Pengertian Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Wawasan Nusantara merupakan sebuah cara pandang Bangsa Indonesia rakyat, bangsa dan juga wilayah NKRI, yang meliputi darat, laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan juga Pertahanan Keamanan. Hingga akhirnya wawasan nasional tersebut menjadi pandangan atau bisa dibilang visi suatu bangsa dalam menuju tuannya. Meski di pandang sebagai visi, namun tidak semua bangsa memiliki wawasan nasional. Negara yang memiliki wawasan nasional salah satunya adalah Inggris. Wawasan nasionalnya berbunyi “Britain rules the waves”. Wawasan nasional Inggris itu bisa diartikan sebagai “tanah Inggris tak hanya sebatas pulaunya saja, tapi juga sudah termasuk dengan lautnya”. Nah untuk bangsa Indonesia sendiri memiliki wawasan nasional yaitu wawasan nusantara.

Apa yang disebut dengan wawasan nusantara? Jika dilihat secara konseptual, wawasan nusantara adalah wawasan nasional bagi bangsa Indonesia. Nah wawasan nasional ini berarti keseluruhan wilayan Indonesia ini tak hanya terdiri dari daratan dan laut saja, namun juga udara di atasnya. Semua itu dipandang sebagai ruang hidup yang utuh atau satu. Wawasan nusantara ini dibangun atas pandangan geopolitik bangsa. Konsepsi wawasan nusantara dihasilkan dari pandangan masyarakat Indonesia pada konstelasi lingkungan di tempat tinggalnya. Bisa disimpulkan, wawasan nusantara adalah penerapan dari teori geopolik bangsa ini.

Dilihat dari istilah, Wawasan Nusantara berasal dari dua kata, yaitu Wawasan dan Nusantara. Wawasan sendiri berasal dari Bahasa jawa yaitu wawas yang artinya pandangan, penglihatan indrawi atau tinjauan, dan dipadukan dengan mawas yang artinya meninjau, melihat dan memandang. Untuk itu bisa diartikan, jika wawasan ini artinya pandangan, penglihatan, tujuan, tanggap indrawi. Wawasan ini merupakan cara pandang atau cara melihat.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika wawasan nusantara merupakan visi bangsa. Visi sendiri bisa diaritkan sebagai keadaan atau rumusan umum terkait dengan keadaan yang diinginkan. Wawasan nasional ini adalah visi bangsa Indonesia yang ada sangkutpautnya dengan masa depan. Visi ini sesuai dengan konsep wawasan nusantara, yaitu menjadi bangsa yang satu dengan wilayah satu dan utuh pula.

Pengertian Geopolitik

Pengertian Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Geopolitik asalnya dari dua kata yaitu, kata geo dan politik. Jika dilihat dari asal katanya, tentu kita sudah tahu jika geopolitik tidak lepas dari pembahasan terkait hal geografi dan politik. Geo itu artinya bumi atau planet. Geografi tidak jauh membahas soal tata ruang yaitu sistem dalam hal menempati suatu ruang di muka bumi, ini menurut Preston E. James.

Pengertian di atas menegaskan bahwa geografi berkaitan dengan kaitannya antara manusia dengan lingkungan tempat tinggalnya. Kata geo dalam geopolitik disandingkan dengan politik yang memiliki arti kekuatan. Kekuatan di sini tak bukan sembarang kekuatang karena sudah didsasarkan pada sejumlah pertimbangan dasar untuk menentukan sebuah kebijaksanaan nasional dan untuk mewujudkan tujuan nasional.

Dengan penjelasan panjang lebar di atas, maka bisa disimpulkan bahwa geopolitik merupakan sebuah sistem politik atau pun peraturan dalam wujud kebijaksanaan nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik (kepentingan yang titik beratnya terletak pada pertimbangan geografi, wilayah atau territorial dalam arti luas) suatu negara, yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung kepada system politik suatu negara.

Baca Juga: KENALI LEBIH JAUH APA ITU KEBUDAYAAN DI INDONESIA

Dasar Pemikiran Wawasan Nasional Indonesia

Wawasan nasional Indonesia ini dijiwai dan dibentuk berdasarkan pemahaman kekuasaan bangsa Indonesia yang didasarkan pada falsafah Pancasila. Selain itu wawasan Indonesia terbentuk dan terpengaruhi oleh geopolitik Indonesia yang didasarkan pada pemikiran kewilayahan dan kehidupan bangsa Indonesia itu sendiri. Sebab, dasar dari pemikiran wawasan nasional Indonesia atas dasar pemikiran berdasarkan filsafat, sosial budaya, kewilayahan dan juga kesejahteraan.

Geopolitik merupakan sebuah pertimbangan dasar di dalam penyelenggaraan negara yang didasarkan pada letak geografisnya. Dalam memenangkan sebuah perlombaan, tentu kita harus memahami dulu medan yang akan menjadi tempat perlombaan sehingga bisa mengetahui strategi terbaik apa yang tepat untuk digunakan dalam perlombaan itu. Hal ini tidak jauh berbeda dengan negara. Suatu negara pasti membutuhkan geopolitik dalam menentukan pembinaan politik nasional yang didasarkan pada kondisi dan situasi geografis untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan negara tersebut. Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan bangsa yang sangat menjemuk punya geopolitik tersendiri, yaitu wawasan nusantara.

Untuk itulah wawasan nusantara menjadi cara pandang basa Indonesia pada lingkungan sekitarnya. Bangsa Indonesia menjadikan wawasan Indonesia ini sebagai visi dan juga perwujudan dalam kebhinekaan (keberagaman) yang terdapat di Indonesia. Hakikat dari wawasan nusantara sendiri yaitu menyatukan perbedaan dan juga batasan wilayah dari Sabang sampai Merauke. Dengan begitu dapat terwujud Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersatu dan utuh untuk mencapai tujuan yang sudah dicanangkan bangsa Indonesia. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA