Pentingnya Surat Perjanjian Pinjaman Uang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
151020 Sign Search Engine Land
Daftar Topik

Surat perjanjian pinjaman uang memiliki fungsi sebagai bukti fisik. Bukti fisik dalam proses atau tahapan peminjaman yang dilakukan kedua belah pihak. Agar nantinya tidak terjadi suatu kekeliruan atau perselisihan yang merugikan.

Karena surat tersebut nantinya yang akan menjadi pengingat serta bukti bahwa telah terjadi suatu kesepakatan tertentu. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan surat perjanjian sebagai bukti telah terjadi pinjaman uang.

Mengurangi Risiko yang Akan Terjadi


151020 Risk Cpssoft
Source: CPSSoft

Setiap kesepakatan yang hanya terucap secara lisan bisa saja mengalami perselisihan di kemudian hari. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya kendala. Kendala dapat berupa adanya salah satu pihak yang ternyata lupa. Adanya surat perjanjian pinjaman uang ini memiliki digunakan untuk mengurangi berbagai jenis risiko.

Misalkan saja adanya perjanjian bunga dan jangka waktu yang lama. Tanpa adanya surat perjanjian pinjaman uang, sudah pasti akan banyak risiko yang terjadi. Maka dengan terdapatnya surat tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi berbagai jenis risiko.

Mengatasi Masalah yang Kemungkinan Timbul di Masa Depan


151020 Problem Solving Sschoolblogs
Source: SchoolBlogs

Manusia memiliki sifat yang mudah lupa dan kadang tidak lupa tapi pura-pura lupa. Jika suatu peminjaman uang dilakukan secara bertatap muka dan cukup dengan omongan, maka akan dipastikan di masa depan antara peminjam dan yang meminjami akan terdapat suatu masalah.

Perjanjian hitam di atas putih atau bisa disebut dengan surat perjanjian pinjaman uang merupakan bukti yang nyata apabila ternyata di kemudian hari ditemukan salah satu pihak memiliki pendapat yang berbeda. Kemudian juga sebagai bukti bahwa peminjaman memang terjadi sebagai mestinya dan telah disepakati. Posisi surat disini memang menjadi penting karena menjadi bukti yang harus dilaksanakan.

Meski telah terdapat suatu surat perjanjian, namun salah satu pihak tetap melakukan pengkhianatan tertentu maka sudah pasti jalur hukum bisa dilakukan disini. Karena terdapatnya bukti hukum yang kuat antara kedua belah pihak.

Surat peminjaman inilah yang nantinya akan dijadikan suatu bukti dalam persidangan. Jadi, peranan penting yang dimiliki jika suatu utang-piutang memiliki surat perjanjian adalah adanya solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Mengetahui Pihak yang Terlibat dalam Urusan Peminjaman


151020 Sign Search Engine Land
Source: Search Engine Land

Peminjaman uang yang hanya disahkan melalui pertemuan belaka tanpa adanya pencatatan dan penandatanganan tertentu, sudah pasti akan memiliki dampak yang buruk bagi kemudian hari. Biasanya apabila terjadi suatu hutang piutang dalam jumlah yang cukup besar maka pasti terdapat suatu saksi agar perjanjian tersebut menjadi sah. Mulai dari saksi dari si peminjam hingga saksi dari yang meminjami.

Dengan adanya surat tersebut, nantinya akan tercantum dengan jelas siapa saja pihak yang terlibat dan terkait dalam proses perjanjian. Kemudian proses perjanjian juga akan terekam.

Mulai dari besar pinjaman, bunga yang kan diberikan untuk peminjam, jangka waktu harusnya peminjam melakukan pembayaran, secara bertahap atau secara langsung, kemudian juga terdapat identitas diri yang menunjukkan siapa orang yang melakukan pinjaman dan yang meminjamkan.

Mengetahui Perjanjian Awal yang Dilakukan


151020 Perjanjian Incharge Debt Solutions
Source: InCharge Debt Solutions

Setiap urusan baik dalam segi bisnis atau hutang piutang, pasti memiliki bentuk perjanjian awal yang menjadi sumber rujukan atau Patokan. Terkadang karena lamanya jangka waktu yang diberikan untuk melunasi hutang, banyak yang melupakan tentang tujuan perjanjian awal yang dilakukan. hal tersebut yang sering menjadi kendala dan sumber keretakan dari hubungan si peminjam dan yang meminjami.

Berlakukan surat perjanjian peminjaman uang merupakan upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi segala permasalahan yang sering timbul setelah proses perjanjian. Kemudian juga mengurangi tingkat risiko yang tinggi. Perjanjian awal yang disepakati oleh kedua belah pihak akan tercatat dan bisa dijadikan sebagai pengingat dalam proses kerja sama.

Jadi, si peminjam tidak mengambil kesempatan yang bisa merugikan orang yang meminjami, begitu pula yang meminjami tidak mengambil kesempatan dari si peminjam. Maka proses hutang piutang dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari konflik.

Bagi Anda yang hendak melakukan peminjaman uang, memiliki surat perjanjian peminjaman merupakan hal yang penting. Karena memiliki fungsi sebagai bukti bahwa telah terjadinya pinjaman dalam jumlah nominal tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Setiap peminjaman pasti memiliki tingkat suku bunga tertentu dan waktu tertentu yang digunakan seseorang untuk melunasi hutangnya.

Perjanjian tersebut boleh sampai tidak tertulis. Karena segala sesuatu yang berurusan dengan hutang, sudah pasti wajib dan harus dilakukan pembayaran. Pembayaran tersebut juga harus dilakukan secara tepat tidak terjadi suatu pengurangan yang akan menimbulkan kerugian pada kedua belah pihak.

Perjanjian tentang keuangan atau hutang piutang memiliki kewenangan untuk melakukan penggugatan ke ranah hukum, jika dikemudian hari ditemukan suatu kecurangan yang dilakukan oleh salah satu pihak dan merugikan pihak lain. Surat perjanjian peminjaman uang inilah yang menjadi bukti utama dalam pengusutan suatu perkara.

BACA JUGA!

Yuk Mulai Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP