Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kram Saat Hamil

0

Hamil setelah menikah memang hal sangat ditunggu-tunggu, karena kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga menjadi hal yang sangat membahagiakan. Dibalik kebahagiaan tersebut, ibu hamil sering kali merasakan rasa sakit, perut kram saat hamil seringkali terjadi. Meskipun kram pada perut saat hamil normal terjadi, tetapi akan lebih baik jika segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas.

Seringkali kram pada perut ini juga disertai dengan gejala-gejala lainnya, sehingga jika hal tersebut terjadi perlu diwaspadai agar tidak membahayakan kandungan. Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil muda, penting sekali untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi perut kram dengan tepat.

Penyebab Kram Perut


Munculnya rasa sakit kram pada perut saat hamil bisa disebabkan karena beberapa penyebab. Pada umumnya kram pada perut ini disebabkan karena kondisi normal seperti perubahan hormon, membesarnya rahim dan lain sebagainya. Selengkapnya berikut ini penyebab perut kram saat hamil:

1. Perubahan Hormon

Peningkatan hormon progesteron terjadi saat hamil. Dengan terjadinya peningkatan ini bisa berpengaruh terhadap lambatnya sistem kerja di saluran cerna. Sehingga makanan yang dikonsumsi saat hamil akan dicerna secara lambat. Bahkan, hal tersebut juga bisa menimbulkan kram perut serta sembelit.

2. Membesarnya Rahim

Membesarnya rahim juga menjadi salah satu penyebab kram perut. Seperti yang telah kita ketahui selama hamil dinding perut akan merenggang dan pastinya posisi usus akan berubah. inilah yang menjadi salah satu faktor ibu hamil sering merasa mual. Bahkan, parahnya lagi bisa merasakan kram perut yang berlebihan.

3. Peregangan Ligamen

Saat hamil peregangan ligamen akan terjadi dan hal tersebut akan terjadi sesuai dengan pertumbuhan janin. Tetapi, ligamen akan menyesuaikan diri dengan menebal dan membesar agar bisa menopang rahim. Pada proses peregangan inilah yang menimbulkan nyeri pada ligamen dan perut akan terasa mengencangkan. Hal inilah yang menimbulkan kram pada perut saat hamil.

4. Peningkatan Tekanan pada Otot, Sendi, dan Pembuluh Darah

Penyebab perut kram saat hamil yang selanjutnya yaitu terjadinya peningkatan tebakan pada otot, sendi serta pembuluh darah. Rasa nyeri pada perut akan semakin terasa jika melakukan aktivitas fisik. Bahkan, saat mengubah posisi duduk atau batuk, rasa nyeri pada perut terkadang juga terasa.

5. Usai Berhubungan Seks

Penyebab perut kram saat hamil yang terakhir yaitu dikarenakan setelah berhubungan seks. Karena setelah melakukan hubungan seks atau mengalami orgasme, rahim akan mengalami sensasi tertentu sehingga bisa memicu kram perut berlebih.

Mengatasi Kram Perut


Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab  perut kram saat hamil, penting juga untuk mengetahui cara untuk mengatasinya. Meskipun kram pada perut saat hamil sudah menjadi hal yang normal, tetapi tetap saja perlu diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Sebagaimana berikut ini cara-cara mudah mengatasi kram perut:

  • Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kram perut saat hamil yaitu cobalah untuk tetap rileks dan tidak panik saat kram menyerang.
  • Ketika posisi tertidur dan ingin bangun lakukan gerakan secara perlahan-lahan. Saat kram menyerang sebaiknya bungkukkan badan ke arah sumber yang sakit, dengan cara tersebut setidaknya bisa membantu meredakan rasa nyeri.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih Apakah makanan yang kaya serat jika nyeri pada perut disebabkan karena sembelit.
  • Lakukan olahraga yang ringan jika kram pada perut disebabkan karena gas berlebihan. Selain itu, penting juga untuk mengurangi makanan yang mengandung gas.
  • Agar kram saat hamil bisa diantisipasi, Anda perlu melakukan olahraga ringan. Salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil yaitu yoga. Bahkan, olahraga ini cocok dilakukan, setelah usia kehamilan 3 bulan.
  • Saat hamil juga perlu mandi dengan air hangat. Setidaknya lakukan pengomposan perut serta memijat punggung. Setidaknya hal tersebut bisa meringankan rasa nyeri pada perut.

Waktu yang Tepat Saat Konsultasi ke Dokter


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya perut kram saat hamil normal terjadi. Tetapi bukan berarti Anda bisa menyepelekan hal tersebut, karena bisa saja berbahaya. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus segera di konsultasikan pada dokter jika terjadi.

  • Perut terasa sakit berlebihan saat buang air kecil
  • Ketika kram terjadi, perut bagian bawah akan terasa sangat sakit.
  • Bisa mengalami demam selama 24 jam yang disertai dengan nyeri perut.
  • Dalam beberapa hari keluar cairan, flek dan darah dari vagina.

Jika Anda atau orang terdekat mengalami gejala-gejala tersebut, penting untuk segera mendapatkan penanganan dokter agar diperiksa. Karena jika hal tersebut dibiarkan saja takutnya bisa menjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak perlu khawatir mengatasi perut kram saat hamil, karena dengan adanya ulasan ini Anda bisa mengantisipasi terjadinya kram pada perut yang berlebihan. Pastikan tetap jaga kesehatan dengan menerapkan pola makan yang sehat serta imbangi dengan olahraga yang cukup.

BACA JUGA!

Pengertian dan Fungsi Pap Smear Adalah Sebagai Berikut