedaan dari Segi Dukungan Piranti Keras

Sistem operasi bisa berjalan dengan maksimal bila terdapat driver yang cocok dengan piranti keras yang sudah terpasang pada komputer. Di sistem operasi Linux, cenderung lebih sedikit driver yang cocok sehingga sulit dicari. Sementara pada Windows, driver sudah tersedia bahkan sering diperbaharui oleh pabrikan penghasil perangkat keras tersebut. Hal ini membuat performa driver di sistem operasi Windows terbilang lebih unggul dibanding Linuk.

Perbedaan dari segi Hak Atas Kekayaan Intelektual

Linuk memiliki lisensi gratis, hal ini sudah termasuk program aplikasinya. Hal ini membuat Linux tersedia gratis untuk siapa saja yang ingin menggunakan piranti tersebut. Sedangkan untuk Windows, kebanyakan dari aplikasinya mengandung hak kepemilikan lisensi yang biasanya mensyarakatkan pembayaran agar lebih lancar dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Perbedaan dari Segi Partisi Sistem

Linux memakai sejumlah jenis partisi, seperti ext2, ext3, reiserfs, xfs dan sebagainya. Sedangkan Windows biasanya mendukung format partisi NTFS, exFAT, dan sebagainya. Artinya, di sistem Operasi Windows, tak bisa membaca file sistem dari Linux, sedangkan pada Linux masih bisa membaca partisi yang dibuat untuk Windows.

Itulah sejumlah perbedaan Linux dan Windows yang harus kamu tahu. Semoga dengan informasi di atas kamu bisa menentukan sistem operasi mana yang akan digunakan di laptop atau komputer kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA