Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif

0
7820 Bakteri Gram Positif Dan Negatif

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif – Berbicara mengenai bakteri pasti tidak akan asing  lagi bukan? karena bakteri sudah sangat familiar untuk diketahui. Apalagi untuk kalian yang menyukai atau sedang belajar tentang materi bakteri pastinya kalian lebih mengenal sama makhluk kecil ini.  Bakteri sendiri adalah makhluk kecil yang hanya memiliki satu sel  atau uniseluler dan tidak memiliki klorofil untuk tumbuh dan berkembang. 

Bakteri tumbuh dengan cara membelah sel. Bakteri hidup sebagai parasitisme. Dan bakteri tumbuh dan berkembang tersebar dimana-mana seperti di udara, di dalam tanah, didalam air, pada bahan-bahan makanan, pada tanaman bahkan bakteri juga tumbuh dalam diri manusia dan hewan. Ternyata, ada banyak jenis bakteri salah satunya adalah bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Bakteri ini merupakan kelompok bakteri yang ditemukan oleh seorang dokter Jerman yang bernama Hans Christian Gram. Kedua bakteri ini dihasilkan dari hasil percobaan dengan menggunakan sistem pewarna. Dimana bakteri gram positif berwarna ungu dan bakteri gram negatif berwarna merah.

Dari metode pewarnaan gram tersebut bakteri diklasifikasikan menjadi dua kelompok bakteri besar yaitu bakteri gram positif dan negatif. Bakteri gram positif merupakan bakteri yang memiliki lapisan dinding tebal dan dinding tersebut bisa menembus  warna violet.  Yang termasuk dalam bakteri ini adalah Bifidobacterium, lactobacillus dan masih banyak lagi. Sedangkan bakteri gram negatif yaitu bakteri  yang mempunyai lapisan dinding yang tipis serta dinding selnya bisa menembus warna merah. Lapisan ini terletak pada ruang periplasmik. Yang berada di tengah-tengah dari membran luar dan plasma. Contoh dari bakteri ini adalah bakteri aeruginosa, influenza dan masih banyak lagi. Perbedaan bakteri gram positif dan negatif akan kami jelaskan secara rinci dibawah ini.

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif


7820 Bakteri Gram Positif Dan Negatif 2Bagi kalian yang masih bingung dengan perbedaan bakteri gram positif dan negatif. Berikut akan kami sajikan beberapa perbedaan dari kedua kelompok bakteri tersebut. perbedaan-perbedaan itu adalah sebagai berikut:

  • Pada bakteri gram positif dinding sel yang menggunakan lapisan peptidoglikan kadar lipid tebalnya antara 20 hingga 80 mm atau sekitar 1-4 %. Sedangkan pada bakteri gram negatif sekitar 11 hingga 12 %.
  • Pada bakteri gram positif resistensi terhadap alkali dengan 1% KOH itu tidak larut, sedangkan pada bakteri gram negatif resistensinya larut.
  • Kepekaan terhadap iodium pada bakteri gram positif mereka lebih peka, sedangkan pada bakteri gram negatif mereka kurang peka.
  • Untuk toksin yang dibentuk oleh bakteri gram positif yaitu eksotoksin, sedangkan dalam bakteri gram negatif yaitu endotoksin.
  • Dalam bakteri gram positif selnya mempunyai bentuk bulat, ada yang bentuknya seperti batang dan juga filament. Sedangkan untuk bakteri gram negatif selnya juga berbentuk bulat, dan juga ada yang oval bahkan ada yang seperti batang lurus.
  • Bakteri gram positif bereproduksi dengan cara pembelahan biner, sedangkan dalam bakteri negatif juga menggunakan pembelahan biner tetapi juga terkadang menggunakan pertunasan.
  • Metabolisme yang dimiliki bakteri gram positif yaitu kemoorganoheterotrof, sedangkan pada bakteri gram negatif metabolismenya fototrof.
  • Pada bakteri gram positif resistensi terhadap tellurit itu lebih bertahan, sedangkan pada bakteri gram negatif itu lebih peka.
  • Bakteri gram positif memiliki sifat tahan asam sedangkan pada bakteri gram negatif tidak ada yang mempunyai tahan asam.
  • Bakteri gram positif lebih peka terhadap kepekaan pensilin, sedangkan dalam bakteri gram negatif mereka kurang peka.
  • Bakteri gram positif tidak peka terhadap kepekaan streptomisin, sedangkan dalam bakteri gram negatif mereka lebih peka.
  • Motilitas pada bakteri gram positif itu kebanyakan non motil, jika motil yang bertipe flagela merupakan petritrikus. Sedangkan motilitas pada bakteri gram negatif itu bisa motil dan juga non motil. Bentuk flagela dari bakteri ini sangat bervariasi.
  • Anggota tubuh yang dimiliki bakteri gram positif biasanya mereka tidak mempunyai apandase. Sedangkan pada bakteri gram negatif mereka mempunyai pili, fimbriae dan juga tangkai.
  • Pada bakteri gram positif ada beberapa grup yang bisa untuk membentuk endospore. Sedangkan pada bakteri gram negatif mereka tidak bisa untuk membentuk endosporanya.
  • Bakteri gram positif dalam pengahambatan warna basa mereka lebih dihambat. Sedangkan pada bakteri gram negatif dalam penghambatan warna biasanya kurang dihambat.
  • Kebutuhan nutrien untuk bakteri gram positif itu lebih kompleks. Sedangkan pada bakteri gram negatif kebutuhan nutriennya lebih sederhana.
  • Jika pada bakteri gram positif ketahanan perlakuan fisiknya itu lebih tahan. Sedangkan pada bakteri gram negatif ketahanan perlakuan fisiknya kurang ditahan.

Demikianlah perbedaan bakteri gram positif dan negatif yang bisa kami jelaskan. Semoga sekilas penjelasan diatas dapat membantu untuk lebih menambah wawasan dan pengetahuan bagi kalian yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

BACA JUGA!

Inilah Perbedaan Mitosis dan Meiosis