Perbedaan DNA dan RNA Beserta Fungsinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
24820 Dna Rna Guru Sekolah Co Id
Daftar Topik

Apabila dilihat dari segi pengertiannya maka DNA dan RNA merupakan sebuah komponen yang sangat berbeda. Dimana DNA yang juga disebut sebagai asam deoksiribosa nukleat adalah jenis dari biomolekul yang akan membentuk kromosom kromosom yang berguna untuk menyimpan informasi secara detail genetika serta beberapa virus yang ada di dalam tubuh makhluk hidup. informasi genetik yang berada pada DNA ini mempunyai fungsi guna mengatur sel ketika melakukan sesuatu.

Sedangkan RNA sendiri kerap kali disebut sebagai asam ribonukleat, dimana RNA tersebut ialah polinukleotida rantai tunggal dan juga ganda di mana RNA ini tidak berpilih. Selain itu, RNA mempunyai dua jenis golongan yang pertama adalah Era genetik dan yang kedua adalah RNA non genetik.

Nah, bukan hanya dari definisi saja yang membedakan diantara keduanya. Dan berikut ini adalah beberapa perbedaan di antara DNA dan juga RNA.

1. Perbedaan dari Struktur Penyusunnya

24820 Dna Rna Mayog Com

Source: Mayog

Ketika kita melihat dari struktur penyusunnya maka DNA dan RNA ini tersusun dari komponen yang sangat berbeda.

Untuk DNA akan tersusun dari asam nukleat. Di dalam asam nukleat tersebut terdapat kandungan polinukleotida yang berasal dari di nukleotida yang mana pada unit pembangunannya disebut sebagai dioksi nukleot. Selain itu, DNA ini juga mempunyai susunan kimia yang berasal dari polimer. Polimer tersebut berasal dari rantai panjang nukleotida. Untuk tiap-taip nukleotida akan terkandungan beberapa zat seperti gula pentosa deoksiribosa, kemudian ada basa nitrogen dan juga gugus fosfat.

Sedangkan untuk polimer yang digunakan dalam pembentukan RNA, hanya terdapat satu nukleotida yang susun di atas 1 gugus fosfat, kemudian basa nitrogen dan juga gula pentosa ribosa. Sedangkan, untuk molekul polimer yang ada di dalamnya mempunyai peran untuk bisa meregulasi, kemudian mengkode, decode dan juga ekspresi gen. Untuk jumlah dari RNA sendiri pada sel memang tidak akan tetap sebab RNA ini sangat mudah terurai sehingga diharuskan untuk melakukan produksi ulang.

2. Perbedaan dari Fungsinya

24820 Dna Rna Romadecade

Source: RomaDecade

Untuk fungsi yang dimiliki oleh DNA adalah menjadi pembawa materi genetika yang berasal dari gen induk menuju ke gen turunannya. Sehingga pada setiap makhluk akan mewarisi gen dari generasi sebelumnya, secara otomatis generasi sebelumnya akan mewariskan gen yang dimiliki kepada generasi berikutnya. Itulah mengapa DNA ini kerap kali dipakai dalam mengenali identitas dari seseorang yang berdasarkan dari orang tua ataupun saudara yang memiliki hubungan darah.

Terdapat fungsi lain yang dimiliki oleh DNA yakni mampu mengendalikan aktivitas sel, bahkan DNA juga memiliki tugas yang sangat penting karena menjadi katalisator yang akan mengatur reaksi yang berasal dari metabolik. Di dalam pembuatan struktur sel, DNA ini akan menyediakan bahan mentahnya. DNA pun juga bisa membantu para sel melakukan interaksi.

Sedangkan untuk fungsi yang dimiliki oleh RNA sendiri menjadi penyalur ataupun penyangga informasi genetika yang berada pada sel makhluk hidup. Lalu RNA ini juga menjadi perantara DNA dan juga protein ketika di dalam proses ekskresi genetika.

Ketika melaksanakan fungsinya tersebut, RNA diproduksi menjadi saringan kode urutan basa nitrogen DNA yang secara otomatis RNA ini akan berada dalam bentuk triplet 3 urutan, yang mempunyai nama kondon.

Akan tetapi, ketika kita meninjau jauh lebih spesifik, maka fungsi dari RNA pun akan berbeda-beda. Untuk RNA genetik yang mempunyai peran yang hampir sama dengan DNA, sebab RNA yang seperti ini hanya akan dipunyai oleh makhluk hidup dan tentu yang di dalam tubuhnya tidak ada DNA. Misalnya saja, virus yang akan sering mengalami transkripsi sehingga menjadikan sebuah kode genetik RNA-DNA. Maka pembentukan dari DNA pun akan terbentuk dengan sendirinya.

3. Perbedaan Berdasarkan Pembentukannya

24820 Dna Rna Guru Sekolah Co Id

Source: gurusekolah

Untuk proses pembentukan yang terjadi pada DNA kerap kali disebut sebagai replikasi DNA. Proses dari replikasi daerah ini akan terjadi pada saat rangkaian enzim ataupun protein merangkai nukleotida yang berada di dalam urutan. Dan ketika molekul-molekul tersebut melakukan interaksi serta melakukan pembelahan sel maka secara otomatis akan terdapat sintesis dua untai baru yang akan memakai helai menjadi cetakan dan seketika itu lah proses replikasi DNA berlangsung.

Replikasi DNA sendiri akan terjadi sebuah inisiasi, dimana hal tersebut adalah helikase secara otomatis akan melepas ikatan hidrogen di antara pasangan basa.

Sedangkan di dalam proses pembentukan RNA sendiri akan dilaksanakan oleh enzim RNA polimerase yang melakukannya dengan cara menyalin gen. Selanjutnya enzim tersebut secara otomatis akan mengikat gen yang akan ditranskripsi. Maka double heliks dari DNA pun akan dibuka dan bisa merangkai ribonukleotida pada bagian ujung Erna yang baru saja tumbuh. Maka proses pembentukan RNA pun akan selesai dengan terjadinya terdisosiasi enzim.

Itulah beberapa perbedaan DNA dan RNA yang bisa diberikan kepada Anda. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan Anda wawasan dan sedikit pengetahuan untuk masalah perbedaan DNA dan juga RNA.

BACA JUGA!

Cara Menambah Darah Tanpa Konsumsi Obat Kimia

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA