Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

0
21920 Calender Freepik

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar – Dalam keseharian kita, pastinya tidak lepas dari yang namanya tanggal. Apalagi tanggal merah, tanggal yang selalu dinanti-nanti oleh para pelajar karena pasti akan libur kegiatan belajarnya.  Ya tanggal merupakan angka yang untuk menunjukkan hari dalam suatu tahun. Tanggal begitu penting dalam kehidupan kita karena jika tidak ada tanggal pastinya kita bingung bukan? Bayangkan saja bagaimana jika ada hari, ada bulan, ada tahun tapi tidak ada tanggal maka pastinya sangat menyusahkan sekali. Karena pada dasarnya keempat hal itu penting dan harus saling melengkapi.

Ada berbagai macam cara untuk menulis tanggal. Dan untuk setiap Negara cara penulisannya pun berbeda-beda. Jika di negara kita penulisan tanggalnya hanya dengan format seperti ini 21 April 2019, maka dalam Bahasa Inggris pun berbeda.

Nah, kali ini kami akan sedikit memberikan contoh. Penulisannya pun juga ada berbagai macam format. Buat kalian yang ingin mengetahui bagaimana  cara yang benar untuk penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris. Berikut akan kami berikan contoh-contoh-nya:

Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar dan Mudah Diingat


21920 Bulan Bahasa Inggris Grammar

  1. Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang akan kalian temukan pada surat undangan, surat kedinasan, surat resmi dan surat-surat formal lainnya.

Contoh format adalah sebagai berikut:

Dalam Bahasa Inggris British yaitu “The Nine of June, 2019”

Dalam Bahasa Inggris Amerika yaitu “June the Nine, 2019”

 

2. Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang sering dipakai oleh semua orang dan biasanya untuk surat-surat yang tidak formal.

Contoh format penulisannya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Dalam Bahasa Inggris British yaitu “15th July 2019”

Dalam Bahasa Inggris Amerika yaitu “July 15th, 2019”

 

3. Dipakai oleh semua orang dan biasanya untuk surat-surat yang tidak formal yang tanpa adanya tambahan kata th, st,rd, dan nd. Cara penulisannya hampir sama dengan format penulisan pada nomor dua, tapi tanpa ada tambahan katanya.

Contoh format penulisannya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Dalam Bahasa Inggris British yaitu “ 15 July 2019”

Dalam Bahasa Inggris Amerika yaitu “July 15,2019”

Di format penulisan yang ketiga ini ternyata ada keunikannya karena penulisan dalam Bahasa Inggris british sama dengan format penulisan dalam bahasa Indonesia.

 

4. Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang akan kalian temukan pada surat pribadi, memo, surat pemberitahuan dan surat-surat yang bersifat untuk pribadi. Penulisan tanggal ini hanya untuk penulisan pada surat yang benar-benar tidak formal seperti untuk surat pribadi.

Contoh format penulisannya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Dalam Bahasa Inggris British yaitu “ 12/4/2019”

Dalam Bahasa Inggris Amerika yaitu “4/12/2019”

 

  1. Untuk penulisan tanggal pada nomor 5 ini, akan kalian temukan pada surat resmi maupun tidak resmi. Penulisan tanggal dalam format ini digunakan untuk menulis sebuah dokumen yang bersifat resmi maupun tidak.

Contoh format penulisannya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Dalam Bahasa Inggris British yaitu “ 12/4/19”

Dalam Bahasa Inggris Amerika yaitu “4/12/19”

 

  1. Pada nomor ini, adalah format penulisan yang lebih lengkap, untuk fungsinya sama seperti yang lainnya.

Contoh format penulisannya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

“Wednesday, Jan 15th 2019”

“ Wednesday, January 15th 2019”

 

  1. Penulisan tanggal untuk nomor tujuh ini yang ditulis hanya harinya saja. Jadi, untuk format penulisan ini biasanya digunakan untuk hari-hari penting.

Contoh format penulisannya dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

“Valentine day”

“Eid Mubarak day”

Nah, itulah contoh bagaimana cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang benar dan mudah untuk diingat. Semoga dengan kami bagikan contoh-contoh penulisan tanggal ini, dapat bermanfaat bagi kalian semua.

BACA JUGA!

Cara Membuat Surat Bahasa Inggris