Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris
Daftar Topik

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Kasus layar laptop bergaris merupakan suatu hal yang lumarah dan sering dialami oleh banyak orang pengguna perangkat yang satu ini. Penggunaan perangkat, baik PC maupun laptop saat ini tidak dapat terhindarkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini pun menjadi suatu yang lumrah. Meski sempat tergeser oleh keberadaan Android yang kini multifungsi, nyatanya PC maupun laptop masih menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat.

Maka dari itu penting untuk kita merawat dan memelihara perangkat, baik PC maupun laptop, dengan sebaik mungkin. Meski tidak di pungkiri gangguan kecil seperti kerusakan tetap akan ada, semisal contohnya layar laptop bergaris. Kerusakan yang satu ini memang cukup sering dialami oleh banyak orang. Layar bergaris merupakan salah satu ciri-ciri LCD PC atau Laptop yang rusak.

Penyebab Layar Laptop Bergaris

LCD laptop yang mengalami kerusakan hingga membuat garis-garis pada layar lapto bisa jadi sebabkan oleh suatu hal. Penyebabnya pun beragam, bisa karena fator eksternal maupun internal. Eksternal misalnya seperti laptop jatuh, basah atau sebagainya. Sedangkan faktor internal adalah yang berasal dari dalam perangkat iru sendiri, seperti kabel LCD yang putus atau sebagainya.

Adapun tipe garis yang umum muncul pada layar laptop sebagai indikasi bahwa LCD rusak ada dua, yaitu vertikal monocrom dan gelombang. Kedua tipe garis ini pun masing-masing mengindikasikan penyebab kerusakan pada perangkat. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Tipe pertama adalah garis lurus vertikal berwarna. Warna yang sering muncul adalah hitam dan putih halus. Garis vertikal ini umumnya tidak bergerak sama sekali. Gangguan sebagaimana hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kerusakan yang cukup pada bagian panel screen LCD laptop.

Sedangkan Tipe yang kedua memiliki struktur garis bergelombang yang memanjang dan mendatar. Garis gelombang ini biasanya akan bergerak naik turun secara halus dan terkadang cepat. Selain gelombang, tipe kedua juga muncul berupa garis-garis kecil secara random. Garis sebagaimana berikut mengindikasikan bahwa adanya permasalahan pada kabel LCD, RAM, VGA maupun hardware laptop lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja LCD.

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Baca Juga: 7 CARA MENGATASI LAPTOP TIDAK BISA SHUTDOWN

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

Setelah mengetahui beberapa penyebab atau masalah timbulnya garis pada layar laptop, berikut akan sedikit diulas tentang beberapa cara untuk mengatasinya. Adapun ulasannya adalah sebagaimana berikut:

Menggunakan Pixel Repairer

Garis pada layar laptop merupakan tanda bahwa terjadi kerusakan pada panel screen LCD yang disebabkan oleh adanya dead pixe. Kerusakan ini umumnya terjadi karena adanya cacat bawaan pada panel screen sejak awal. Penyebab lainnya juga bisa jadi karena adanya tekanan yang terlalu keras pada layar sehingga beberapa sistem pada LCD tidak bekerja secara maksimal.

Nah, cara ampuh pertama untuk mengatasi problem ini adalah dengan menginstal Pixel Repairel di laptop Anda. Aplikais yang satu ini merupakan software pendeteksi dead pixel khusus bagi pengguna windows. Di samping fungsinya untuk mendeteksi dead pixel, software ini juga berfungsi sekaligus untuk memperbaikinya. Tentu hal ini akan sangat memudahkan Anda memperbaiki layar tanpa harus bongkar terlebih dahulu. Berikut cara pengaplikasiannya:

Memeriksa Kabel Fleksibel Layar

Selain menggunakan Pixel Repairer, Anda juga mengecek atau memeriksa kembali kabel fleksibel layar. Kabel fleksibel layar merupakan sambungan kabel yang menghubungkan layar LCD dengan motherboard laptop. Munculnya gari pada layar kadangkala merupkan indikasi kabel kendor atau mengalami kerusakan.

Ketika muncul garis pada layar, Anda bisa memeriksa sambungan kabel fleksibel untuk memastikan terpasang baik tidaknya kabel. Untuk mengindikasikan dapat dengan menghubungkan laptop dengan layar monitir eksternal (PC). Apabila garis-garis tetap muncul maka kemungkinan besar kerusakan tidak terdapat pada kabel fleksibel layar maupun panel screennya. Melainkan bisa jadi kerusakan terjadi pada komponen lain seperti RAM, VGA atau bahkan Hardisk.

Memerikas Kembali RAM, Hardiks dan VGA

Ketika memeriksa kabel flesibel tapi ternyata tidak ada kerusakan, periksalah kembali RAM, VGA atau hardisk Anda. Anda bisa membuka dan bersihkan pin-pinnya dengan memakai penghapus. Kemudian tutup kembali dan apabila ada dua slot RAM maka coba pindahkan. Namun, jika garis masih bertahan lanjutkan untuk memeriksa VGA.

Selain itu indikasi kerusakan juga apabila hardisk yang rusak atau sekedar kabel hardisk rusak maupun tidak terpasang dengan baik. Periksa dan pastingan sambungan kabel hardisk terpasang dengan baik. Ganti kabel jika memang terjadi kerusakan. Untuk memastikannya Anda bisa memasang hardisk lain pada perangkat.

Demikian sedikit ulasan tentang cara ampuh mengatasi layar laptop bergaris, sekian dan semoga bermanfaat.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA