Cari Tahu Peralatan Permainan Rounders, Yuk!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Lapangan Rounders
Daftar Topik

Peralatan permainan rounders. Permainan olahraga memang menjadi minat sebagian besar orang di seluruh belahan dunia tak terkecuali Indonesia. Hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat positif yang dapat diperoleh dari permainan olahraga tersebut. Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh, permainan olahraga juga sangat bagus untuk melatih jiwa sportivitas, rasa bersaing, kerjasama tim, dan masih banyak lainnya. Jenisnya pun beragam, diantaranya yang paling banyak menarik minat adalah permainan olahraga bola besar dan bola kecil. Sepak bola, basket, voli, dan sepak takraw yang umum kamu lihat merupakan bagian dari permainan bola besar. Tapi tahukah kamu bahwa permainan bola kecil juga banyak jenisnya, dan seru untuk dimainkan. Salah satunya yang paling seru untuk dimainkan adalah rounders.

Peralatan permainan rounders

Bagi yang belum pernah dengar, rounders merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim terdiri atas 12 pemain menggunakan tongkat pemukul yang berasal dari kayu atau besi dan bola kecil dengan cara melempar, menangkap, memukul, dan menghindari lemparan bola. Olahraga ini dimainkan di dalam lapangan yang berbentuk segi lima beraturan dengan panjang sisi 15 meter. Dimana di kelima sudut lapangan terdapat base yang berbentuk persegi dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Dalam permainan ini nantinya akan ada pemain yang berperan sebagai pelambung bola, dan pemukul. Nah, sekarang mari kita cari tahu peralatan yang digunakan dalam permainan rounders.

  1. Tongkat pemukul

tongkat pemukul Rounders

Tongkat pemukul yang digunakan umumnya terbuat dari kayu yang dibentuk menjadi bulat telur alias oval. Panjang tongkat ini adalah 70 cm hingga 80 cm dengan keliling sekitar 29 cm.

  1. Bola

Bola

Bola yang digunakan dalam permainan rounders berukuran kecil, yakninya memiliki diameter 20 cm, dengan keliling 19-21 cm dan berat bola 30-70 gram atau 70-80 gram. Bola ini terbuat dari kulit dengan bagian dalam berisikan sabut kelapa.

  1. Bendera

Bendera Rounders

Bendera berwarna merah diletakkan di setiap sudut lapangan sebagai tanda dari tengah lapangan.

  1. Tiang Hingga

 

Tiang ini sebagai tempat melekatnya bendera, kemudian ditancapkan ke tanah dengan kokoh agar tidak tercabut pada saat dipegang.

  1. Peluit

Peluit digunakan oleh wasit untuk memberi aba-aba.

  1. Nomor dada atau nomor urut

Nomor urut diberikan kepada setiap pemain, dimulai dari angka 1 hingga 12.

  1. Kertas pencatat nilai

Pada kertas ini nantinya nilai dari masing-masing regu ditulis.

Setelah mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk bermain, tidak ada salahnya jika kita cari tahu pula bagaimana cara bermain rounders. Berikut penjelasanya :

  1. Sebelum permainan dimulai, maka terlebih dahulu kita menentukan tim mana yang akan menjadi penyerang ataupun tim jaga. Penentuan dapat dilakukan dengan cara diundi.
  2. Para pemukul menentukan urutan memukul bola, sehingga dapat mempersiapkan diri sebelum gilirannya tiba.
  3. Dalam permainan rounders, tidak diizinkan untuk mendahului pemukul yang berada di urutan sebelumnya, jika hal ini dilakukan maka akan terdapat sanksi bagi yang melanggar.
  4. Pemukul diberikan kesempatan tiga kali untuk memukul bola agar dia bisa berlari menuju base selanjutnya.
  5. Saat pemain tim penyerang berlari menuju base selanjutnya, maka tim jaga dapat mematikan lawan dengan cara mengetik atau membakar base tersebut.
  6. Setiap base/marka dalam permainan ini hanya boleh ditempati oleh satu pemain.
  7. Lama permainan ditentukan dengan inning, dimana dalam satu inning tiap tim akan mendapat kesempatan satu kali sebagai tim jaga, dan satu kali sebagai tim serang. Pertukaran peran dilakukan apabila tim jaga mampu menangkap bola sebanyak 5 kali, atau mematikan tim penyerang sebanyak 6 kali.
  8. Kemenangan ditentukan berdasarkan poin terbanyak yang diperoleh dari masing-masing tim.
  9. Perhitungan poinnya dilakukan dengan cara berikut, yaitu satu poin ketika melewati satu base, 6 poin jika berhasil melewati seluruh base dan kembali ke ruang tunggu alias home base. Apabila pemukul bola mendapatkan tik atau dibakar oleh tim penjaga, maka pemain tersebut tidak mendapat nilai.

Teknik dasar peralatan permainan rounders

Sebagai informasi tambahan, terdapat tiga buah teknik dasar yang digunakan dalam permainan rounders, yaitu :

  • Melempar bola

Perlu diingat untuk menggenggam bola dengan erat sebelum dilempar, hal ini dilakukan agar bola tidak terlepas dari tangan sebelum dilempar. Ada empat cara yang bisa digunakan dalam melempar bola, yaitu : melempar dari atas kepala dengan cara diayun ; melempar dari arah samping atau bawah ; pitch atau lemparan melambung ; dan lemparan dengan melecutkan pergelangan tangan.

  • Menangkap bola

Beberapa teknik yang digunakan dalam menangkap bola ialah menangkap bola dengan arah lurus ; menangkap bola dari arah melambung; dan menangkap bola yang bergulir di tanah.

  • Memukul bola

Ada tiga unsur gerak yang digunakan saat memukul bola, yaitu memegang tongkat pemukul ; mengayunkan tongkat ; dan gerakan lanjutan. Sedangkan untuk teknik pemukulnya sendiri pun dibedakan atas tiga, yaitu memukul melambung ; memukul menyusur tanah ; dan memukul mendatar.

         Demikianlah informasi mengenai permainan rounders. Untuk kamu yang berminat bermain rounders, kamu dapat memulainya dengan mengumpulkan teman bermain, lalu mencari peralatan yang dibutuhkan. Dari uraian di atas dapat dilihat bahwa alat-alat yang dibutuhkan tidaklah sulit untuk di dapat. Selain itu kamu juga dapat menonton berbagai pertandingan rounders dan mempelajari tata caranya dari tontonan tersebut.

Baca juga:

Inilah 9 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut yang Bisa Kamu Coba

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA