Penyebab Cegukan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Penyebab Cegukan
Daftar Topik

Cegukan adalah kondisi yang disebabkan oleh kontraksi otot diafragma dan otot di sekitar tulang rusuk yang terjadi secara tiba-tiba. Apa itu otot diafragma? Otot diafragma ini terdapat di antara paru-paru dan rongga perut yang berbentuk seperti kubah.

Ketika anda menarik napas, otomatis paru-paru akan terisi udara. Akhirnya, otot diafragma ini akan menurun atau akan terdorong ke bawah. Dan otot diafragma ini akan kembali rileks seperti semula ketika anda mengeluarkan napas. Jadi udara di dalam paru-paru anda keluar, lalu otot diafragma akan kembali seperti semula.

Namun pada kondisi tertentu, akan menyebabkan otot diafragma mengalami spasme atau kontraksi dan akhirnya memaksa untuk menarik udara masuk ke dalam tenggorokan, lalu akhirnya berbunyi seperti cegukan. Itulah sebabnya dalam bahasa inggris disebut hiccup.

Mengapa cegukan atau hiccup ini bisa terjadi? Apa penyebabnya?

Sebenarnya hal ini bisa dipengaruhi oleh kondisi fisik ataupun emosional:

  1. Makan terlalu cepat dan terlalu banyak.
  2. Banyak minum minuman kaleng bersoda atau beralkohol.
  3. Merasa gugup atau terlalu bersemangat.
  4. Stress.
  5. Perubahan suhu secara tiba-tiba.
  6. Makan sambil berbicara.

Biasanya, cegukan ini berlangsung sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus walaupun jarang terjadi, cegukan ini dapat berlangsung lama, sekitar 1 hari lebih hingga berhari-hari. Biasanya terjadi karena kerusakan sistem syaraf yang terhubung dengan diafragma. Pada kasus yang lebih serius, mungkin pada mereka yang mengalami tumor di daerah leher ataupun gondok, hal ini juga dapat menyebabkan cegukan.

Ada beberapa obat-obatan seperti golongan steroid dan obat-obatan penenang juga dapat memicu terjadinya cegukan yang berkepanjangan. Apabila cegukan anda disertai batuk, kemudian sesak, nyeri perut, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter atau Rumah Sakit terdekat untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda.

Cara Menghilangkan Cegukan

Banyak cara yang awam diketahui untuk menghentikan cegukan, contoh digantung terbalik, dibuat kaget atau ditakut-takuti, menahan napas, minum air yang banyak, dan sebagainya. Tapi cara-cara tersebut belum terbukti secara ilmiah dan lebih mengarah ke sugesti agar sembuh dari cegukan.

Namun ada beberapa pendapat dari para ahli dengan menahan napas atau bernapas di dalam kantung dapat menyebabkan karbon dioksida terkumpul di dalam paru-paru, sehingga membuat diafragma menjadi rileks kembali. Namun jika semua cara ini tidak berhasil juga, mungkin anda bisa menunggu sebentar. Biasanya, cegukan itu akan hilang dengan sendirinya.

Tetapi jika masih tidak hilang juga, segera hubungi dokter anda supaya anda mendapatkan pemeriksaaan kesehatan yang lebih dalam lagi, mungkin anda mengidap penyakit tertentu atau dari efek samping obat tertentu.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP