Perbedaan Kabel UTP  Cat 5e Vs Cat 6 yang Perlu Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Perbedaan Kabel UTP  Cat 5e Vs Cat 6 yang Perlu Diketahui
Daftar Topik

Perbedaan Kabel UTP  Cat 5e Vs Cat 6 yang Perlu Diketahui

Pada umumnya, kabel jaringan UTP atau atau unshielded twisted pair memiliki berbagai jenis. Seperti halnya kabel UTP Cat 5e dan Cat 6. Kedua kabel ini memiliki kelebihan masing-masing. Kegunaan kedua kabel ini yaitu untuk menghubungkan komputer ke jaringan Ethernet. Lalu, apa perbedaan kabel UTP Cat 5e vs Cat 6 yaitu terletak pada bandwidth, kecepatan, crosstalk dan kompatibilitas. Nah, agar kamu tidak salah faham mengenai kedua kabel tersebut, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Kabel UTP CAT5 dan CAT6


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kabel UTP Cat5e dan Cat6 memiliki perbedaan dengan keunggulan masing-masing. Selengkapnya berikut ini perbedaan-perbedaannya:

  • Data Penilaian

Data kecepatan dari UTP dihitung dengan kecepatan megabit perdetik atau Mbps. Untuk kabel Cat5e memiliki rating kecepatan yang sangat tinggi yaitu hingga 100 Mbps. Sedangkan, untuk kabel Cat6 memiliki kecepatan yang lebih lambat. Kecepatan ini dinilai dengan 1000 Mbps.

  • Konstruksi

Perbedaan dari Cat 5e dan Cat6 terletak pada konstruksinya. Untuk kabel UTP Cat5e, memiliki empat pasang kawat twisted. Kawat ini sangat berpengaruh terhadap pemutaran, sehingga memungkinkan seseorang untuk membatalkan gangguan dalam kawat kedua. Namun, kabel UPT Cat5e ini memiliki standar yang lebih tinggi di bidang manufaktur dan instalasi.

Baca juga: Inilah Perbedaan Kabel Straight Dan Cross

Sedangkan untuk kategori kabel UPT Cat6 yaitu memiliki konstruksi dasar yang sama seperti CAT5. Namun, bedanya berisi pemisah fisik antara empat pasang dipelintir untuk mengurangi interferensi elektromagnetik dan mengurangi kebisingan data. Meski begitu, memiliki standar yang lebih tinggi di bidang manufaktur dan instalasi.

  • Pertimbangan

Sistem Cat6a akan menyediakan kecepatan hingga 10 gigabit. Namun, biaya yang digunakan 30 persen lebih dari sistem CAT5e yang sebanding. Secara umum, pemasangan kabel CAT5e sudah cukup. Namun, jika perangkat jaringan switch dan backbone hanya mendukung kecepatan data sebesar 1000 Mbps.

  • Bandwidth

Cat 5 kabel yang kompatibel berjalan pada kecepatan 10 dan 100 Mbps Ethernet. Kabel UTP Cat 6 mendukung 10 Mbps, 100 Mbps dan 10 Gigabit Ethernet dalam beroperasi beroperasi. Dengan kecepatan hingga 250 MHz.

  • Crosstalk

Perbedaan kabel UTP Cat 5e vs Cat 6 terletak pada Crosstalk. Kabel Cat 6 kabel dibuat dengan pemisah memanjang. Pemisah ini untuk memisahkan pasangan pair empat kawat tembaga di dalam kabel. Sehingga bisa mengurangi crosstalk gangguan  antara kawat yang menyebabkan kesalahan transmisi. Sedangkan Cat 5 memiliki empat pasang kawat tembaga twisted. Namun, tidak memiliki pemisah antara pasangan.

  • Kesesuaian

Cat 6 kabel yang mampu kecepatan transmisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel Cat 5e. Namun, kecepatan jaringan dapat pergi hanya secepat komponen paling lambat. Untuk semua komponen dalam jaringan dinilai secepat kabel Cat 6. Sehingga, dapat jaringan benar-benar beroperasi pada kecepatan tersebut.

  • Karakter Cat5e

Kabel UTP Cat5e merupakan jenis kabel yang memiliki karakter paling baru dari UTP. Karena, kabel ini tersusun dari empat pasang kabel. Selain itu, bandwith yang dihasilkan mencapai 100Mbps.

Sedangkan Cat6 merupakan jenis kabel UTP kelas tinggi. Hal ini terbukti memiliki kekuatan lilitan kabel yang sangat rapat, sehingga memiliki kekuatan sinyal yang lebih bagus dibandingkan standar kabel UTP cat5e. Bahkan, kecepatan kabel ini sangat baik, karena memiliki isolator kabel. Sehingga kabel UTP jenis ini memiliki kualitas penyaluran data yang lebih cepat dengan kecepatakn bandwith hingga 1000Mbps.

Keunggulan Kabel UTP Cat 5e dan Cat 6


Kabel cat5e memiliki beberapa keunggulan diantaranya memiliki kapasitas yang sangat baik dalam menampung nilai data dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan maksimal. Bahkan, kecepatan yang dihasilkan ini hingga 350 Mhz. Selain itu, kabel ini juga memiliki tingkat noise yang lebih kecil. Bahkan, dengan waktu yang cepat, bisa mengirim data dengan ukuran yang besar.

Sedangkan kabel cat 6 memiliki keunggulan yaitu waktu jarak pengiriman yang mendekati angka 0 sehingga memiliki kecepatan yang maksimal. Hal ini sesuai, karena memiliki harga yang lebih mahal. Bahkan, kabel ini memiliki kecepatan yang tinggi. Bahkan, untuk mengirim data dengan ukuran yang lebih besar. Dengan panjang 100 meter, sehingga bisa mencapai kemampuan maksimal. Ukuran data sekitar 10Gbit/s untuk pengiriman dan penerimaan yang maksimal.

Itulah ulasan lengkap mengenai perbedaan kabel UTP Cat 5e vs Cat 6. Meski kita terlalu faham dalam dunia tekhnologi, namun setidaknya kita wajib mengetahui perbedaan dari kedua jenis kabel UTP tersebut.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA