Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

0
3920 Layar Laptop Bergaris Kompasiana
Source: Kompasiana

Sebetulnya kasus dari layar laptop yang bergaris memang menjadi hal yang cukup lumrah, bahkan kerap kali dialami oleh para pengguna laptop dengan merk apapun. Tentu saja para pengguna laptop ataupun PC tidak akan bisa menghindari hal tersebut serta bisa pula disebabkan oleh berbagai macam hal. Terlebih lagi para pengguna laptop bukan hanya sebatas orang-orang yang bekerja di kantoran, namun penggunaan dari laptop juga sudah dipakai oleh para pelajar hingga mahasiswa.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda guna mengetahui bagaimana cara memelihara serta merawat perangkat laptop tersebut. Walaupun tidak bisa dipungkiri jika terdapat gangguan kecil yang kerap kali membuat kerusakan. Sedangkan untuk masalah layar laptop yang bergaris menjadi salah satu ciri dari LCD laptop yang rusak. Untuk itu Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi layar laptop bergaris yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

1. Faktor-faktor yang Menjadi Penyebab Layar Laptop Menjadi Bergaris


3920 Layar Laptop Bergaris Kompasiana
Source: Kompasiana

Ketika LCD dari laptop mengalami kerusakan bahkan sampai memunculkan garis-garis pada layar, bisa jadi perihal tersebut dikarenakan suatu faktor. Tentu saja penyebabnya akan beraneka macam, bisa pula dikarenakan adanya faktor eksternal maupun faktor internal.

Sedangkan untuk faktor eksternalnya bisa terjadi dikarenakan laptop jatuh, laptop terkena air dan lain sebagainya. Untuk faktor internalnya bisa juga dikarenakan dari dalam laptop itu sendiri, misalnya saja terdapat kabar dari LCD yang terputus.

Sebetulnya terdapat tipe dari layar laptop bergaris, yang mana garis tersebut memang sangat umum muncul dan menjadi indikasi jika LCD rusak. Untuk yang pertama adalah garis vertikal monokrom dan yang kedua ialah garis dengan gelombang. Sebetulnya kedua garis tersebut memang menjadi indikasi yang menjadi penyebab kerusakan pada perangkat.

Tipe yang pertama ialah garis lurus vertikal dan mempunyai warna. Untuk warna yang sering muncul ialah warna putih dan juga warna hitam. Garis vertikal ini tidak bergerak namun gangguan seperti ini juga mengindikasi adanya kerusakan yang cukup berat pada bagian panel sekring LCD laptop.

Sedangkan untuk tipe garis yang kedua ini mempunyai struktur garis yang bergelombang serta memanjang. Umumnya garis gelombang ini akan mempunyai gerakan naik turun. Bahkan garis ini juga akan memunculkan garis-garis yang kecil secara random. Ketika muncul garis seperti ini pada layar laptop tentunya akan mengindikasi terjadinya sebuah permasalahan yang ada di kabel LCD, permasalahan pada RAM, hardware dan juga VGA.

2. Cara Mudah Mengatasi Layar Laptop Bergaris


3920 Pixel Repairer Dherma Technology
Source: Dherma Technology

Setelah kita mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada layar LCD sehingga memunculkan garis. Maka yang berikut ini ialah cara untuk mengatasi layar bergaris:

  • Memakai Pixel Repairer Pada Laptop

Memang betul Jika garis yang berada pada layar laptop adalah tanda apabila panel screen LCD mengalami kerusakan yang dikarenakan adanya dead pixel. biasanya kerusakan ini akan terjadi disebabkan oleh cacat bawaan yang berasal dari panel screen. Sedangkan untuk menyebut lainnya bisa jadi terdapat adanya tekanan pada layar sehingga tidak mampu bekerja secara maksimal.

Maka dari itu Anda bisa menggunakan aplikasi pixelrepairer yang akan dengan mudah mengatasi problem tersebut. Aplikasi ini adalah software yang bisa mendeteksi dead pixel khusus bagi seluruh pengguna Windows. Bukan hanya bisa mendeteksi dead pixel, akan tetapi software ini juga berguna untuk memperbaikinya.

  • Memeriksakan Kabel Fleksibel Pada Layar

Bukan hanya memakai aplikasi di atas, namun ada juga harus melakukan pengecekan kembali dari kabel fleksibel layar. Kabel fleksibel hari ini sendiri menjadi sambungan kabel yang bisa menghubungkan layar LCD dengan motherboard laptop. Biasanya kemunculan dari garis yang ada di layar adalah memberikan tanda jika kapal mengalami kerusakan atau kendor.

Jika memang kapal tersebut mengalami kantor maka Anda bisa memperbaikinya. Namun pada saat garis pada laptop tersebut tidak menghilang dan tetap muncul, maka hal tersebut bisa diartikan jika kabel fleksibel dari layar mengalami kerusakan. Atau bisa pula terdapat kerusakan pada komponen lain.

  • Mengecek Kembali Komponen Hardisk, RAM beserta VGA

Nah, ketika cara diatas tidak berhasil maka Anda harus memeriksa komponen lain seperti harddisk, kemudian RAM dan juga VGA. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan penghapus setelah itu tutup kembali. Dan ketika terdapat 2 slot RAM maka Anda bisa memindahkannya.

Kemudian indikasi dari kerusakan bisa pula dikarenakan harddisk ataupun kabel dari hardisk mengalami kerusakan. Anda juga harus memastikan jika sambungan dari kabel terpasang dengan baik atau bisa pula mengganti kabel tersebut apabila memang mengalami kerusakan.

Dengan sedikit ulasan mengenai penyebab serta cara mengatasi layar laptop bergaris. Semoga bisa membantu Anda untuk lebih mudah mengatasi hal tersebut. Pastikan pula Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang service.

BACA JUGA!

Cara Mengecilkan Layar Komputer dengan Keyboard