Penyebab Kedutan pada Mata dan Cara Mengatasinya yang Perlu Kamu Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Apa itu Mata Kedutan?

Kedutan pada kelopak mata merupakan suatu hal yang cukup umum terjadi pada setiap orang. kondisi mata berkedut atau yang disebut Myokimia dalam istilah kedokteran merupakan kondisi yang terjadi karena adanya otot yang berkontraksi sekilas yang melibatkan kelopak mata bagian bawah pada salah satu mata.

Pada sebagian besar orang kedutan ini terasa ringan. Akan tetapi, ada pula yang mengalami kedutan pada mata yang dapat mengakibatkan kelopak mata tertutup. Beberapa orang yang lainnya bahkan ada yang tidak pernah mengalami tanda-tanda yang terlihat.

Tanda-Tanda & Gejala

Ciri-ciri dan gejala yang dialami oleh sebagian besar orang yang mengalami mata kedutan adalah kejang yang berulang pada otot kelopak mata secara tiba-tiba.

Kejang pada kelopak mata yang jarang terjadi merupakan salah satu kelainan otak atau saraf yang cukup serius. Jika kejang yang terjadi pada kelopak mata disebabkan oleh kondisi yang serius, maka biasanya disertai pula dengan gejala lainnya.

Stress

Kita memang sering mengalami stress di setiap saat, tetapi tubuh kita akan bereaksi dengan cara yang berbeda-beda. Untuk mengurangi stress sebagai penyebab mata kedutan, kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti yoga, latihan pernafasan dan menghabiskan waktu bersama teman serta memperbanyak waktu istirahat.

Kelelahan

Kelelahan yang sering kali menyebabkan kekurangan tidur juga bisa menyebabkan terjadinya kedutan pada mata. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambah jam tidur kamu di malam hari.

Ketegangan Pada Mata

Ketegangan pada mata bisa terjadi misalnya jika kamu membutuhkan kaca mata atau mengganti kaca mata. Bahkan masalah penglihatan sederhana bisa terjadi jika kamu membuat matamu bekerja lebih berat. Ini akan menyebabkan kedutan pada mata. Jadwalkan tes mata dan ganti kaca matamu sesuai kondisi terkini. Tegangan mata sering kali disebabkan penggunaan komputer, tablet atau ponsel yang berlebihan. Kalau kamu memang melakukan pekerjaan yang harus melibatkan komputer, kamu bisa menggunakan kacamata khusus anti radiasi.

Kafein

Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan mata kedutan. Coba kurangi kopi, teh, coklat dan minuman bersoda selama seminggu atau dua minggu. Biasanya frekuensi kedutannya akan berkurang atau hilang.

Alkohol

Kurangi dan sebisa mungkin hindari alkohol, karena alkohol bisa menyebabkan kelopak mata kedutan. Toh alkohol juga menjadi salah satu konsumsi adiktif penyebab bertambahnya pasien rumah sakit tertinggi.

Mata yang Kering

Banyak orang dewasa sering mengalami mata kering, apalagi jika usianya sudah melewati 50 tahun. Mata kering merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada orang-orang yang menggunakan komputer, menjalani pengobatan tertentu, menggunakan lensa kontak atau mengkonsumsi kafein atau alkohol secara berlebih. Jika kamu sedang stres, risiko mata kering juga lebih tinggi. Kalau kelopak matamu berkedut dan matamu terasa kering, temui dokter mata untuk pemeriksaan mata kering. Mengembalikan kelembaban permukaan matamu akan mencegah kekeringan dan risiko kedutan ke depannya.

Ketidakseimbangan Nutrisi

Beberapa penelitian menemukan bahwa kekurangan nutrisi tertentu, seperti magnesium, bisa menyebabkan kejang urat pada kelopak mata. Jika kamu khawatir pola makanmu tidak mencakup semua nutrisi yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu membicarakan hal ini dengan doktermu untuk pendapat ahli daripada membeli produk konsumsi nutrisi sembarangan.

Alergi

Orang dengan alergi mata bisa menimbulkan gatal, pembengkakan dan mata berair. Ketika mata dikucek, ini akan melepaskan histamine pada jaringan kelopak mata dan kantung air mata. Ini berdampak cukup signifikan, karena beberapa bukti menunjukkan bahwa histamine bisa menyebabkan mata kedutan.

Kebanyakan penyebab kelopak mata berkedut itu sangatlah ringan dan jinak, yang berarti kondisi ini tidak perlu terlalu dipusingkan atau dijadikan kekhawatiran dalam masalah medis. Hal ini juga tidak ada hubungannya dengan petunjuk-petunjuk mistis. Kedutan mata itu sudah biasa kok.

Apa Saja Pengobatan untuk Mata Kedutan?

Pada sebagian besar kasus mata, kedutan ringan pada mata akan hilang dengan sendirinya. Tetapi, apabila penyebabnya adalah mata kering atau iritasi mata, kamu bisa mencoba air mata buatan yang sudah banyak dijual di apotek. Biasanya air mata buatan ini dapat meringankan kondisi yang terjadi pada mata.

Pengobatan yang paling sering digunakan adalah Botulinum Toxin (Botox, Dysport, Xeomin). Obat ini sering digunakan dengan hemifacial spasm. Botox sendiri dapat meringankan kejang parah selama beberapa bulan. Namun, begitu efek suntikan memudar, Anda akan memerlukan suntikan lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab mata kedutan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi kamu yang merasa sering mengalami masalah ini. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA