Pentingnya Vaksin Anjing yang Masih Kecil

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Smiling Veterinarian Examining A Cute Dog
Daftar Topik

Vaksin memang tidak terlepas dari makhluk hidup untuk menunjang kesehatan mereka. Meski tubuh memiliki reflek membentuk imunitas tubuh yang bagus ada sebagian dari mereka yang tetap membutuhkan vaksin untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu. Vaksin juga penting untuk hewan, dimana agar hewan tetap sehat perlu adanya pemberian vaksin. Tidak terkecuali untuk hewan peliharaan semacam anjing. Memberikan vaksin anjing saat masih kecil merupakan hal yang penting.

Seperti yang kita tahu dalam ilmu kedokteran pemberian vaksin berarti memasukkan bakteri atau virus yang sudah dijinakkan untuk merangsang munculnya antibodi. Sehingga ketika ada virus yang sama masuk ke dalam tubuh anjing bibit vaksin tersebut dapat mengikat dan menangkalnya.

Apalagi jika Anda memiliki anjing yang masih kecil atau anakan. Pemberian vaksin anjing tentu menjadi prioritas. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh anjing yang masih kecil dengan yang sudah besar begitu berbeda. Berbagai virus bisa saja menyerang puppy tersebut jika tidak segera memberikan vaksin anjing.

Usia Siap Vaksin


19820 Dog Biljac
Source: Bil-Jac

Berapakah usia anak anjing yang siap diberi vaksin? Menurut AAHA anak anjing yang siap adalah yang sudah berusia 6 – 16 minggu. Sedangkan untuk pemberiannya sendiri bisa dilakukan 2 – 4 pekan sekali. Perlu diingat bahwa memberikan vaksin pada anjing yang masih kecil sangat penting adanya. Untuk itu jangan malas memberikan hal yang mereka butuhkan.

Hal ini dilakukan untuk membuat anak anjing tetap sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu memberikan vaksin  pada anjing juga digunakan untuk mengurangi kemungkinan infeksi virus tertentu.

Jenis Vaksin Anjing yang Perlu Diketahui


19820 Vaksin Anjing Liputan6
Source: Liputan6

1. Vaksin DP (Distemper dan Parvovirus)

Seperti namanya jenis vaksin yang satu ini dapat menghindarkan peliharaan yang masih kecil dari infeksi penyakit seperti distemper yang menyerang sistem pernapasan. Selain itu, virus tersebut juga dapat membuat telapak kaki anjing mengeras beserta infeksi kulit.

Sedangkan untuk virus Parvovirus lebih menyerang ke bagian pencernaan yang membuat anjing menjadi demam. Selain itu serangan virus yang satu ini membuat anjing terserang diare, muntah, serta menurunnya kemampuan memulihkan diri.

2. Vaksin PiBr

Penyakit yang menginfeksi saluran pernafasan seperti bordetella efektif diatasi menggunakan jenis PiBr. Pemberian jenis vaksin yang satu ini sebaiknya untuk anjing yang sudah berusia 10 – 12 minggu.

Meski penyakit yang menginfeksi ini tidak menyebabkan kematian, namun tetap saja dapat memperpendek usia anjing kesayangan Anda.

3. Vaksin DHLPI

Vaksin yang satu ini normal diberikan untuk anak anjing yang sudah berusia 14 – 16 minggu. Pemberian vaksin DHLPI pada doggy yang masih kecil efektif mengatasi masalah kesehatan seperti distemper, hepatitis, dan leptospirosis.

4. Vaksin Rabies

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit rabies. Penyakit yang satu ini bisa menyerang hewan apapun terutama doggy. Penyakit rabies yang tidak segera dikenali bisa menyebabkan kematian pada anjing. Hal ini karena rabies langsung menyerang ke sistem saraf pusat dan gejalanya bisa berupa sakit kepala, air liur berlebih, serta halusinasi.

Nah, agar doggy anakan Anda aman dari penyakit mematikan ini perlu disuntikkan pada usia 4 – 6 bulan.

Efek Samping Setelah Pemberian Vaksin


19820 Vaksin Anjing Womantalk
Source: Womantalk

Biasanya pemberian vaksin pada anjing menimbulkan efek samping. Tenang saja hal ini sudah biasa terjadi sebab tubuh menerima sesuatu yang baru dan menjalani proses adaptasi. Anjing yang telah diberi vaksin biasanya akan mengalami demam atau nafsu makan menurun. Selain itu, peliharaan juga menjadi lemas dan kurang bersemangat. Jika mengalami hal tersebut Anda tidak perlu cemas karena efek sampingnya bisa hilang dengan sendirinya.

Cek Kesehatan Anjing


Smiling Veterinarian Examining A Cute Dog
Source: Pet Central

Untuk menentukan kapan pemberian vaksin yang paling tepat Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan  saat pemberian obat ini. Selain itu, sebelum pemberian vaksin ini Anda juga perlu cek kesehatan peliharaan terlebih dahulu, sebab pemberian vaksin saat kondisi tubuh peliharaan sedang tidak baik hanya akan membahayakannya. Oleh sebab itu pastikan kondisi peliharaan Anda sehat, selanjutnya proses pemberian vaksin bisa dilakukan.

Syarat Anjing Boleh Divaksin


19820 Dog Eat Pet WetMD
Source: Pet WetMD
  • Sehat
  • Tidak demam
  • Nafsu makan baik
  • Tidak muntah
  • Ngga diare
  • Tidak cacingan
  • Umur sesuai syarat minimal
  • Tidak flu
  • Tidak memiliki masalah kulit
  • Telah melalui masa adaptasi 7 – 14 hari

Setelah membaca ulasan di atas pastinya Anda sudah paham betapa pentingnya vaksin untuk Anjing yang masih kecil. Jika tidak ingin hewan kesayangan Anda terserang penyakit, maka rajin-rajinlah dalam perawatan. Selain vaksin memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk anjing juga diperlukan. Karena akan sia-sia vaksin tersebut jika tidak ditunjang dengan pola makan serta kebutuhan gizi anjing Anda. Anjing akan memiliki daya tahan tubuhnya lebih baik dari pada yang tidak divaksin sama sekali.

BACA JUGA!

Makanan Anjing Sederhana yang Menyehatkan

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA