Penyebab Mata Kucing Berselaput Putih

0
24920 Cat Eye PETA Prime
Source: PETA Prime

Penyebab Mata Kucing Berselaput Putih – Mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, tentunya akan membuat Anda menjadi lebih betah dirumah karena bisa dijadikan teman untuk mengusir sepi dan menemani rutinitas. Jangan lupa memperlakukan kucing dengan baik agar semakin betah berada di rumah dan bisa diajak bermain dengan bebas dan gembira.

Selain memelihara, tentunya Anda juga harus merawat dan memperhatikan asupan makanan yang diberikan pada kucing. Hal ini bertujuan agar kesehatan kucing tetap terjaga, karena kucing merupakan hewan yang cukup rentan terserang penyakit seperti contohnya saja seperti mata berselaput  putih yang bisa mengganggu jarak pandang dan membuat pergerakan menjadi terbatas.

Penyebab Mata Kucing Berselaput Putih

1. Ada Benda Asing yang Masuk


24920 Cat Eye Public Domain Pictures
Source: Public Domain Pictures

Penyebab mata kucing berselaput putih, salah satunya bisa terjadi karena mata kucing terkena debu maupun kotoran. Hal tersebut memicu munculnya tertia palpebrata atau selaput putih pada mata, selaput putih ini mempunyai fungsi untuk melindungi bola mata kucing agar benda asing tidak masuk lebih ke dalam mata dan biasanya selaput akan hilang dengan sendirinya ketika kotoran tersebut sudah hilang.

oleh sebab itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan mata kucing dengan air bersih agar debu maupun kotoran yang menempel bisa hilang dan kucing menjadi lebih bersih.

2. Dehidrasi


24920 Cat Eye ASPCA Pet Insurance
Source: ASPCA Pet Insurance

Hal selanjutnya yang menjadi penyebab munculnya selaput putih pada mata kucing yaitu dehidrasi. Kucing yang mengalami dehidrasi parah bisa menimbulkan munculnya selaput putih pada mata secara tidak wajar, dan apabila dibiarkan maka akan berakibat fatal serta bisa mendatangkan penyakit lain yang berbahaya.

Oleh sebab itu, segera lakukan pertolongan jika kucing terlihat kehausan agar terhindar dari dehidrasi, ketika kondisi tubuhnya semakin lemah dan tidak berangsur membaik maka solusinya adalah dengan membawa ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

3. Faktor Kelainan Genetik


24920 Cat Eye PETA Prime
Source: PETA Prime

Ada beberapa ras kucing yang mengalami kelainan genetik, sehingga menyebabkan munculnya selaput mata. Adapun ras kucing tersebut yaitu Burma dan Burmese, jika kucing Anda merupakan salah satu dari ras tersebut maka jangan khawatir jika matanya setengah putih karena hal tersebut merupakan bawaan genetik. Namun, jika melihat selaput putih semakin bertambah perekat ditambah lagi kesehatan kucing menurun maka perlu waspada karena bisa saja kucing sedang sakit dan membutuhkan pertolongan.

4. Luka


24920 Cat Eye Science News
Source: Science News

Selaput putih yang muncul pada mata kucing juga bisa terjadi karena kucing mengalami luka akibat pukulan pada wajah. Selaput putih yang keluar pada bagian mata berfungsi sebagai alat pelindung dari gangguan maupun benturan. Umumnya, selaput tersebut akan hilang jika luka pada kucing sudah sembuh. Jadi, Segera berikan perawatan apabila kucing mengalami luka agar proses penyembuhan bisa semakin lancar dan selaput putih yang menutupi mata hilang.

5. Konjungtivitis


24920 Cat Eye RSPCA South Australia
Source: RSPCA South Australia

konjungtivitis adalah suatu kondisi dimana mata kucing mengalami infeksi sehingga menyebabkan munculnya selaput putih pada mata serta lakrimasi, mata membengkak dan jika infeksi bertambah parah maka selaput akan berganti menjadi merah dan berair. Apabila kucing peliharaan dirumah mengalami gejala tersebut, maka segeralah bawa ke dokter hewan agar segera mendapatkan resep obat tetes mata tertentu yang bisa menyembuhkan mata kucing.

6. Sindrom Haw


16720 Kucing Anggora INDOZONE
Source: INDOZONE

Sindrom haw adalah suatu penyakit yang ditimbulkan parasit berbahaya serta menyerang sistem pencernaan kucing, adapun organ yang diserang yaitu usus. Jika kucing mengalami sindrom ini maka akan menunjukkan gejala berupa diare parah serta muncul selaput putih pada  bagian mata, bahkan jika keadaan bertambah parah maka selaput tersebut akan berubah menjadi tonjolan atau prolapse.

Apabila kucing mengalami gejala sindrom haw, maka segera lakukan pertolongan darurat dengan cara memberikan obat cacing drontal yang dijual di petshop untuk meredakan diare. Namun, jika keadaan tetap tidak membaik segera bawa ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

7. Kanker


16720 Kucing Persia Vetstreet
Source: Vetstreet

Penyakit kanker yang terjadi  pada selaput mata kucing memang bisa dikatakan sebagai kasus langka, namun hal tersebut bisa saja terjadi. Sel kanker bisa membuat mata kucing tertutup dengan selaput putih, oleh sebab itu jika kucing peliharaan mengalami gejala selaput mata putih dan kondisi tubuh memburuk maka segera lakukan pertolongan dengan membawanya ke dokter hewan.

8. Kista Dermoid


2920 Cat Kucing Pet Life Today
Source: Pet Life Today

Penyakit kista dermoid biasanya muncul saat kucing lahir, kista ini bisa tumbuh sesuai dengan pertambahan usia kucing. Adapun tanda awalnya ditunjukkan dengan munculnya selaput putih pada mata kucing. Jika dalam jangka waktu yang lama selaput putih pada mata tidak juga hilang, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan agar bisa mendapatkan pemeriksaan dan mendapatkan perawatan.

Dengan membaca ulasan singkat tentang penyebab mata kucing berselaput kucing di atas, semoga bisa membantu Anda menentukan penanganan yang tepat bila suatu ketika kucing peliharaan muncul selaput putih pada bagian matanya.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan